silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi tentang pemecahan masalah kesulitan siswa dalam belajar membuat pantun, beserta alternatif pemecahan masalahnya, dengan tujuan untuk mempercepat pemahaman siswa mengenai cara membuat pantun. Solusi yang diberikan dalam program ini adalah dengan pembelajaran secara berkelompok. Dengan belajar berkelompok, selain mempercepat pemahaman siswa bagaimana cara membuat pantun, juga memberikan kesempatan kepada setiap siswa untuk membuat pantun, mendiskusikan isi pantun, dan bersosialisasi dengan temannya. Pembelajaran secara berkelompok akan berhasil jika dalam proses pembelajaran, guru mengarahkan dan mengamati kegiatan yang dilakukan setiap kelompok. Apakah anda pernah melakukan pembelajaran membuat pantun dengan cara berkelompok? Bagaimana cara anda melakukan proses pembelajarannya? Ayo berbagi dengan guru-guru lain dengan cara menuliskan pengalaman atau komentar anda!

Dra. Yetty Morelent, M. Hum.

Similar Posts

208 Comments

  1. Nama : Yulia Indah Nurcahya
    NIM: 857149845
    UPBJJ: Jakarta

    Izin menanggapi vidio
    Guru membuka pelajaran dengan salam, dan menanyakan siswa yang tidak hadir dikelas. Guru juga menanyakan kepada siswa terkait mata pelajaran sebelumnya. walaupun masih banyak yang kurang dalam kegiatan awal pembelajaran tersebut seperti periksa kebersihan, menanyakan kabar, cek kelengkapan alat belajar dll tetapi hal tersebuta sudah membuat suasana cair dan terlihat siap untuk belajar. Guru juga sudah melakukan pembelajaran di minggu sebelumnya yang terkait dengan pembelajaran hari ini, sehingga siswa siap untuk melakukan pembelajaran membuat pantun. Guru melakukan model pembelajaran koooperatif yaitu dengan membuat kelompok dalam mengerjakan tugas. Siswa di minta untuk mengatur meja dan bangku sehingga mudah untuk melakukan diskusi sehingga hasil soal bisa di hasilkan dengan baik. Guru juga meminta kepada siswa untuk membacakan hasil jawabannya di depan kelas, hal ini dapat mengasah keberanian siswa untuk bicara di depan umum. selain membacakan guru juga meminta siswa untuk menuliskan di papan tulis hasil jawaban yang diperoleh. Guru menyampaikan pembelajaran dengan suara yang jelas dan intonasi yang tepat. sehingga cara membuat dan membaca pantun dapat tercapai dengan baik. Guru menutup pembelajaran dengan baik.

  2. Nama : Pinta wilianis hura
    Nim : 855867251
    pokjar : idanogawo
    UPBJJ : medan
    Menurut saya, belajar membuat pentun suatu hal yang menyenangkan karena bermain dengan kata-kata dan dengan ide-ide yang kreatif. Siswa sangat senang terhadap pembelajaran yang dilaksanakan, mengikuti setiap pentunjuk dari guru dengan baik dan tertib.
    Guru dalam memberikan pemahaman kepada siswa juga baik atau membuat siswa itu muda memahami tentang apa yang diterapkan oleh gurunya. Hanya saja bagian pendahuluan guru belum mengajak siswa untuk berdoa dalam mengawali pembelajaran dalam video yang saya tonton.
    Guru juga sangat menghargai setiap jawaban siswanya dalam melengkapi pantun yang disediakannya, dengan memberikan pujian kepada siswa dan menciptakan suasana kelas yang nyaman.
    Kelemahan dari video diatas
    – Tidak mengawali dan mengakhiri pembelajaran dengan do’a
    – Guru tidak memberikan lembar kerja sebagai evaluasi atau latihan
    – Dalam pembentukan kelompok sebaiknya guru mengatur agar siswa tidak kebingungan dalam menentukan kelompok
    – Guru tidak memberikan tugas untuk anak- anak berlatih di rumah

  3. Nama: Anis Srigianti
    Nim : 856573355
    Prodi : PGSD-SI
    Semester : 8
    Menurut saya guru sudah melakukan tahap pembukaan yaitu:
    1. menyapa anak-anak serta menanyakan kehadiran siswa dengan semangat.
    2. Pada video tersebut guru menanyakan kepada siswa tentang pembelajaran yang akan di pelajari, walaupun sudah di sampaikan pada minggu sebelumnya tetapi guru menyampaikan kembali pengertian dari pembelajaran membuat pantun tersebut, sebelum meminta siswa membuat pantun. agar lebih menguatkan ingatan para siswa.
    3. dalam pembelajaran membuat pantun, guru melakukan pembelajaran secara berkelompok, sehingga para siswa lebih bersosialisasi Lagi terhadap teman-temannya. karena dalam pembelajaran memang sangat bagus lagi jika di lakukan secara berkelompok, maka mereka akan saling pertukan pendapat. 4. Menurut saya ada baiknya jika kelompok di tunjuk atau dibagi langsung oleh guru supaya adil dan tidak terjadi keributan antar sesama siswa.
    5. Kemudian dalam proses pembelajaran menurut saya sudah bagus dan berjalan lancar.

  4. Nama : Waspodo Galih Prayogo
    Nim : 856993603
    kelas : 8 C
    Pokjar : Sidomulyo
    UBJJ : Bandar Lampung
    Menurut pendapat saya
    Guru tersebut membuka pelajaran dengan salam dengan baik , dan menanyakan siswa yang tidak hadir dikelas Guru juga menanyakan kepada siswa terkait mata pelajaran sebelumnya. Guru juga sudah melakukan pembelajaran di minggu sebelumnya yang terkait dengan pembelajaran hari ini, sehingga siswa siap untuk melakukan pembelajaran membuat pantun. Guru melakukan model pembelajaran koooperatif yaitu dengan membuat kelompok dalam mengerjakan tugas. Siswa di minta untuk mengatur meja dan bangku sehingga mudah untuk melakukan diskusi sehingga hasil soal bisa di hasilkan dengan baik. Guru juga meminta kepada siswa untuk membacakan hasil jawabannya di depan kelas, hal ini dapat mengasah keberanian siswa untuk bicara di depan kelas.Guru juga sangat menghargai setiap jawaban siswanya dalam melengkapi pantun yang disediakannya, dengan memberikan pujian kepada siswa dan menciptakan suasana kelas yang nyaman.
    Dan terakhir guru menyampaikan pembelajaran dengan suara yang jelas dan intonasi dan bahasa yang tepat. sehingga cara membuat dan membaca pantun oleh siswa dapat tercapai dengan baik.
    Dan guru menutup pembelajaran dengan baik dan benar

  5. Nama : Fitri Andini
    Nim : 856024878
    Dari video pembelajaran diatas Menurut saya, belajar membuat pentun suatu hal yang menyenangkan karena bermain dengan kata-kata dan dengan ide-ide yang kreatif. Siswa sangat senang terhadap pembelajaran yang dilaksanakan, mengikuti setiap pentunjuk dari guru dengan baik dan tertib.
    Guru dalam memberikan pemahaman kepada siswa juga baik atau membuat siswa itu muda memahami tentang apa yang diterapkan oleh gurunya. Hanya saja bagian pendahuluan guru belum mengajak siswa untuk berdoa dalam mengawali pembelajaran dalam video yang saya tonton.
    Guru juga sangat menghargai setiap jawaban siswanya dalam melengkapi pantun yang disediakannya, dengan memberikan pujian kepada siswa dan menciptakan suasana kelas yang nyaman.
    Kelemahan dari video diatas
    – Tidak mengawali dan mengakhiri pembelajaran dengan do’a
    – Dalam pembentukan kelompok sebaiknya guru mengatur agar siswa tidak kebingungan dalam menentukan kelompok
    – Guru tidak memberikan tugas untuk anak- anak berlatih di rumah

  6. Nama : Tri Retno Dewi
    NIM : 857209854
    UPBJJ : Serang
    Pokjar : Balaraja
    Menurut saya guru sudah melakukan pembukaan awal pembelajaran yang baik
    1. Guru menyapa dan anak-anak serta menanyakan setiap kehadiran siswa dengan penuh semangat
    2. Guru menanyakan kembali pembelajaran kemarin yang sudah diajarkan guru tapi sebelumnya guru menyampaikan kembali pengertian dari pembelajaran membuat pantun tersebut
    3. Guru meminta anak-anak berkelompok agar siswa lebih bersosialisasi lagi dengan teman-temannya
    4. Pendapat saya guru lebih memperhatikan kembali siswa yang sedang melakukan tugas kelompok agar tidak ada keributan
    5. Kemudian dalam proses pembelajaran menurut saya sudah baik dan berjalan dengan lancar

  7. Nama : Arif tri widodo u
    NIM : 858920961
    Pokjar : purwoharjo

    Menurut analisis saya pada vidio pembelajaran diatas guru sudah baik mengawali pembelajaran dengan salam dan mengecek kehadiran siswa tetapi guru tidak mengawali pembelajaran dengan berdoa, sebaiknya untuk materi yang akan diberikan guru memberikan pemahaman kembali tentang materi yang akan dipelajari meskipun pada pembeljaran sebelumnya sudah dijelaskan, tujuanya tidak lain untuk menguatkan ingatan siswa dalam menerima materi yang dipelajari, sebelum membentuk klompok guru sebiknya menentukan kelompok supaya siswa tidak kebingungan mencari kelompok, untuk model pembelajaran guru sudah baik dalam memberikan soal latihan dan melatih mental siswa untuk berani menyampaikan hasil tugas mereka kedepan teman teman yang lainya

  8. Nama : SISKA INDRIANI
    NIM : 855862284
    Pokjar : ASAHAN

    1. Bagaimana reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    Reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru ialah siswa cenderung tidak ter lalu aktif dalam mengikuti pelajaran

    2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran ialah guru kesulitan dalam mengondisikan kelas saat belajar kelompok.

    3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Kelebihan guru dalam melakukan pembalajaran ialah guru menjelaskan dengan suara yang keras dan jelas, sehingga murid dapat memperhatikan guru tersebut.

    4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
    Hal- hal uniknya yaitu siswa dapat menjawab berbagai pertanyaan yang diberikan guru, dan dapat menjawabnya maju kedepan dengan benar.

    5. Setelah mengetahui kelebihan dan kelemahan dari guru yang diamati di video tersebut, Upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran berikutnya?
    Upaya yang harus dilakukan untuk meningkatkan kualitas belajar yaitu seharusnya guru bisa mengondisikan kelas ketika belajar kelompok, dan ketika menjelaskan seharusnya guru memilih metode dengan tepat.

  9. Nama: Amelia
    Nim : 855867814
    Sebelum nya saya belum pernah membuat pantun dengan cara berkelompok seperti yang ada divideo.
    Menurut saya video tersebut sudah bagus karena menggunakan kata-kata dan dengan ide ide yang kreatif, dan Bu guru juga sudah memberikan contoh ketika belajar sehingga membuat pemahaman siswa semakin mantap serta Bu guru juga selalu memberi apresiasi ketika siswa maju untuk membacakan hasil pekerjaan nya..
    Kekurangan video tersebut adalah Bu guru tidak memulai pembelajaran dengan doa, tidak mengabsensi

  10. Nama : Mia Andresa
    Nim : 856993144
    UPBJJ : Bandar Lampung
    Pokjar : Sidomulyo

    Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh… Izin menanggapi Video diatas.
    Menurut Pendapat Saya,
    1. Guru sudah membuka pelajaran dengan memberikan salam terlebih dahulu, menanyakan kehadiran, dan juga menanyakan kepada siswa terkait mata pelajaran sebelumnya.
    2. Guru melakukan proses pembelajaran dengan cara membagi kelompok.
    3. Guru memberikan contoh sebuah pantun terlebih dahulu sebelum memberikan penugasan ke siswa.
    4. Dalam proses pembelajaran tersebut siswa sudah sangat antusias dalam mengikuti pelajaran, dimana guru selalu memberikan reward dalam bentuk pujian atau tepuk tangan ke anak-anak yang berani tampil kedepan. Dalam video tersebut terdapat kelemahan dimana;
    1. Guru tidak mengawali dan mengakhiri pelajaran dengan berdoa.
    2. Guru tidak memberikan lembar kerja sebagai evaluasi.
    3 guru tidak memberikan tugas tambahan untuk dirumah.
    4. Guru tidak membantu siswa dalam membentuk kelompok, karena dalam video tersebut tidak ditentukan jumlah setiap kelompok terdiri dari berapa siswa.
    Akan lebih baik jika Guru memberikan lembar kerja siswa sebagai evaluasi saat belajar, agar mengetahui sejauh mana pemahaman siswa terhadap materi tentang pantun tersebut, dan guru seharusnya membantu siswa dalam membentuk kelompok karena siswa akan merasa kebingungan saat mereka membentuk kelompok, bisa jadi akan memerlukan waktu yang cukup lama dalam pembentukan setiap kelompoknya.

Leave a Reply