silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan anak kelas III SD yang tidak bisa menunjukkan arah mata angin dengan tepat, dan tidak bisa membaca peta lokasi di sekitar lingkungannya. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah:

  1. Meminta siswa untuk mengamati posisi matahari terbit atau terbenam,
  2. Meminta siswa untuk menunjukkan tangan kanannya ke arah matahari terbit adalah arah timur, dan tangan kiri akan menunjuk ke arah barat, dihadapan siswa terbentang arah utara, dan di belakang siswa arah selatan,
  3. Ketika cuaca mendung sehingga tidak dikenali matahari terbit pakailah kompas.

Dadang Sukirman

  1. Tidak ada berdoa sebelum belajar dan penutup selesai belajar.
  2. Evaluasi hanya ada disaat diluar kelas.
  3. Sesuai peserta didik.
  4. Sesuai kurikulum

Ranny Indriany Syam S, S.Pd.

Similar Posts

389 Comments

  1. Nama : Moh. Asril Hermansyah
    Nim : 858691813
    pada pembelajaran hendaknya lebih dijelaskan lagi konsep arah mata angin. sehingga anak-anak lebih memahami lebih mendalam. Sehingga ketika dipraktikkan anak-anak bisa belajar secara efektif.
    Mungkin dengan memulai dengan anekdot atau pertanyaan menarik terkait arah mata angin, itu bisa membuat siswa lebih terlibat sejak awal. Terima kasih atas konten yang bermanfaat!.

  2. Nama : Esterlina
    Nim : 859821684
    UPBJJ : Kendari
    Pokjar : Kendari
    Setelah saya menonton video tentang Belajar Mudah Menentukan Arah Mata Angin:
    1.Pada video tersebut tidak ada kegiatan apersepsi pada kegiatan awal
    2. Pada awal pembelajaran siswa tidak dapat menjelaskan arah mata angin
    3.Cara guru yang mengajak siswa untuk keluar kelas sangat bagus untuk mengajarkan kepada siswa arah mata angin dengan cara praktek
    4.Pada video tersebut guru tidak menggunakan media,dan seharusnya guru menggunakan media agar siswa lebih mudah mengetahui arah mata angin

  3. Nama : Nur Grahayul

    Nim : 859762534

    Pada saat memulai pembelajaran hendaknya mengajarkan pada anak anak untuk mengucapkan salam terlebih dahulu dan untuk memulai pembelajaran hendaknya berdoa sesuai agama masing-masing.ini di terapkan sejak usia dini agar bisa membentuk karakter siswa itu sendiri.

    Lalu pada awal video pembelajaran murid merasa bingung dengan pertanyaan yang di lontarkan oleh seorang guru dikarnakan guru tersebut hanya memberi penjelasan sekilas saja tentang arah mata angin itu.

    Kemudian guru tersebut langsung melalukan evaluasi pembelajaran yang di lakukan pada luar ruangan dengan tujuan agar siswa didiknya mudah memahami apa yang ibu guru ajarkan.
    Terbukti saat para siswa belajar di luar ruangan mereka lebih mudah menentuhkan arah mata angin.

    Saran saya agar peserta didik memahami apa yang di sampaikan guru tanpa harus melakukan evaluasi di luar kelas.guru harus menggunakan media berupa gambar yang menunjuhkan arah.

  4. Nama: Fitriana
    Nim. : 858071722
    Kls/smtr: A/6

    Setelah saya menonton video tersebut.
    Tentang “Belajar Mudah Menentukan Arah Mata Angin”
    Pertama,Pada video tersebut tidak ada kegiatan apersepsi pada kegiatan awal seperti sebelum memulai pembelajaran hendaknya berdoa menurut agama masing²
    Kedua,Pada pembelajaran siswa tidak dapat menjelaskan arah mata angin
    Ketiga,dengan Cara guru yang mengajak siswa untuk keluar kelas sangat bagus untuk mengajarkan kepada siswa arah mata angin dengan cara praktek
    Keempat,Pada video tersebut guru tidak menggunakan media pembelajaran,karna jika guru menggunakan media pembelajaran tersebut akan lebih mudah di mengerti dan siswa akan mudah menentukan arah angin.

  5. Nama : Njili Syahwati
    NIM. : 859763091

    Setelah saya menganalisis video tersebut,
    Pertama, Guru tidak menggunakan kegiatan awal(apersepsi) seperti, mengucapkan salam, menanyakan kabar dan absensi.
    Kedua, Guru langsung memberikan evaluasi kepada peserta didik, tanpa memberikan pemahaman terlebih dahulu tentang konsep menentukan arah mata angin, sehingga membuat peserta didik bingung dengan pertanyaan-pertanyaan yang diberikan.
    Ketiga, tidak ada kegiatan penutup, pada bagian akhir video Guru tidak menyimpulkan pembelajaran secara bersama-sama, berdo,a bersama dan menyampaikan salam.

  6. Nama: Winda Wismarianti
    Nim: 859762179
    UPBJJ: Kendari

    Dalam video pembelajaran guru mengajar kan materi mengenai arah mata angin. Kemudian guru mengajak siswa siswi untuk belajar di luar kelas, dan guru menunjuk beberapa siswa untuk mempraktekkan arah mata angin dengan menggunakan bagian dari tubuh. Kelemahan dalam video pembelajaran ialah guru terlalu monoton dalam menyampaikan materi pembelajaran dan tidak memberikan salam pada awal proses pembelajaran.

  7. Nama : Aryati
    Nim : 857812292
    Nama UT Daerah : Surakarta
    Pokjar : karanganyar

    Setelah saya mengamati video ini pembelajaran tentang menentukan arah mata angin
    Menurut saya:
    1. Guru tidak melakukan kegiatan pendahuluan seperti berdoa, mengabsen siswa
    2. Kelebihan Bu guru dalam menentukan arah mata angin guru mengajar siswa mengamati secara langsung arah mata angin dari halaman sekolah
    3. Guru kurang berekspresi mukanya terlalu datar
    4. Guru dalam menjelaskan materi sudah bagus
    5. Di bagian akhir guru tidak ada kegiatan penutup

  8. Nama : Indriani
    Nim: 859763962
    Upbjj : Kendari.

    Setelah menonton video pembelajaran tentang arah mata angin, guru belum menyapa siswa dan masuk ke materi pembelajaran. Menurut pendapat saya seharusnya guru dapat membuat siswa lebih semangat belajar dan termotivasi dengan melakukan ice breaking ataupun menyanyikan arah mata angin ( Timur, Tenggara, selatan, barat daya, barat, barat laut, Utara, timur laut). setelah itu guru dapat menyampaikan materinya yang berkaitan dengan arah mata angin dan memberikan contohnya berupa video, gambar, atau gerakan, setelah materinya di sampaikan guru dapat bertanya kepada siswa tentang pelajaran yang telah di sampaikan, ataupun dapat membawa siswa keluar agar pola pikir siswa lebih leluasa untuk mengetahui arah mata angin.

  9. Nama : Maryogal saputra
Nim : 856816179
UPBJJ : Bengkulu
Pokjar : Lebong
Setelah menonton video di atas dapas saya simpulkan :
1.pada awal pembelajaran guru langsung menyampaikan judul materi yang akan di ajarkan
2. Guru langsung memberikan pertanyaan kepada siswa
3.guru mengajak anak2 langsung praktik di luar kelas menjelaskan tentang arah mata angin dan guru juga menanyakan satu per satu ke pada murid tentang arah mata angin

  10. Nama : DESTA CAHYANI
    Nim : 856738788
    UPBJJ : PALEMBANG
    Pokjar : AIR KUMBANG

    Saya telah menonton video di atas tentang arah mata angin :
    Menurut saya
    – Seharusnya seorang guru menjelaskan lebih rinci di awal pembelajaran tentang arah mata angin, penjelasan yang rinci membantu mengarahkan fokus belajar siswa pada hal-hal yang penting dan relevan. Guru dapat menyajikan tujuan pembelajaran, konsep kunci, dan langkah-langkah pembelajaran secara terstruktur untuk memandu siswa dalam proses belajar.
    – Dan seharusnya guru menggunakan media pembelajaran yang konkret, penggunaan media pembelajaran konkret dapat mendorong keterlibatan aktif siswa dalam pembelajaran. Siswa dapat melakukan eksplorasi, percobaan, dan interaksi langsung dengan materi pembelajaran, sehingga memperdalam pemahaman mereka.

Leave a Reply