silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Similar Posts

146 Comments

  1. Nama : Suswati
    Nim : 859875844

    Kelemahannya:
    1. Tujuan pembelajaran tidak disampaikan oleh guru
    2. Kurang memberikan motivasi belajar kepada siswa sehingga membuat siswa asyik ngobrol sendiri
    3. Tidak menguasai manajemen dalam kelas
    Kelebihan:
    1. Adanya sesi tanya jawab terhadap peserta didiknya
    2. Memberikan kesempatan pada peserta didiknya dalam mengerjakan tugas yang diberikan guru

    Solusinya:
    1. Sebaik nya sebelum memulai pembelajaran sebaiknya guru menyampaikan tujuan pembelajaran supaya siswa memahami tujuan pembelajarannya.
    2. Mengulang materi minggu yang lalu sebelum pelajaran berikut nya danmemberikan motivasi belajar
    3. Diharapka guru mampu menguasai sehingga suasana kelas menjadi tertib dan murid dapat belajar dengan baik
    4. Membuat kesimpulan pada akhir pembelajaran
    5. Melakukan evaluasi pada pembelajaran yang terjadi kekurangan guru dalam memberikan apersepsi.

  2. Nama : Siti Nurinniyah
    NIM : 858905747
    PROGAM STUDI FKIP
    UPBJJ JEMBER.

    Hasil analisis

    Dari video Guru Pintar Online (GPO) yang saya amati pada saat membuka pelajaran, guru tidak melaksanakan keterampilan membuka pelajaran seperti : Menumbuhkan perhatian siswa dan membangkitkan motivasi siswa. Terlihat dari guru tersebut tidak memberikan salam, tidak menyapa muridnya dengan sapaan hangat, tidak memberikan kata motivasi, tidak memeriksa kehadiran siswa, tidak membantu siswa mempersiapkan fasilitas/sumber belajar yang diperlukan, tidak menciptakan suasana belajar yang demokratis, juga tidak terlihat menumbuhkan kreativitas siswa disana. Dan juga guru harus bias memberikan acuan kepada siswa. Hal ini juga tidak sepenuhnya terlihat. Guru hanya mengutarakan materi yang akan diajarkan yakni menulis karangan cerita/ narasi saja, tanpa manjelaskan manfaat apa yang akan didapat siswa dalam mempelajari materi tersebut. Tetapi suasana belajar terlihat kondusif, karena murid tergolong tenang dalam mengikuti pembelajaran, tidak hanya guru yang terlihat aktif.

  3. Nama : ASTER RIKO
    NIM : 858904247
    KELAS : 6C

    MENURUT SAYA , metode yang diberikan guru dalam video tersebut sudah tepat,dimana memberikan kerangka berfikir kepada siswa melalui pertanyaan pertanyaan pemantik ,sehingga memudahkan siswa untuk mengungkapkan bahan membuat karangan nya

    Boleh juga menurut saya dalam hal ini guru memberikan kesempatan 1 orang siswa / beberapa siswa untuk mengungkapkan ceritanya saat bertamasya kepada teman temannya,sehingga dapat menggugah semangat siswa yang lain mengungkapkan ceritanya

  4. Nama: Asri Rahayu
    NIM: 857375501
    Prodi : PGSD S1 BI
    Semester : 2 (BI 2)
    menurut saya setelah melihat tayangan video diatas, guru tersebut masih kurang menarik dalam melakukan pembukaan pembelajaran dikelas, seperti membiasakan berdoa sebelum belajar, agar anak tidak bosan dalam pembelajaran dan tidak monoton guru tersebut seharusnya melakukan ice breaking terlebih dahulu. selain itu guru melalukan apersepsi kepada siswa sebelum pembelajaran dimulai.
    Adapun kelebihan dari guru tersebut adalah sudah sangat bagus menyampaikan materi yang akan diberikan kepada siswa, guru itu pun memberikan pengarahan dan pemahaman serta langkah-langkah untuk membuat karangan/ narasi kepada siswa yang kesulitan dalam memahami materi tersebut.

  5. hasil analisis pada video ini, menurut saya, video ini di ambil pada saat kegiatan inti dalam mengajar yakni mengenai karangan cerita. sedikit cerita pengalaman saya pernah mengajar kelas II SD, pada pelajaran Tema 5 mengenai Pengalamanku. saat mulai mempraktikan membuat karangan tersebut banyak anak yang kesulitan saat membuat karangan. mulai dari pembukaan, isi dan penutup karangan ceritanya. dari video ini sama kejadiannya dnegan yang pernah saya alami saat mengajar. hendaknya guru memberikan contoh atau gambaran terlebih dahulu mengenai karangan cerita selama libur sekolah, sehingga siswa bisa mulai berfikir bahwa ini alur cerita karanganya. sebab, siswa kelas rendah belum mampu secara optimal berfikir mengenai mengarang suatu cerita. terimakasih

  6. Nama : Muhammad Husin
    NIM : 858459727
    UPBJJ :Samarinda

    1.Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    Siswa ribut didalam kelas, kurang memperhatikan apa yang dijelaskan guru
    2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Kelemahan guru adalah tidak melakukan pembukaan pembelajaran sehingga kurang menarik minat siswa
    3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Guru sudah cukup berhasil menguasai materi
    4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
    Guru memberikan pertanyaan pemantik tentang bertamasya lalu jawaban pertanyaan tersebut dirangkai menjadi sebuah karangan
    5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
    Saya mengambil hal-hal positif yang telah diajarkan di video dan mulai menerapkannya dikelas saya

  7. Nama : Ati Suciati
    NIM : 859664399
    UPBJJ : Bandung
    Prodi/Smester : PGSD/6
    Mohon izin untuk memberikan pendapat terhadap video pembelajaran “Kesulitan Menulis Karangan Cerita/Narasi”.
    Kelemahan Pembelajaran dalam Video tersebut adalah:

    1. Kurangnya pembukaan sebelum kegiatan belajar, seperti berdoa, memberi salam, atau menyapa siswa,
    dapat membuat suasana pembelajaran kurang hangat dan kurangnya motivasi sebelum belajar.
    2. Ketidakmampuan guru dalam membuat alat peraga atau media pembelajaran dapat menyebabkan
    anak-anak merasa bosan dan kurang tertarik dalam pembelajaran.
    3. Tidak memusatkan perhatian siswa dan membiarkan beberapa siswa sibuk masing-masing dapat
    mengganggu proses pembelajaran.
    4. Kurangnya penjelasan tentang pengertian mengarang dapat menyebabkan beberapa siswa tidak mengerti
    materi pembelajaran.
    5. Tidak ada review pelajaran dan kesempatan bagi peserta didik untuk bertanya serta berdoa dan memberi
    salam sebelum mengakhiri pembelajaran dapat mengabaikan pentingnya pemahaman materi dan
    interaksi sosial.

    Kelebihan pembelajaran dalam video tersebut adalah:
    1. Video tersebut sudah di kemas dengan baik meskipun masih ada beberapa kekurangan. Ini menunjukkan
    upaya dalam menyajikan materi pembelajaran dengan baik.
    2. Guru memonitor peserta didik dengan berkeliling untuk mengecek tulisan karangan mereka, meskipun
    hanya beberapa yang dicek. Ini bisa membantu guru memahami kemajuan siswa.
    3. Guru memberikan petunjuk kerangka karangan saat anak-anak sudah mulai menulis, yang dapat
    membantu siswa dalam proses penulisan.

  8. Berdasarkan vidio pertama yang saya amati, guru belum melakukan kegiatan awal seperti apersepsi, mengecek kehadiran siswa, memberikan motivasi, menyampaikan tujuan pembelajaran, mengaitkan pembelajaran terdahulu dengan pelajaran sekarang. Guru langsung masuk ke kegiatan inti dan memberikan tugas tanpa menjelaskan materi terlebih dahulu. Sehingga anak-anak kelihatan kebingungan saat akan mengerjakannya. Namun di vidio selanjutnya sudah terlihat guru memberikan penjelasan seputar mengarang dengan menjelaskan terlebih dahulu langkah-langkah yang harus dilakukan untuk membuat karangan. Diakhir vidio terlihat anak-anak sudah mulai paham bagaimana membuat karangan yang baik.

  9. nama : inda purnamasari
    nim : 856816724

    menurut saya setelah melihat tayangan video diatas, guru tersebut masih kurang menarik dalam melakukan pembukaan pembelajaran dikelas, seperti membiasakan berdoa sebelum belajar, agar anak tidak bosan dalam pembelajaran dan tidak monoton guru tersebut seharusnya melakukan ice breaking terlebih dahulu. selain itu guru melalukan apersepsi kepada siswa sebelum pembelajaran dimulai.dari video ini sama kejadiannya dengan yang pernah saya alami saat mengajar. hendaknya guru memberikan contoh atau gambaran terlebih dahulu mengenai karangan cerita selama libur sekolah, sehingga siswa bisa mulai berfikir bahwa ini alur cerita karanganya. sebab, siswa kelas rendah belum mampu secara optimal berfikir mengenai mengarang suatu cerita. terimakasih

  10. Dalam video tersebut setelah saya selesai menonton dan menyimak baik-baik sampai video pembelajaran mengwnai kesulitan dalam menulis ķarangan cerita/narasi ini. Menurut saya penjelasan yang diberikan oleh guru dalam video tersebut masih sangat kurang memuaskan. Seperti yang diketahui bersama membuat sebuah karangan cerita atau narasi bukanlah hal mudah, selain menceritakan peristiwa yang pernah di lalui pada saat berlibur namun juga pembawaan bahasa haruslah yang baku dengan memperhatikan EYD.
    Kurangnya strategi yang di miliki guru pada saat mengajar seperti yang ada dalam video tadi menyebabkan siswa akan merasa terbebani dan merasa sulit untuk mengerjakan tugas tersebut. Guru seharusnya lebih meningkatkan strategi pembelajaran berupa metode pembelajaran yang sesuai dengan mdi bantu oleh media yang di rasa cukup familiar bagi siswa. Guru seharusnya lebih menyadari atau peka terhadap anak didiknya.

Leave a Reply