silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi tentang pemecahan masalah kesulitan siswa dalam belajar membuat pantun, beserta alternatif pemecahan masalahnya, dengan tujuan untuk mempercepat pemahaman siswa mengenai cara membuat pantun. Solusi yang diberikan dalam program ini adalah dengan pembelajaran secara berkelompok. Dengan belajar berkelompok, selain mempercepat pemahaman siswa bagaimana cara membuat pantun, juga memberikan kesempatan kepada setiap siswa untuk membuat pantun, mendiskusikan isi pantun, dan bersosialisasi dengan temannya. Pembelajaran secara berkelompok akan berhasil jika dalam proses pembelajaran, guru mengarahkan dan mengamati kegiatan yang dilakukan setiap kelompok. Apakah anda pernah melakukan pembelajaran membuat pantun dengan cara berkelompok? Bagaimana cara anda melakukan proses pembelajarannya? Ayo berbagi dengan guru-guru lain dengan cara menuliskan pengalaman atau komentar anda!

Dra. Yetty Morelent, M. Hum.

Similar Posts

230 Comments

  1. Menurut saya reaksi siswa tersebut sangat senang bersemangat dan aktif dalam proses pembelajaran

    Kelemahannya, di kegiatan pendahuluan guru tidak mengajak siswa untuk berdon bersama dan memberikan apresiasi kepada siswa serta menyampaikan tujuan pembelajaran sebelum masuk ke kegiatan inti. Guru seharusnya terlebih dahulu menjelaskan mengulangkan tentang ciri-ciri pantun yong balk dan benar agar dapat memudahkan siswa dalam membuat pantun. Guru tidak memberikan PR kepada siswa untuk menambah pengetahuannya.

    Kelebihannya, guru melakukan motode pembelajaran dengan diskusi kelompok. Guru menyampaikann materi dengan bahasa yang mudah dipahami oleh siswa. Guru memberikan contoh pantun yang mudah di pahami oleh slawa. Setelah selesai berdiskusi untuk menjawab pertanyaan dari guru siswa juga di persilahkan untuk mempersentasikan hasil diskusi nya di depan kelas/di depan teman-teman yang lainnya.

    Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat di usulkan

    Untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya masa yang harus dilakukan yaitu dengan melakukan kegiatan pendahuluan seperti berdoa, memberikan apresiasi/motivasi,menyanyikan logu, serta menyampaikan tujuan pembelajaran terlebih dahulu sebelum masuk ke legiatan inti, dan pada kegiatan penutup sebaiknya guru bersama siswa menyimpulkan kegiatan pembelajaran yang sudah dilakukan dan melakukan berdoa bersama. Dan sebaiknya guru memberikan kesempatan kepoda siswit untuk bertanya tentang hal-hal yang belum dipahami ataupun diketahul. Serta guru memberikan PR keparia siswa untuk menambah pengetahuan siswa.

  2. Nama :Irhansyah putra
    NIM : 856471704
    Pokjar : Pelalawan
    Menurut pendapat saya siswa menunjukkan respon positif terhadap pelajaran. Mereka antusias dan aktif dalam belajar, serta percaya diri saat mempresentasikan karya mereka di depan kelas.
    Kelebihan pembelajaran adalah guru berhasil menciptakan suasana kelas yang menyenangkan. Mereka mampu meningkatkan partisipasi siswa dengan mendorong kerja kelompok dan memberi apresiasi saat siswa lain menyampaikan jawaban di depan kelas.
    kelemahan pembelajaran adalah ketika guru tidak memulai dengan berdoa atau mengecek kesiapan siswa sebelum memulai. Selain itu, guru juga tidak memberi kesempatan pada siswa untuk bertanya selama pembelajaran. Di akhir pelajaran, guru juga tidak mengajak siswa untuk berdoa.
    Kelebihan pembelajaran adalah guru berhasil menciptakan suasana kelas yang menyenangkan. Mereka mampu meningkatkan partisipasi siswa dengan mendorong kerja kelompok dan memberi apresiasi saat siswa lain menyampaikan jawaban di depan kelas.

  3. NAMA : NURULLITA
    NIM : 877523942
    POKJAR : ASAHAN
    UPBJJ : UT MEDAN
    1. Reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru tersebut adalah baik, peserta didik aktif dan sangat antusias selama kegiatan pembelajaran dalam mempelajari materi pantun. Kemudian peserta didik juga mengikuti setiap petunjuk dari guru dengan baik dan tertib.
    2. Kelemahan guru tersebut dalam melakukan pembelajaran adalah dalam pembentukan kelompok sebaiknya guru mengatur agar peserta didik tidak kebingungan dalam menentukan kelompoknya. Guru juga tidak memberikan tugas anak-anak untuk berlatih di rumah.
    3. Kelebihan guru tersebut dalam melakukan pembelajaran adalah guru tersebut dalam memberikan pemahaman kepada peserta ddik baik atau membuat peserta didik itu mudah memahami tentang apa yang diterapkan oleh guru. Guru juga sangat menghargai setiap jawaban peserta didiknya dalam melengkapi pantun yang disediakannya, dengan memberikan pujian kepada peserta didik dan menciptakan suasana kelas yang nyaman.
    4. Terdapat beberapa humor/jawaban lucu dari peserta didik menjadikan suasana pembelajaran menjadi semakin menarik, serta contoh dari jenis pantun Jenaka yang dapat menarik perhatian dan meningkatkan respon peserta didik.
    5. Upaya yang dapat saya usulkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran berikutnya adalah guru tersebut mungkin dapat memberikan lembar sebagai latihan serta evaluasi bagi peserta didik, dan guru sebaiknya memberikan tugas anak-anak untuk berlatih di rumah dengan membuat berbagai macam pantun dari beberapa jenis pantun tersebut.

  4. Nama : Lerissa Manurung
    Nim : 855856574
    UPBJJ : UT Medan
    Pokjar : UT Labuhanbatu Utara

    1. Reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran sangat gembira, aktif dan merespon kegiatan pembelajaran yang sedang berlangsung
    2. Kelemahan guru dalam kegiatan pembelajaran adalah tidak mengawali/membuka pelajaran dengan menyanyikan lagu nasional dan tidak berdoa.
    3. Kelebihan guru dalam kegiatan belajar adalah guru menyampaikan materi/bahan ajar dengan bahasa yang mudah dipahami oleh siswa, dan guru juga mengapresiasikan/mendukung siswa dengan ucapan ”kalian pasti bisa, kalian kan pintar”
    4. hal-hal unik yang saya temukan dalam video tersebut adalah siswa dapat langsung paham membuat pantun dan dengan semangat, berani maju ke depan kelas untuk membacakan hasil diskusi/kelompok di depan kelas.
    5. upaya yang dapat diusulkan adalah alangkah baiknya jika kegiatan awal/pendahuluan dalam pembelajaran diawali dengan nyanyi lagu nasional yang bertujuan untuk menumbuhkan kecintaan kepada bangsa dan tanah air, kecintaan yang melahirkan rasa bangga dan menumbuhkan rasa nasionalisme,persatuan dan memupuk semangat proklamasi. Setelah selesai bernyanyi kegiatan selanjutnya adalah berdoa karena berdoa dapat membawa kemudahan yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa, sehingga ilmu bisa masuk dengan mudah ke dalam pikiran.

  5. Nama :Yeni faniza
    Nim. :856995241

    Menurut saya lelemahan dri vidio tersebut adalah pada kegiatan pendahuluan guru tidak mengajak siswa untuk berdo’abersama dan memberikan apresiasi kepada siswa serta menyampaikan tujuan pembelajaran sebelum masuk ke kegiatan inti. Guru seharusnya terlebih dahulu menjelaskan mengulangkan tentang ciri-ciri pantun yong balk dan benar agar dapat memudahkan siswa dalam membuat pantun. Guru tidak memberikan PR kepada siswa untuk menambah pengetahuannya.

    Kelebihannya, guru melakukan motode pembelajaran dengan diskusi kelompok. Guru menyampaikann materi dengan bahasa yang mudah dipahami oleh siswa. Guru memberikan contoh pantun yang mudah di pahami oleh slawa. Setelah selesai berdiskusi untuk menjawab pertanyaan dari guru siswa juga di persilahkan untuk mempersentasikan hasil diskusi nya di depan kelas/di depan teman-teman yang lainnya.

    Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat di usulkan

    Untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya masa yang harus dilakukan yaitu dengan melakukan kegiatan pendahuluan seperti berdoa, memberikan apresiasi/motivasi,menyanyikan logu, serta menyampaikan tujuan pembelajaran terlebih dahulu sebelum masuk ke legiatan inti, dan pada kegiatan penutup sebaiknya guru bersama siswa menyimpulkan kegiatan pembelajaran yang sudah dilakukan dan melakukan berdoa bersama. Dan sebaiknya guru memberikan kesempatan kepoda siswit untuk bertanya tentang hal-hal yang belum dipahami ataupun diketahul. Serta guru memberikan PR keparia siswa untuk menambah pengetahuan siswa.

  6. Ahmad Sutisna
    836478171

    Dari hasil menyimak video tentang “Belajar membuat pantun”, dapat ditarik kesimpulan bahwa reaksi siswa terhadap kegiatan dalam video tersebut terlihat cukup antusias dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar.
    Berdasarkan hasil menyimak, terdapat kelebihan dan kelemahan dalam kegiatan belajar mengajar tersebut, yakni sebagai berikut.
    1. Kelemahan
    a. Sebelum melakukan kegiatan pembelajaran, alangkah lebih baik berdo’a terlebih dahulu sesuai dengan kepercayaan masing-masing
    b. Sesudah berdo’a, alangkah lebih baik untuk melakukan flashback terkait materi pembelajaran pada hari sebelumnya
    c. Guru tidak bertanya terkait kabar/keadaan siswa saat itu
    2. Kelebihan
    a. Pembawaan gaya penyampaian materi guru yang dinilai cukup menyenangkan membuat siswa terlihat sangat antusias
    b. Penyampaian materi yang tidak berbelit sehingga memudahkan siswa untuk mencerna materi tersebut
    c. Metode pembelajaran yang digunakan juga dapat menstimulus kerjasama antar siswa
    Terdapat hal unik dalam video pembelajaran tersebut yakni, dalam video tersebut selama kegiatan belajar mengajar berlangsung menggunakan metode diskusi. Metode ini dapat menstimulus kerjasama siswa sehingga siswa terlatih untuk menghadapi perbedaan pendapat dan melakukan problem solving ketika terdapat masalah dalam kelompok diskusinya. Selain itu, tema puisi yang ditentukan oleh guru juga bebas. Hal ini sangat bagus untuk menstimulus critical thinking siswa.
    Beberapa hal yang mungkin akan menjadi upaya sehingga siswa dapat berkembang lebih baik dalam pembelajaran yaitu, meningkatkan keaktifan siswa selama kegiatan pembelajaran berlangsung (student center) dapat berupa kegiatan seperti sebagai berikut.
    1. Berikan kesempatan siswa untuk mengemukakan pendapat terkait materi pelajaran yang hendak/sudah dipelajarinya
    2. Berikan kesempatan siswa untuk menilai hasil kinerja kelompok temannya
    3. Melakukan pijatan refleksi sederhana untuk meringankan otot/sel yang sudah berkontribusi dalam tubuh selama kegiatan pembelajaran berlangsung

  7. Nama : Homsi Latifah
    NIM : 855742105
    Kelas : 6A
    UPBJJ : Bandar Lampung
    Judul Video : Belajar Membuat Pantun

    – reaksi siswa pada video tersebut yaitu siswa terlihat semangat dan ceria dalam proses pembelajaran.
    – kelemahan guru dalam video tersebut yaitu guru tersebut tidak menjelaskan terlebih dahulu kepada siswa apa itu pantun, pengertian pantun dan

  8. Nama : Homsi Latifah
    NIM : 855742105
    Kelas : 6A
    UPBJJ : Bandar Lampung
    Judul Video : Belajar Membuat Pantun

    – reaksi siswa dalam video tersebut yaitu tampak semangat dan ceria dalam mengikuti pembelajaran.
    -kelemahan guru dalam video tersebut yaitu guru tidak menjelaskan terlebih dahulu kepada siswa apa itu pantun, pengertian pantun dan ciri-ciri pantun.
    – kelebihan guru dalam video tersebut yaitu guru selalu berperan aktif dalam setiap proses pembelajaran siswa, mulai dari pembagian kelompok diskusi dan juga sat siswa sedang berdiskusi. Guru selalu menggunakan intonasi suara yang jelas sehingga anak-anak dapat menerima pelajaran dengan baik.
    – hal unik yang saya temukan yaitu anak-anak selalu ceria dan bersemangat dan sang guru juga selalu memberikan timbal balik yang bagus terhadap siswa.
    – upaya yang dapat saya berikan yaitu sang guru sebaiknya sebelum memulai pembelajaran selalu memberikan refleksi berupa penjelasan materi sebelum melaksanakan pembelajaran dan juga melakukan literasi terlebih dahulu untuk membangun fokus siswa.
    Terimakasih.

  9. Menurut saya kelemahan dari video tersebut diawal guru tidak mengaajak berdoa dan tidak mengajak anak anak membuat ice breaking dan tidak memberikan apresiasi kepada siswa untuk menyampaikan pendapat mereka

  10. Nama: Nozi Agusti
    Nim: 856590409

    Setelah melihat vidio di atas saya menanggapi…
    KELEBIHAN: guru melakukan metode pembelajaran dengan diskusi kelompok, guru menyampikan materi dengan bahasa yang mudah di pahami oleh siswa. Guru memberikan contoh pantun yang mudah di pahami oleh siswa.
    KEKURANGAN: Dalam kegiatan pendahuluan guru tidak mengajak siswa untuk bersama dan memberikan penghargaan kepada siswa serta menyampaikan tujuan pembelajaran sebelum masuk kegiatan inti.
    SOLUSI: Untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran masa berikutnya yg harus di lakukan yaitu dg melakukan kegiatan pendahuluan seperti doa.

Leave a Reply