silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan Konsep Kenampakan Alam. Pada program ini diperlihatkan seorang guru yang meminta siswanya untuk menjelaskan macam-macam kenampakan alam dari negara mesir, sesuatu yang sangat asing bagi diri anak, dan siswa kesulitan dalam mengidentifikasi kenampakan alam tersebut. Solusi yang ditawarkan untuk mengatasi masalah ini adalah :

  1. Guru hendaknya mengajarkan gejala kenampakan alam mulai dari lingkungan yang terdekat dengan siswa,
  2. Guru meminta siswa yang pernah mengunjungi salah satu daerah tertentu untuk bercerita tentang apa yang dilihatnya, atau,
  3. Guru membawa anak keluar lingkungan sekolah melalui field trip.

Eded Tarmedi

  1. Ketika membuka pembelajaran guru dapat menyampaikan materi atau mengulang materi yang telah disampaikan serta dalam penyampaian materi jangan terlalu terburu-buru. Dalam kegiatan menutup pembelajaran juga tidak ada.
  2. Dalam pembelajaran kenampakan alam guru dapat menggunakan media gambar untuk membantu siswa dalam pembelajaran. Strategi dalam pembelajaranpun dapat dilakukan dengan berkelompok agar anak lebih mudah mengenal kenampakan alam khususnya alam sekitar.
  3. Materi yang disampaikan dalam video ini cukup sesuai dengan peserta didik. Tetapi dalam memberikan contoh sebaiknya kenampakan alam sekitar lingkungan.
  4. Sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Hendri Supriyadi S, S.Pd.

Similar Posts

388 Comments

  1. dari video yang saya tonton menurut saya guru yang mengajar di video tersebut kurang maksimal dalam menjelaskan dan memberi materi. seharusnya guru bisa menanyakan kepada anak-anak bagaimana keadaan kenampakan alam sekitar lingkungan tempat tinggal terlebih dahulu agar anak anak bisa mengidentifikasi jenis kenampakan alam dan buatan dengan tepat.

  2. nama : resti lidiananti
    nim : 858071249
    prodi : PGSD S1
    dari video yang sudah saya tonton menurut saya guru yang mengajar divideo tersebut kurang maksimal dalam menjelaskan materi yang disampaikan, seharusnya guru bisa menanyakan kepada anak-anak bagaimana keadaan kenampakan alam sekitar lingkungan tempat tinggal terlebih dahulu agar anak anak bisa mengidentifikasi jenis jenis kenampkan alam dan buatan dengan tepat

  3. Nama : Nadila damayanti
    Nim : 856573126

    dari vidio tersebut dapat disimpulkan bahwa Setelah adanya perbaikkan yang dilakukan dalam pembelajaran tersebut guru tetep menggunakan media gambar/peta namun guru tersebut melibatkan pengalaman siswa yang pergi kesebuah tempat sehingga siswa dapat menceritakan pengalamannya serta dapat menjawab pertanyaan guru tersebut mengenai penampakan alam.

  4. Nama : Nalurita Kusuma Ardani
    Nim : 858568169
    Pokjar : Al-Huda Salut Kota Kediri
    UPBJJ : Malang
    Semester : 6

    Mohon izin menanggapi Bapak Ibu
    Terkait video pembelajaran ips yang berjudul “Kenampakan Alam”
    1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
    3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
    5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
    Jawab :
    1. Guru berusaha melibatkan siswa secara aktif dalam kegiatan pembelajaran melalui sharing pengalaman dan contoh-contoh kontekstual. Ini dapat membuat siswa tertarik dan termotivasi untuk belajar. Jadi secara umum, reaksi siswa sangat positif dengan antusiasme dan partisipasi aktif.
    2. -Kalimat yang diucapkan guru terdengar tidak jelas dan sulit dipahami.
    -Tata bahasa dan struktur kalimat yang digunakan guru kurang tepat, terkesan berbelit-belit.
    -Guru kurang memberikan penjelasan yang memadai tentang materi yang diajarkan.
    -Guru langsung memberikan instruksi kepada siswa tanpa memberikan pengantar atau penjelasan materi terlebih dahulu.
    -Guru tidak mengecek pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan. Setelah memberikan instruksi, guru langsung beralih ke topik berikutnya.
    -Guru kurang memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya atau berdiskusi. Interaksi cenderung satu arah dari guru ke siswa.
    -Guru kurang mengendalikan kelas dengan baik. Suasana kelas terdengar gaduh dan kurang kondusif untuk belajar.
    3. -Guru mengajak siswa untuk menghargai alam dengan menjaga dan melestarikannya. Hal ini terlihat dari ajakan guru kepada siswa untuk menjaga alam baik alam buatan maupun alam yang tidak dibuat manusia.
    -Guru mengajak siswa untuk berempati dan peduli terhadap sesama dengan menjalin hubungan baik antar manusia. Hal ini terlihat dari ajakan guru agar siswa bersikap ramah kepada wisatawan dan saling menghargai perbedaan.
    -Guru mampu menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan dan interaktif. Hal ini terlihat dari cara guru mengajak siswa berdiskusi dan berbagi pengalaman.
    -Guru mampu mengaitkan materi pembelajaran dengan pengalaman siswa sehari-hari. Hal ini terlihat dari cara guru menanyakan tempat-tempat yang pernah dikunjungi siswa.
    -Guru mampu menyampaikan materi dengan sistematis dan runut. Hal ini terlihat dari alur penyampaian materi yang dimulai dari yang umum ke khusus.
    4. -Guru menggunakan pendekatan yang kreatif dan kontekstual dengan mengaitkan konsep akademik dengan pengalaman siswa serta contoh-contoh dari lingkungan sekitar.
    -Guru juga berusaha membangun imajinasi dan wawasan siswa dengan analogi-analogi yang digunakan.
    5. -Guru perlu memperbaiki teknik bertanya agar pertanyaan yang diajukan lebih spesifik dan fokus pada topik pembelajaran. Pertanyaan yang diajukan sebaiknya mampu mendorong siswa untuk berpikir kritis.
    -Guru perlu lebih interaktif dalam membimbing diskusi kelompok. Saat diskusi berlangsung, guru sebaiknya berkeliling dan memastikan semua anggota kelompok berpartisipasi aktif.
    -Guru perlu memperbanyak kegiatan yang melibatkan siswa secara aktif, seperti presentasi, permainan, demonstrasi, dan aktivitas kolaboratif lainnya. Ini akan meningkatkan engagement siswa.
    -Guru perlu menggunakan metode dan media pembelajaran yang lebih bervariasi agar siswa tidak bosan. Misalnya dengan menggunakan media visual, audio, video, alat peraga, dan sebagainya.
    -Guru perlu memperbanyak umpan balik dan penguatan (reinforcement) untuk merespons jawaban dan partisipasi siswa agar mereka termotivasi.

  5. Nama : Efi Septiyana
    NIM : 857006826
    Pokjar : Natar
    UPBJJ Bandar Lampung
    Izin menanggapi video pembelajaran tersebut guna memenuhi tugas mata kuliah PKM.
    1. Reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru tersebut adalah tidak kondusif . Mengapa demikian? Karena guru tersebut terlihat kesulitan dalam mengajarkan materi Kenampakan Alam di SD. Sehingga,respon siswa kurang antusias dan tidak kondusif.
    2. Secara keseluruhan kelemahan guru dalam pembelajaran tersebut adalah
    – Guru tidak menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dilakukan.
    – Guru tidak menjelaskan materi dengan runtut,terlalu terburu buru dan memberikan pengajaran yang asing bagi peserta didik .
    – Guru tersebut nampak belum bisa membangun komunikasi yang baik dengan siswanya sehingga menyebabkan kegaduhan didalam kelas.
    3. Secara keseluruhan kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran tersebut adalah guru mencoba memperbaiki pembelajarannya dengan bertanya tentang pengalaman siswa yang berkaitan dengan Kenampakan alam sehingga terjadi komunikasi timbal balik antara siswa dengan guru dalam pembelajaran tersebut.
    4. Hal unik yang saya temukan dalam video tersebut adalah ketika salah satu Siswa kurang tepat dalam menjawab pertanyaan dari guru tersebut ,siswa lain bersorak didalam kelas yang menyebabkan kelas menjadi gaduh dan tidak kondusif.
    5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru tersebut maka menurut saya upaya yang harus dilakukan oleh guru tersebut agar dapat meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran tersebut adalah :
    – Guru sebaiknya dalam membuka pelajaran harus menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dilakukan.Hal ini bertujuan agar siswa dapat terfokus pada pokok pembahasan.
    – Guru sebaiknya lebih mempersiapkan media pembelajaran yang lebih menarik dan mudah dikondisikan oleh siswa .
    – Sebaiknya, guru dalam menyampaikan pembelajaran harus lebih memperhatikan kesiapan siswa dalam belajar serta memahami batas kemampuan siswa dalam materi tersebut sehingga guru harus lebih luas dalam menjelaskan materi dan dapat dimulai dari pengalaman siswa sehingga lebih mudah memahami.
    – Guru dalam menjelaskan materi harus lebih komunikatif dan tidak terburu-buru.

  6. Hasil analisis Video 2 Mata pelajaran IPS tentang Kenampakan Alam
    Rabu, 24 April 2024

    1.Bagaimana reaksi anak atau siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan?
    Jawaban :
    Dari video pembelajaran yang saya amati anak cukup aktif dalam menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru tetapi banyak anak yang kurang memahami materi tentang kenampakan alam yang disampaikan oleh guru.
    2.Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Jawaban :
    guru tidak melakukan pembukaan ketika memulai belajar
    guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran
    ketika akan melaksanakan kegiatan pembelajaran guru tidak menggunakan metode ceramah dalam menjelaskan materi tentang kenampakan alam dalam video ini guru langsung memberikan pertanyaan kepada murid tanpa memperkenalkan apa saja yang termasuk ke dalam kenampakan alam
    guru tidak melakukan penutup dan refleksi atau kesimpulan pada akhir pembelajaran
    3.Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran
    Jawaban :
    Dalam pembelajaran ini menggunakan alat peraga berupa peta agar anak bisa mengetahui kenampakan alam apa saja yang ada di Mesir.
    4.Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
    Jawaban :
    Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk menceritakan pengalaman di saat melakukan perjalanan ke rumah neneknya dengan melewati jalan tol anak tersebut dalam perjalanan melihat berbagai macam kenampakan alam yang ada di sepanjang jalan tol.
    5.setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada amati dari tayangan video upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelaan berikutnya?
    Jawaban :
    Guru seharusnya memaparkan materi terlebih dahulu ketika awal pembelajaran dan di saat pembelajaran guru membuat anak-anak menjadi bersemangat.

  7. Nama : Mitha
    NIM : 858072098

    Berdasarkan vidio pembelajaran tersebut, seorang guru mengajar tentang Penampakan Alam di negara Mesir menggunakan peta. Walaupun begitu, siswa masih tidak bisa membayangkan kenampakan alam yang ada di sana. Hal ini siswa masih ada yang menjawab asal-asalan, masih dikatakan termasuk wajar. Karna memang siswa tersebut tidak melihat apa yang ditampilkan oleh guru agar siswa dapat mudah memahami apa yang disampaikan (misalnya penggunaan layar infokus).
    Jadi, pembelajaran pertama dapat dikatakan belum tepat. Kemudian pada pembelajaran kedua, siswa terlihat aktif karena guru tersebut dapat menggunakan keadaan alam di sekitar lingkungan, dengan menanyakan tempat apa saja yang siswa pernah datangi. Oleh karena itu, siswa juga memikirkan dan memahami penampakan alam yang ada ditempat tersebut . Hal ini pada pembelajaran kedua dapat dikatakan sangat tepat digunakan guru pada pembelajaran khususnya pada materi kenampakan alam yang ada disekitar siswa tersebut.

  8. Dalam Vidio menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan Konsep Kenampakan Alam. Pada program ini diperlihatkan seorang guru yang meminta siswanya untuk menjelaskan macam-macam kenampakan alam, sesuatu yang sangat asing bagi diri anak, dan siswa kesulitan dalam mengidentifikasi kenampakan alam tersebut. Solusi yang ditawarkan untuk mengatasi masalah ini adalah:
    1 Guru hendaknya mengajarkan gejala kenampakan alam mulai dari lingkungan yang terdekat dengan siswa
    2. Guru meminta siswa yang pernah mengunjungi salah satu daerah tertentu untuk bercerita tentang apa yang dilihatnya, atau

  9. Nama : Putri Nur Hamidah
    NIM : 856455115
    Pokjar : Kemuning
    Berikut analisis saya setelah menyimak video di atas.
    Kelemahan:
    1. Seharusnya guru memulai kelas dengan salam dan membaca doa serta mengabsen kehadiran siswa (orientasi).
    2. Guru tidak mengaitkan materi sebelumnya (apresiasi).
    3. Guru tidak memberikan penjelasan terlebih dahulu kepada siswa tentang pembelajaran yang akan di pelajari.
    4. Seharusnya guru memberikan materi yang lebih dekat dengan kehidupan anak atau sekitar Indonesia saja, sedangkan yang di video guru memberikan materi tentang penampakan alam yang ada di luar indonesia.
    5. Guru tidak memberikan apresiasi kepada siswa yang sudah bercerita atau kepada siswa yang sudah menjawab pertanyaan guru.
    6. Guru tidak melakukan kegaiatan penutup.
    kelebihan:
    anak berpartisipasi dalam mendengarkan cerita temannya serta kelas terlihat sangat kondusif dan aktif.
    keunikan:
    ada murid yang sangat antusia dalam bercerita dan teman-teman yang lain mendengarkan dengan seksama.

  10. Nama : Ulan Aliani
    Nim : 857209808
    Pokjar : Balaraja
    Tema Video : Kenampakan Alam

    Dilihat dari video tersebut, ada beberapa kelebihan dan kekurangan yaitu :
    Kekurangan nya
    1.Cara memulai pembelajaran seharusnya menanyakan kabar, membaca do’a terlebih dahulu
    2.seharusnya menggunakan media gambar agar anak paham bahwa negara mesir seperti itu
    Kelebihan nya
    1.Siswa terlihat rapih dan tenang ketika guru menjelaskan adapun yang antusias bercerita pengalaman tentang perjalanan nya dan siswa lainnya mendengarkan

Leave a Reply