silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi tentang pemecahan masalah kesulitan siswa dalam belajar membuat pantun, beserta alternatif pemecahan masalahnya, dengan tujuan untuk mempercepat pemahaman siswa mengenai cara membuat pantun. Solusi yang diberikan dalam program ini adalah dengan pembelajaran secara berkelompok. Dengan belajar berkelompok, selain mempercepat pemahaman siswa bagaimana cara membuat pantun, juga memberikan kesempatan kepada setiap siswa untuk membuat pantun, mendiskusikan isi pantun, dan bersosialisasi dengan temannya. Pembelajaran secara berkelompok akan berhasil jika dalam proses pembelajaran, guru mengarahkan dan mengamati kegiatan yang dilakukan setiap kelompok. Apakah anda pernah melakukan pembelajaran membuat pantun dengan cara berkelompok? Bagaimana cara anda melakukan proses pembelajarannya? Ayo berbagi dengan guru-guru lain dengan cara menuliskan pengalaman atau komentar anda!

Dra. Yetty Morelent, M. Hum.

Similar Posts

221 Comments

  1. Menurut pendapat saya, video diatas sudah baik dalam menyampaikan materi dan dalam penggunaan media serta metode yang sesuai untuk siswa, dengan menggunakan metode kelompok kecil siswa akan belajar berinterkasi dengan teman sebayanya serta dapat mengetahui cara menghargai pendapat orang lain. Dengan membagi menjadi kelompok kecil materi yang disampaikan juga lebih mudah dipahami siswa dan pembelajaran jadi bervariasi. Hanya saja kekurangan dari video tersebut yaitu tidak ada salam atau sapaan serta doa untuk memulai pembelajaran, pembelajaran terlalu kaku sehingga kurang menyenangkan bagi siswa dikelas rendah dan dalam pembagian kelompok terlihat siswa kebingungan karena kelompok tidak di tentukan hal ini juga dapat memakan waktu dalam kegiatan pembelajaran. Sebaiknya setiap memulai pembelajaran dibuka dengan salam/sapaan dan berdoa menurut kepercayaan masing-masing, pembelajaran dibuat lebih menyenangkan agar siswa tidak terlalu serius yang akan mengakibatkan siswa menjadi bosan saat pembelajaran berlangsung, menyisipkan beberapa motivasi atau permainan kecil untuk mengembalikan semangat dan konsentrasi siswa serta membantu siswa untuk menentukan kelompok atau sudah di jelaskan penentuan kelompoknya. Karena menurut saya pembelajaran yang menyenangkan akan mudah di ingat siswa dan akan memiliki kesan tersendiri bagi siswa sehingga dapat bermanfaat bagi kehidupan siswa kelak di masyarakat.

  2. Menurut pendapat saya, video diatas sudah baik dalam menyampaikan materi dan dalam penggunaan media serta metode yang sesuai untuk siswa, dengan menggunakan metode kelompok kecil siswa akan belajar berinterkasi dengan teman sebayanya serta dapat mengetahui cara menghargai pendapat orang lain. Dengan membagi menjadi kelompok kecil materi yang disampaikan juga lebih mudah dipahami siswa dan pembelajaran jadi bervariasi. Hanya saja kekurangan dari video tersebut yaitu tidak ada salam atau sapaan serta doa untuk memulai pembelajaran, pembelajaran terlalu kaku sehingga kurang menyenangkan bagi siswa dikelas rendah serta dalam kegiatan pembagian kelompok terasa tidak kondusif dan terlalu memakan waktu. Sebaiknya setiap memulai pembelajaran dibuka dengan salam/sapaan dan berdoa menurut kepercayaan masing-masing, pembelajaran dibuat lebih menyenangkan agar siswa tidak terlalu serius yang akan mengakibatkan siswa menjadi bosan saat pembelajaran berlangsung, menyisipkan beberapa motivasi atau permainan kecil untuk mengembalikan semangat dan konsentrasi siswa serta menyiapkan siswa dalam pembagian kelompok atau membantu siswa dalam pembagian kelompok. Menurut saya pembelajaran yang menyenangkan akan mudah di ingat siswa dan akan memiliki kesan tersendiri bagi siswa sehingga dapat bermanfaat bagi kehidupan siswa kelak.

  3. Nama : Dewi Awalianti
    Nim : 857452628
    Semester 8

    Ijin menanggapi video diatas
    Menurut pendapat saya,
    1. Guru sudah melakukkan kegiatan awal dengan baik dimana didalam video tersebut guru sudah membuka awal pelajaran dengan mengucapkan salam, menanyakan kehadiran siswa, serta menanyakan atau mengingatkan materi sebelumnya. Tetapi tidak mengawali pembelajaran dengan berdo’a terlebih dahulu. Untuk kedepannya guru bisa mengawali pembelajaran dengan berdoa bersama terlebih dahulu supaya selalu diberi kelancaran dan dipermudah segala urusan oleh Allah SWT.
    2. Guru kurang bisa mengkondisikan siswa pada saat pembelajaran dimulai sehingga kelas menjadi tidak kondusif dan siswa banyak yang tidak memperhatikan guru.
    3. Guru melakukan model pembelajaran koooperatif yaitu dengan membuat kelompok dalam mengerjakan tugas. Tetapi sebaiknya guru yang menentukan dan membagikan kelompok tersebut agar siswa tidak merasa bingung dalam menentukan kelompoknya.
    4. Guru melakukan pembelajaran dikelas dengan suara yang jelas tidak tergesa-gesa sehingga siswa dapat memahami materi yang dijelaskan oleh guru.
    5. Guru bisa menggunakan alat peraga atau media sekitar lingkungan sekolah untuk menentukan tema pantun sehingga suasana kelas akan lebih ramai, menarik, siswapun lebih kreatif.
    6. Kegiatan pembelajaran dalam video diatas menurut saya sudah berjalan dengan lancar.
    7. Untuk kegiatan akhir guru bisa menambah kesimpulan, pemberian tugas dirumah kepada siswa, dan menutup dengan kegiatan berdoa bersama.

  4. Nama : Pebiola Kartika Sari
    Nim : 856022233
    UPBJJ : Medan
    Menanggapi video tersebut, salah satu pembelajaran dalam Bahasa Indonesia adalah membuat pantun. Dari video di atas dapat diketahui bahwa tahapan seorang guru untuk memberikan pelajaran hingga praktek membuat pantun tidak bisa dilaksanakan dalam satu hari. Pada video tersebut, guru dan murid sudah melakukan pertemuan sebelumnya yang membahas tentang pelajaran pantun. Dan selanjutnya pada video tersebut, mulailah anak-anak untuk membuat pantun. Ada beberapa kelebihan dan kekurangan yang ada saat guru tersebut melakukan pembelajaran.
    Kelebihan
    1. Guru mengawali pembelajaran dengan bercakap-cakap sebentar seperti menanyakan siapa yang tidak masuk, hal ini bertujuan agar membangun kedekatan emosional antara murid dan guru supaya keadaan selama belajar, berjalan nyaman dan akhirnya anak bisa menerima pelajaran
    2. Guru menggunakan metode berkelompok untuk membuat pantun agar anak bisa melakukan diskusi bersama teman saat mengerjakan. Metode ini akan membuat anak saling bertukar pikiran hingga berhasil membuat pantun sesuai dengan ketentuan
    3. Guru memiliki beberapa cara untuk melihat hasil karya anak-anak, dan tidak melulu harus dibaca, sehingga suasana kelas semakin seru
    Kelemahan
    1. Menurut saya lebih baik dilakukan doa secara singkat, sebelum dan sesudah belajar agar semua bisa berjalan lancar
    2. Saat menentukan metode berkelompok, guru bisa langsung memilih anggota kelompok anak, agar lebih bervariasi dan tidak melulu teman yang ada di sekitar tempat duduk. Ini juga melatih rasa kerja sama anak agar bisa digunakan di masa sekarang dan mendatang
    3. Sebelum guru meminta anak-anak membuat pantun, alangkah lebih baiknya guru memberikan satu contoh pantun hasil karyanya agar menambah semangat anak dan anak tidak merasa membuat pantun adalah hal berat.

  5. Nama : Pebiola Kartika Sari
    Nim : 85602233
    UPBJJ : Medan

    Menanggapi video tersebut, salah satu pembelajaran dalam Bahasa Indonesia adalah membuat pantun. Dari video di atas dapat diketahui bahwa tahapan seorang guru untuk memberikan pelajaran hingga praktek membuat pantun tidak bisa dilaksanakan dalam satu hari. Pada video tersebut, guru dan murid sudah melakukan pertemuan sebelumnya yang membahas tentang pelajaran pantun. Dan selanjutnya pada video tersebut, mulailah anak – anak untuk membuat pantun. Ada beberapa kelebihan dan kekurangan yang ada saat guru tersebut melakukan pembelajaran.
    Kelebihan yaitu :
    1. Guru mengawali pembelajaran dengan bercakap – cakap sebentar seperti menanyakan siapa yang tidak masuk, hal ini bertujuan agar membangun kedekatan emosional antara murid dan guru supaya keadaan selama belajar, berjalan nyaman dan akhirnya anak bisa menerima pelajaran.
    2.Guru menggunakan metode berkelompok untuk membuat pantun agar anak bisa melakukan diskusi bersama teman saat mengerjakan. Metode ini akan membuat anak saling bertukar pikiran hingga berhasil membuat pantun sesuai dengan ketentuan.
    3. Guru memiliki beberapa cara untuk melihat hasil karya anak – anak, dan tidak melulu harus di baca, sehingga suasana kelas semakin seru.

    Kelemahan sebagai berikut :
    1. Menurut saya lebih baik dilakukan doa secara singkat, sebelum dan sesudah belajar agar semua bisa berjalan lancar.
    2. Saat menentukan metode berkelompok, guru bisa langsung memilih anggota kelompok anak, agar lebih bervariasi dan tidak melulu teman yang ada di sekitar tempat duduk. Ini juga melatih rasa kerja sama anak agar bisa digunakan di masa sekarang dan mendatang.
    3. Sebelum guru meminta anak – anak membuat pantun, alangkah lebih baiknya guru memberikan satu contoh pantun hasil karyanya agar menambah semangat anak dan anak tidak merasa membuat pantun adalah hal berat.

  6. NAMA: Evi Dwi Arifianti
    NIM: 858926418
    UPBJJ: Jember
    POKJAR: Purwoharjo
    A. Reaksi siswa terhadap kegiatan belajar yang dilakukan oleh guru pada video tersebut siswa terlihat rajin, Siswa sangat senang terhadap pembelajaran yang dilaksanakan, mereka mengikuti setiap petunjuk dari guru dengan baik dan tertib.
    B. Kelemahan guru dalam menerapkan pembelajaran tersebut adalah tidak mengawali dan mengakhiri pembelajaran dengan doa, maupun Ice breaking Dan juga serta saat pembagian kelompok terasa tidak kondusif dan terlalu memakan waktu.
    C. Guru memberi pemahaman kepada siswa terkait materi dengan sangat baik jadi siswa mudah memahami tentang apa yang diarahkan oleh gurunya. Ini juga sangat mengerti setiap siswanya dalam kegiatan tugas di atas jadi membuat siswa menjadi bersemangat.
    D. Hal-hal unik yang saya temukan dalam video tersebut Guru membuat variasi seperti saat siswa membacakan hasil pantun nya dan ada juga yang menulisnya di papan tulis.
    E. Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pelajaran berikutnya yaitu, guru memberikan LKPD (lembar kerja peserta didik) Sebagai bahan evaluasi saat belajar dan juga untuk mengetahui sejauh mana pemahaman siswa terhadap materi tentang pantun.

  7. Nama :AGUSTINI ZEBUA
    Nim : 835331708
    UPBJJ : Medan
    pokjar : idanogawo

    menurut pendapat saya tentang video diatas,Guru sebelum memulai proses pembelajaran,guru menyampaikan salam atau menyapa semua siswa yang ada di dalam kelas,dan menanyakan kehadiran siswanya,tindakan yang di lakukan guru tersebut sangat baik,hanya saja sebelum penyampaikan materi sebaiknya diawali dengan berdoa dan menggajak siswa untuk berdoa,Guru juga mengingatkan siswa tentang pembelajaran minggu lalu agar semua siswa bisa mengikuti proses belajar dengan baik,
    Guru memberi materi tentang pantun,dan mengajak semua siswa untuk membentuk kelompok agar siswa dapat berinteraksi dengan teman kelompoknya,
    Guru juga mengahargai setiap pendapat yang di sampaikan siswa,yang bertujuan untuk mengajak siswa untuk bisa menyampaikan pendapatnya,
    guru juga memberi metode pembelajaran dengan tanya jawab kepada siswa nya sehingga proses belajar tersebut sangat baik dan siswa nya pun semangat untuk belajar

  8. Nama : Ulfa Intan Mei Lia
    NIM : 858926844
    Pokjar : Purwoharjo
    1. Reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru sangat antusias dan mengikuti pembelajaran dengan sangat baik
    2. Pada video tersebut guru menanyakan kepada siswa tentang pembelajaran yang akan di pelajari, walaupun sudah di sampaikan pada minggu sebelumnya tetapi guru menyampaikan kembali pengertian dari pembelajaran membuat pantun tersebut, sebelum meminta siswa membuat pantun. agar lebih menguatkan ingatan para siswa.
    3. kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran membuat pantun, guru melakukan pembelajaran secara berkelompok, sehingga para siswa lebih bersosialisasi Lagi terhadap teman-temannya. karena dalam pembelajaran memang sangat bagus lagi jika di lakukan secara berkelompok, maka mereka akan saling pertukan pendapat.
    4. Menurut saya ada baiknya jika kelompok di tunjuk atau dibagi langsung oleh guru supaya adil dan tidak terjadi keributan antar sesama siswa.
    5. Kegiatan pembelajaran tersebut sudah cukup bagus dan kondusif

  9. NAMA. : SISKA INDRIANI
    NIM : 855862284
    POKJAR : ASAHAN

    Menurut saya Video di atas sudah baik cara penyampaiannya dan antusiasnya satu sama lain antara guru dengan siswa.Di mulai dari :
    1. Guru yang memulai pembukaan dengan ,salam dan mengabsen siswa
    2.Guru terlebih dahulu memberikan contoh sebuah pantun sebelum mereka kerja kelompok
    3.Guru dan murid sama sama antusias dalam belajar,guru memberi apresiasi kepada anak anak dengan cara memberikan tepuk tangan
    Tetapi kekurangan dalam vidio tersebut guru tidak melakukan doa sebelum belajar,tidak memberikan lembar kerja sebagai evaluasi dan akan lebih baik guru memberikan lembar kerja sebagai evaluasi dimana lembar kerja itu untuk mengetahui sejauh mana siswa paham materi yang disampaikan

  10. Nama: Taufik Faris Bahtiar
    NIM : 858927742

    Menurut pendapat saya dalam video pembelajaran tersebut adalah model pembelajaran kooperatif yang digunakan untuk materi membuat pantun sangat cocok. Memang kesulitan menentukan kelompok yang tepat bagi siswa adalah suatu kelemahan dalam metode tersebut.

Leave a Reply