silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi tentang pemecahan masalah kesulitan siswa dalam belajar membuat pantun, beserta alternatif pemecahan masalahnya, dengan tujuan untuk mempercepat pemahaman siswa mengenai cara membuat pantun. Solusi yang diberikan dalam program ini adalah dengan pembelajaran secara berkelompok. Dengan belajar berkelompok, selain mempercepat pemahaman siswa bagaimana cara membuat pantun, juga memberikan kesempatan kepada setiap siswa untuk membuat pantun, mendiskusikan isi pantun, dan bersosialisasi dengan temannya. Pembelajaran secara berkelompok akan berhasil jika dalam proses pembelajaran, guru mengarahkan dan mengamati kegiatan yang dilakukan setiap kelompok. Apakah anda pernah melakukan pembelajaran membuat pantun dengan cara berkelompok? Bagaimana cara anda melakukan proses pembelajarannya? Ayo berbagi dengan guru-guru lain dengan cara menuliskan pengalaman atau komentar anda!

Dra. Yetty Morelent, M. Hum.

Similar Posts

230 Comments

  1. Nama : Rahmawati
    NIM : 856817876
    Prodi : PGSD
    Pokjar : Kota Bengkulu

    Assalammualaikum. Wr. Wb
    Izin menanggapi, dari menyimak video pembelajaran yang berjudul ‘Belajar Membuat Pantun’ di atas.
    1. Pada kegiatan pembukaan awal pembelajaran guru tidak menerapkan membaca doa terlaebih dahulu dikarenakan guru masuk jam berikutnya.
    2. Guru sudah melakukan pembukaan awal pembelajaran dengan menyapa dan menanyakan kehadiran siswa.
    3. Guru menanyakan tentang materi minggu lalu yang telah di pelajari.
    4. Guru melalukan pembelajaran secara berkelompok, ini sangat bagus untuk meningkatkan solidaritas dan kerja sama antar teman.
    5. Siswa sedikit kesulitan karena pembagian kelompok secara tidak teratur dan terlihat kurang kondusif.
    6. Guru mampu menciptakan suasana kelas yang menyenangkan bagi siswa.
    7. Guru mampu meningkatkan keaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran dengan melakukan kerja kelompok dan menyampaikan jawaban di depan kelas lalu memberikan apresiasi atas hasil kerja siswa, sehingga membuat semangat dan motivasi untuk siswa.
    8. Pada akhir pembelajaran guru tidak mengulas kembali pelajaran saat itu.

  2. Nama : Rezita Ayu Febriyani
    NPM : 856857547
    Prodi : S1 Pendas
    UPBJJ : Bengkulu

    Selamat siang tutor, mohon izin menanggapi.

    Menurut saya, apa yang dilakukan guru dalam video tersebut sudah baik, terlihat siswa sudah bisa mengerti materi yang sedang disampaikan. selain itu, sudah ada beberapa siswa yang memberikan contoh dari pantun yang dibuatnya. Namun, ada beberapa hal yang bisa ditingkatkan agar proses pembelajaran lebih maksimal lagi.
    1. Memaksimalkan penggunaan papan tulis
    Menurut pengalaman pribadi saya ketika mengajarkan pantun kepada siswa, siswa akan lebih cenderung sering lupa atau bahkan ada beberapa siswa yang sulit untuk memahami materi ketika materi tersebut hanya disampaikan oleh guru, tanpa ditampilkan melalui powepoint ataupun di tulis. seperti contohnya, untuk menentukan bagian sampiran dan isi serta penggunaan sajak a-b-a-b. terkadang siswa terkecoh bahwa sajak yang berakhiran sama itu adalah baris pertama dan kedua, ketiga dan keempat. seharusnya adalah sajak baris pertama sama dengan sajak pada baris ketiga dan sajak baris kedua sama dengan sajak baris keempat. oleh karena itu, guru dapat membantu siswa memahami materi tersebut dengan menuliskannya di papan tulis, kemudian menandainya dengan spidol ataupun kapur yang berwarna berbeda. Selain itu, jika memungkankan guru dapat menggunakan media pembelajaran berupa proyektor yang bisa menampilkan powerpoint. dengan visualisasi lebih baik, diharpakn siswa akan lebih mudah lagi memahami materi yang sedang dipelajari tersebut.

    2. Mengaplikasikan aktivitas yang lebih bervariasi
    menurut pengalaman saya, terkadang siswa terkendala dalam pemilihan kata yang tepat untuk membuat pantun. untuk mengatasi hal ini, guru dapat membantu siswa dengan memberikan aktivitas yang bisa membantu siswa memperbanyak pembendaharaan kata. kegiatan tersebut diantaranya observasi kelas ataupun observasi keliling sekolah dan minta siswa untuk menemukan kata-kata yang memiliki akhiran sama. guru bisa memberikan lembar kerja agar siswa dapat menuliskan hasil observasinya. selain itu, guru juga bisa menyiapkan kalimat-kalimat acak yang terdiri dari sampiran dan isi, kemudian meminta siswa bersama kelompoknya menyusun kalimat-kalimat tersebut agar menjadi sebuah pantun yang baik. dengan adanya lebih banyak variasi kegiatan, harapannya proses pembelajaran akan semakin seru dan menyenangkan.

    3. Pembagian kelompok
    pada pembagian kelompok belajar yang dilakukan dengan cara siswa memilik sendiri anggota kelompoknya sebenarnya sangat boleh dilakukan. namun, menurut pengalam saya, ketika hal ini dilakukan terus menerus, akan ada kecendrungan siswa hanya ingin satu kelompok dengan teman dekatnya saja. untuk mencegah hal tersebut terjadi dan juga agar proses belajar semakin kondusif, guru bisa menggunakan beberapa cara agar pembagian kelompok tidak gaduh. diantara guru bisa menyebutnya angka 1 hingga 5 (sesuai dengan berapa kelompok yang diinginkan) kemudian siswa diminta untuk mengulangi angka tersebut satu persatu sehingga nanti pada akhirnya yang menyebutkan angka yang sama akan berada dalam satu kelompok. selain itu, guru juga bisa menyiapkan pembagian kelompok sebelum pembelajaran dimulai dengan mempertimbangan karakter dari setiap anak.

  3. Nama : YANIRA ZAI
    NIM : 855862055
    POKJAR : IDANOGAWO
    UPBJJ : Medan

    Menurut saya, belajar membuat pentun suatu hal yang menyenangkan karena bermain dengan kata-kata dan dengan ide-ide yang kreatif. Siswa sangat senang terhadap pembelajaran yang dilaksanakan, mengikuti setiap pentunjuk dari guru dengan baik dan tertib.
    Guru dalam memberikan pemahaman kepada siswa juga baik atau membuat siswa itu muda memahami tentang apa yang diterapkan oleh gurunya. Hanya saja bagian pendahuluan guru belum mengajak siswa untuk berdoa dalam mengawali pembelajaran dalam video yang saya tonton.
    Guru juga sangat menghargai setiap jawaban siswanya dalam melengkapi pantun yang disediakannya, dengan memberikan pujian kepada siswa dan menciptakan suasana kelas yang nyaman.
    Siswanya juga sudah cukup berani untuk menyampaikan pendapatnya didepan teman-temannya.

  4. Nama : YANIRA ZAI
    NIM : 855862055
    POKJAR : IDANOGAWO
    UPBJJ : Medan
    selamat malam tutor saya izin menanggapi video
    Menurut saya, belajar membuat pentun suatu hal yang menyenangkan karena bermain dengan kata-kata dan dengan ide-ide yang kreatif. Siswa sangat senang terhadap pembelajaran yang dilaksanakan, mengikuti setiap pentunjuk dari guru dengan baik dan tertib.
    Guru dalam memberikan pemahaman kepada siswa juga baik atau membuat siswa itu muda memahami tentang apa yang diterapkan oleh gurunya. Hanya saja bagian pendahuluan guru belum mengajak siswa untuk berdoa dalam mengawali pembelajaran dalam video yang saya tonton.
    Guru juga sangat menghargai setiap jawaban siswanya dalam melengkapi pantun yang disediakannya, dengan memberikan pujian kepada siswa dan menciptakan suasana kelas yang nyaman.
    Siswanya juga sudah cukup berani untuk menyampaikan pendapatnya didepan teman-temannya.

  5. Nama : Alifia Rizqi Davian
    NIM : 858571665
    Fakultas : FKIP/PGSD
    UPBJJ : Malang

    Izin menanggapi video pembelajaran yang berjudul Belajar membuat pantun.
    menurut saya pembelajaran yang terjadi pada video sudah berjalan baik dan bagus. Beberapa siswa sudah dapat memenuhi tujuan pembelajaran yaitu membuat pantun. namun, ada beberapa hal yang perlu dibenahi untuk memaksimalkan pembelajaran yang berlangsung.
    1. penggunaan media pembelajaran.
    guru dapat menggunakan media pembelajaran berupa power point, video pembelajaran, dan LCD proyektor. kegiatan ini dapat membuat suasana kelas menjadi lebih hidup dan interaktif. selain itu, siswa tidak cepat merasa bosan. penggunaan media pembelajaran lebih jelas maknanya, sehingga bisa lebih dipahami oleh siswa dan memungkinkannya bisa menguasai dan mencapai tujuan pembelajaran.
    2. memaksimalkan penggunaan papan tulis.
    pada video sebaiknya guru memaksimalkan penggunaan papan tulis untuk menuliskan ciri-ciri pantun agar siswa yang belum memahami materi dapat mencatat materi untuk belajar di rumah.
    3. kedisiplinan di kelas.
    pada video saat pembelajaran banyak siswa yang makan dan minum ketika pembelajaran berlangsung. akan lebih baik lagi jika hal tersebut tidak dilakukan.

  6. Nama: Zainul Muttaqin
    Nim: 877529144
    Pokjar: Simalungun (UT-Medan)

    Assalamualaikum Wr Wb
    Izin Menanggapi Video Diatas Tersebut
    Pada kegiatan pembukaan awal pembelajaran guru tidak menerapkan membaca doa terlaebih dahulu dikarenakan guru masuk jam berikutnya. Akan tetapi Guru Memberi Ucapan Salam DAN sapa Ke Murid melakukan pembukaan awal pembelajaran menanyakan kehadiran siswa.
    Berikutnya Guru Merefleksi Dengan Bertanya kepada Murid Tentang materi minggu lalu yang telah di pelajari.
    Pada Video Tersebut Guru Mmebuat secara berkelompok, ini sangat bagus untuk meningkatkan solidaritas dan kerja sama antar teman.
    Dan Juga Guru mampu menciptakan suasana kelas yang menyenangkan bagi siswa serta mampu meningkatkan keaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran dengan melakukan kerja kelompok dan menyampaikan jawaban di depan kelas lalu memberikan apresiasi atas hasil kerja siswa, sehingga membuat semangat dan motivasi untuk siswa. Pada akhir pembelajaran guru tidak mengulas kembali pelajaran saat itu. akan tetapi mengingatkan Ananda serta mengapresiasi kegitan pembelajaran yang berlangsung dan juga memotivasi agar kegiatan minggu depan agar berlangsung lebih baik lagi.

  7. Nama : Kinanti Tri Wardani
    NIM : 858876424
    Prodi : PGSD
    UPBJJ : Malang

    Assalamualaikum. Wr. Wb.

    Izin menanggapi dari video pembelajaran materi Belajar membuat pantun.
    Guru dapat membangkitkan suasana dikelas menjadi menyenangkan.Ibu guru membuat anak-anak aktif dalam pembelajaran dengan menunjuk beberapa anak maju ke depan. Kegiatan penutup guru memberikan apresiasi dan memotivasi anak-anak untuk rajin belajar. Keseluruhan kegatian pembelajaran sudah optimal tetapi ada beberapa hal yang perlu ditambahkan.
    1. Pembagian kelompok kurang terkondisikan. Sebaiknya ibu guru sudah merencakan pembagain kelompok sebelumnya agar suasana kelas tetap kondusif
    2. Melakukan refleksi diakhir pembelajaran untuk mengevaluasi proses jalannya pembelajaran. Guru belum melakukan refleksi diakhir pembelajaran
    3. Melakukan penilaian hasil belajar dengan memberikan lembar kerja siswa yang berisi tujuan, langkah-langkah pertanyaan, kemudian dinilai.

  8. Nama : Kinanti Tri Wardani
    NIM : 858876424
    Prodi : PGSD
    UPBJJ : Malang

    Assalamualaikum. Wr. Wb.
    Izin menanggapi dari video pembelajaran materi Belajar membuat pantun.
    Guru dapat membangkitkan suasana dikelas menjadi menyenangkan.Ibu guru membuat anak-anak aktif dalam pembelajaran dengan menunjuk beberapa anak maju ke depan. Kegiatan penutup guru memberikan apresiasi dan memotivasi anak-anak untuk rajin belajar. Keseluruhan kegatian pembelajaran sudah optimal tetapi ada beberapa hal yang perlu ditambahkan.
    1. Pembagian kelompok kurang terkondisikan. Sebaiknya ibu guru sudah merencakan pembagain kelompok sebelumnya agar suasana kelas tetap kondusif
    2. Melakukan refleksi diakhir pembelajaran untuk mengevaluasi proses jalannya pembelajaran. Guru belum melakukan refleksi diakhir pembelajaran
    3. Melakukan penilaian hasil belajar dengan memberikan lembar kerja siswa yang berisi tujuan, langkah-langkah pertanyaan, kemudian dinilai.

  9. Nama : Siti Annisa Arofah
    NIM : 858924249
    UPBJJ : Jember

    Setelah mengamati video pembelajaran tersebut ada beberapa kelebihan dan kelemahan dalam proses belajar, yaitu;
    a. Kelebihan
    – Guru memberikan sapaan pada awal pembelajaran dan mengecek kehadiran siswa
    – Guru dapat mengkondisikan kelas dengan baik sehingga siswa sangat aktif dalam proses belajar
    – Guru menjelaskan dengan bahasa yang jelas dan mudah dimengerti sehingga siswa dengan muda memahami materi
    – Guru memberikan kesempatan pada siswa untuk berlatih dan maju membacakan pantun hasil karya nya
    – Para siswa terlihat sangat antusias serta aktif dalam proses belajar

    b. Kelemahan
    – Guru tidak memberikan salam pembuka di awal dan akhir pembelajaran
    – Tidak mengawali dan mengakhiri pembelajaran dengan do’a
    – Guru tidak memberikan lembar kerja sebagai evaluasi atau latihan
    – Dalam pembentukan kelompok sebaiknya guru mengatur agar siswa tidak kebingungan dalam menentukan kelompok
    – Guru tidak memberikan tugas untuk anak- anak berlatih di rumah

    sekian. terimakasih…

  10. Dalam pengamatan video pembelajaran tentang pembuatan pantun, sehat adanya pendekatan yang kreatif dan inovatif oleh seorang guru dalam pembelajaran di kelas. Guru terlihat menggunakan metode yang melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran meminta mereka untuk berkolaborasi dan berpartisipasi dalam pembuatan pantun titik pendekatan ini sangat efektif dalam membangkitkan minat siswa dan memperkuat keterampilan mereka dalam mengekspresikan ide-ide secara kreatif. dalam video pembelajaran juga terlihat suasana kelas yang sangat mendukung dan aktif. Guru memberikan pujian dan dorongan kepada setiap siswa yang berpartisipasi membacakan pantun sehingga menciptakan lingkungan yang nyaman bagi siswa untuk berekspresi tanpa takut akan penilaian negatif. Pembelajaran seperti ini dapat membantu meningkatkan kepercayaan diri siswa dan mendorong mereka untuk terlibat aktif dalam pembelajaran pembuatan pantun. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan lebih lanjut terlihat bahwa beberapa siswa memerlukan bantuan tambahan atau penjelasan lebih lanjut dari guru dalam memahami konsep pemungutan pantun. Dari sini guru dapat memberikan dukungan individual kepada siswa yang membutuhkan dan memastikan bahwa semua siswa dapat memahami materi dengan baik. Dalam pembelajaran terlihat bahwa ada beberapa siswa yang membacakan hasil pantun yang dibuat dan guru memberikan penilaian yang sangat positif sehingga siswa lebih bersemangat lagi dalam mengikuti pembelajaran di kelas. Terlihat pembelajaran di kelas begitu menyenangkan dan beberapa kali siswa tertawa karena menyimak pantun yang dibacakan oleh salah satu temannya. Sehingga dalam hal ini terlihat peran penting metode dan pendekatan pembelajaran dalam sebuah kelas yang akan menentukan keberhasilan dalam belajar mengajar.

Leave a Reply