silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan guru dengan menggunakan metode ceramah menjelaskan pemerintahan desa/kelulrahan kepada siswa kelas III SD, sementara itu siswa tampak tidak memahami mengenai apa itu aparatur/perangkat desa/ kelurahan dan fungsi dari setiap aparatur tersebut. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah melakukan pembelajaran dengan menggunakan media flowchart dengan slot card yang menjelaskan tentang struktur pemerintahan desa/kelurahan termasuk penjelasan singkat tugas pokok dan fungsinya.

Dadang Sukirman

  1. Tidak ada berdoa sebelum belajar dan penutup selesai belajar.
  2. Tidak menjelaskan tentang materi struktur organisasi pemerintahan.
  3. Sesuai peserta didik.
  4. Sesuai dengan kurikulum.

Ranny Indriany Syam S, S.Pd.

Similar Posts

58 Comments

  1. NAMA : RAHMAD
    NIM : 858918958
    PRODI : S1-PGSD
    POKJAR : KALISAT
    SEMESTER 6.
    pertama saya akan membahas kelebihan dari video pembelajaran ini . guru pada video pembelajaran ini garang dan bersahabat. dan menurut saya dibutuhkan untuk mengajar kelas tinggi contohnya kelas 4,5,6. anak-anak memiliki peran pentig dalam video pembelajaran kali ini. yang selanjutnya komunikasi pada kelas ini sangat terlihat dan tidak membosankan.
    kedua saya akan membahas kekurangan pada video pembelajaran ini. guru tidak menyapa murit dan jadi terkesan tegang di awal pembelajaran.
    yang selanjutnya guru tidak melakukan absensi dalam video ini.
    video ini sangat mebantu saya dalam mengerjakan tugas dan juga sebagai referensi saya untuk melakukan pembelajaran.

  2. Nama : Dewi Pristiani
    Nim : 856023013
    UPBJJ : Medan
    Pada awal video pembelajaran suasana kelas yang tidak kondusif, karena seluruh siswa tidak memperhatikan guru dan terlihat tidak tertarik terhadap materi yang disampaikan. Mereka asik mengobrol, bermain dengan temannya, berlarian di kelas, bahkan ada siswa yang tertidur pulas.Lalu Guru tersebut menemukan solusinya dengan menerapkan metode Mengajar dengan Menggunakan Flow Chart. kemudian guru mengubah strategi pembelajaran, yaitu dengan menggunakan media pembelajaran. Adapun topik yang dibahas adalah “Sistem Pemerintahan Desa”, guru menggunakan media pembelajaran yaitu flowcard beserta slotcard, sehingga anak-anak tertarik dalam pemberlajaran. Anak-anak antusisa membantu guru dan menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru. Terjadinya komunikasi yang baik antara guru dan para siswa memudahkan pembelajaran mudah dimengerti. Untuk pembelajaran IPS, sebaiknya guru mampu menggunakan media pembelajaran untuk membangun interaktif dengan para siswa.

  3. NAMA : NUR ANISAH
    NIM : 858530201
    PRODI : S1 PGSD SEMESTER 6
    UPBJJ – UT SEMARANG

    1. Reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru:
    Di awal pembelajaran siswa sangat gaduh tidak bisa dikondisikan, namun saat pembelajaran berlangsung, siswa aktif menjawab pertanyaaan dari guru.
    2. Kelemahan pembelajaran dalam video :
    a. Di awal pembelajaran, guru tidak menyapa siswa dengan semangat.
    b. Guru tidak mengkondisikan siswa terlebih dahulu, saat masuk kelas guru cenderung mengabaikan siswa yang sedang bermain, berbicara dengan teman-temannya. Sehingga siswa tidak memperdulikan guru yang ada di depan kelas.
    c. Guru tidak memberi motivasi kepada siswa.
    d. Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran.
    e. Guru tidak menerangkan materi dan hal-hal yang terkait dengan materi sebelumnya.
    f. Guru kurang menguasai kelas, pada proses pembelajaran terdapat seorang siswa laki-laki tertidur saat pembelajaran.
    g. Guru tidak menyimpulkan materi pelajaran yang disampaikan.
    h. Guru tidak menanyakan kepada siswa mengenai materi yang sudah dipelajari.
    i. Guru mengakhiri proses kegiatan belajar mengajar di kelas tanpa diakhiri Do’a penutup.
    3. Kelebihan pembelajaran dalam video :
    a. Guru menggunakan media Flow Chart pada proses pembelajaran yang membahas materi tentang struktur pemerintahan desa.
    b. Guru melibatkan siswa untuk memasangkan tulisan yang telah disediakan ke bagan yang terpajang di papan tulis.
    c. Siswa tampak sangat antusias untuk mengikuti pembelajaran, tampak ketika guru bertanya hampir semua siswa ingin menjawab pertanyaan guru ke depan.
    d. Materi dan proses pembelajaran sesuai dan relevan berdasarkan kurikulum.
    e. Terjadinya komunikasi yang baik antara guru dan siswa sehingga memudahkan pembelajaran
    4. Hal unik dalam pembelajaran video :
    Terlihat adanya siswa yang tertidur saat jam pelajaran. Untuk itu sebaiknya guru harus lebih mengetahui strategi untuk mengatasi masalah siswa tersebut.
    5. Rencana perbaikan yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya:
    a. Kita harus mempunyai keterampilan membuka dan menutup pembelajaran dengan baik. Supaya mencapai pembelajaran yang efektif, efisien, menarik, dan menyenangkan.
    b. Kita harus menumbuhkan perhatian, semangat siswa untuk mengikuti KBM
    c. Membantu mengingatkan siswa akan materi pelajaran yang telah disampaikan sebelumnya, sehingga memudahkan siswa menerima pelajaran yang masih berkaitan dengan materi sebelumnya.
    d. Mengulas kembali materi yang sudah dipelajari bersama dan juga memberikan kesimpulan tentang materi yang sudah dipelajari.

  4. NAMA : NUR ANISAH
    NIM : 858530201
    PRODI : S1 PGSD SEMESTER 6
    UPBJJ – UT SEMARANG
    1. Reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru:
    Di awal pembelajaran siswa sangat gaduh tidak bisa dikondisikan, namun saat pembelajaran berlangsung, siswa aktif menjawab pertanyaaan dari guru.
    2. Kelemahan pembelajaran dalam video :
    a. Di awal pembelajaran, guru tidak menyapa siswa dengan semangat.
    b. Guru tidak mengkondisikan siswa terlebih dahulu, saat masuk kelas guru cenderung mengabaikan siswa yang sedang bermain, berbicara dengan teman-temannya. Sehingga siswa tidak memperdulikan guru yang ada di depan kelas.
    c. Guru tidak memberi motivasi kepada siswa.
    d. Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran.
    e. Guru tidak menerangkan materi dan hal-hal yang terkait dengan materi sebelumnya.
    f. Guru kurang menguasai kelas, pada proses pembelajaran terdapat seorang siswa laki-laki tertidur saat pembelajaran.
    g. Guru tidak menyimpulkan materi pelajaran yang disampaikan.
    h. Guru tidak menanyakan kepada siswa mengenai materi yang sudah dipelajari.
    i. Guru mengakhiri proses kegiatan belajar mengajar di kelas tanpa diakhiri Do’a penutup.
    3. Kelebihan pembelajaran dalam video :
    a. Guru menggunakan media Flow Chart pada proses pembelajaran yang membahas materi tentang struktur pemerintahan desa.
    b. Guru melibatkan siswa untuk memasangkan tulisan yang telah disediakan ke bagan yang terpajang di papan tulis.
    c. Siswa tampak sangat antusias untuk mengikuti pembelajaran, tampak ketika guru bertanya hampir semua siswa ingin menjawab pertanyaan guru ke depan.
    d. Materi dan proses pembelajaran sesuai dan relevan berdasarkan kurikulum.
    e. Terjadinya komunikasi yang baik antara guru dan siswa sehingga memudahkan pembelajaran
    4. Hal unik dalam pembelajaran video :
    Terlihat adanya siswa yang tertidur saat jam pelajaran. Untuk itu sebaiknya guru harus lebih mengetahui strategi untuk mengatasi masalah siswa tersebut.
    5. Rencana perbaikan yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya:
    a. Kita harus mempunyai keterampilan membuka dan menutup pembelajaran dengan baik. Supaya mencapai pembelajaran yang efektif, efisien, menarik, dan menyenangkan.
    b. Kita harus menumbuhkan perhatian, semangat siswa untuk mengikuti KBM
    c. Membantu mengingatkan siswa akan materi pelajaran yang telah disampaikan sebelumnya, sehingga memudahkan siswa menerima pelajaran yang masih berkaitan dengan materi sebelumnya.
    d. Mengulas kembali materi yang sudah dipelajari bersama dan juga memberikan kesimpulan tentang materi yang sudah dipelajari.

  5. Nama : Merin Agustin
    Nim. : 855739755
    Setelah saya menyimak video di atas dapat disimpulkan bahwa kelemahan dari video tersebut yaitu Raut wajah kurang bersemangat, dan saat di dalam kelas guru kurang menjelaskan apa itu mata angin sehingga anak anak belum punya gambaran tentang mata angin.
    Kelebihan dari video tersebut yaitu
    Guru mampu menarik perhatian siswa dengan cara belajar di luar yaitu mengetahui arah mata angin dengan cara mempraktekkan secara langsung.
    Hal unik dari video di atas yaitu guru mampu memberikan apresiasi kepada anak yang sudah menjawab, guru juga mampu memberikan 2 tempat pembelajaran yaitu di dalam kelas dan di luar kelas.

  6. Nama : Septi Handayani
    NIM : 855736022
    UPBJJ : Bandar Lampung
    POKJAR : Kotaagung Tanggamus Lampung

    Sebagai guru dalam vidio diataas tidak mencerminkan ketegasan seorang guru dalam mendidik siswanya. Terlihat sekali siswa seperti tidak menghiraukan/ menghargai keberadaan guru didalam kelas.seharusnya siswa dipersiapkan terlebih dahulu sebelum memulai pembelajaran. Terkait dengan materi guru lebih mendominasi pembelajaran, siswa hanya disuruh untuk menempel, setelah beres menempel guru juga tidak menjelaskan maksud dari materi pembelajaran.

    Penggunaan media flow chart bisa membantu siswa dalam belajar, sambil menggunakan media flow chart ditengah pembelajaran guru memasukkan materinya. Diharapkan setelah belajar menggunakan metode ini siswa menjadi lebih paham tentang materi yang diajarkan.

  7. Agustini
    856577882

    Menurut saya, pada awal pembelajaran guru tidak dapat mengkondisikan suasana kelas, hal ini dapat dilihat siswa masih ribut dak sibuk dengan hal merka masing-masing. Setelah melakukan perbaikan pembelajaran pda media pembelajaran guru mendapat respon yang baik dari siswa, siswa mulai memperhatikan apa yang dijelaskan oleh guru sehingga pembelajaran berjalan dengan baik

  8. Nama : Bagus Firmansyah
    NIM : 858567927
    UPBJJ : Malang
    POKJAR : Salut Kota Kediri

    Pada video tersebut seorang guru melakukan pembelajaran mata pelajaran IPS pada materi aparatur/ perangkat desa/ kelurahan dengan menggunakan metode ceramah dan media berupa flow chart yang ditempel di depan kelas. Respon siswa pada video tersebut kurang efektif

    Kelemahan pada video pembelajaran tersebut adalah :
    a. Pada saat memulai pembelajaran, guru tidak membuka pembelajaran dengan salam dan berdoa sebelum pembelajaran dimulai serta tidak mengecek kesiapan siswa dalam pembelajaran. Dilihat pada video tersebut siswa menjadi ramai dan gaduh pada saat pembelajaran .
    b. Guru tidak memberikan penjelasan terkait materi yang diajarkan, tidak memberikan definisi aparatur/ perangkat desa/ kelurahan dan fungsinya sedangkan metode pembelajaran yang digunakan adalah ceramah.
    c. Media pembelajaran yang digunakan kurang efektif, terlihat hanya ada beberapa siswa yang maju untuk membantu guru dalam menempel struktur perangkat desa. Bahkan pada akhir video terlihat ada siswa yang tertidur.
    d. Guru tidak melakukan salam penutup dalam mengakhiri pembelajaran

    Kelebihan pada video tersebut adalah :
    a. Pengelolaan kelas yang dilakukan guru terhadap siswa yang ramai sangat baik, terlihat guru dapat mengkoordinasikan siswa untuk mengikuti pembelajaran.
    b. Penggunaan media yang baik dan menyenangkan. Terlihat siswa sangat antusias untuk membatu guru dalam menempelkan struktur perangkat desa di depan kelas.

    Hal unik yang terdapat dalam video tersebut terlihat pada guru dalam menggunakan media pembelajaran. Guru menyiapkan media pembelajaran dimana nantinya siswa diminta untuk membantu guru dalam menempelkan began sesuai urutan ke depan kelas.

  9. Nama : Sumariya Desi
    Nim : 856854717
    Pokjar : Ketahun
    Upbjj : Bengkulu

    Di sini saya ingin menyelesaikan tugas saya pada mata kuliah penguatan kemampuan mengajar (PKM) oleh bapak rodi hermayanto.

    Pada tugas PKM ini saya di tugas kan untuk menonton video dan merefleksikan serta menganalisa video tersebut.
    Dari hasil yang saya tonton video pembelajaran di atas, awalnya sih agak terkejut kenapa video di buka dengan seorang guru yang mengajar namun siswa tidak memperhatikan bahkan siswa ada yang duduk di meja. Dan bahkan yang buat terkaget nya lagi guru masih tetap berlanjut menjelaskan materi. Namun setelah saya menonton sampai habis ternyata seperti strategi atau alur Dalam video pembelajaran yang jika seorang guru mengalami hal tersebut maka di perlukan sebuah ide solusi inovasi terbaru yang harus ada agar siswa tersebut untuk senang dalam mengikuti pembelajaran yang ada
    Ternyata jika menggunakan media pembelajaran yang berupa flow chart
    Bisa membuat siswa lebih fokus dan senang mengikuti pembelajaran.
    Namun di akhir video saya masih di buat bingung karena walaupun ada nya media pembelajaran tapi masih saja ada siswa yang tidur ketika jam pembelajaran berlangsung.

    Dari sini kita tahu ternyata selain media saja peran guru dalam memperhatikan siswa sangat di butuhkan. Jadi guru menurut saya seperti power yang bisa segala hal.Pada durasi di video menit pertama siswa tidak ada respon ketika guru menjelaskan. Antara guru dan siswa masing² sibuk dengan sendirinya. Pada durasi selanjutnya ketika guru mendapatkan ide nya. Adanya keterlibatan siswa ketika proses pembelajaran dilihat dari ketika guru memberikan pertanyaan, siswa tampil di depan kelas.Untuk kelemahan nya mungkin karena video tersebut video pembelajaran yang telah lalu belum ada nya kurikulum sehingga ketika pembelajaran tidak adanya kegiatan pendahuluan dan penutup hanya kegiatan inti saja. Atau sebenarnya video di sini menjelaskan solusi buat guru jika mengalami permasalahan yang di atas. Jadi terlihat jelas akan ada kelemahan di video nya yang memperlihatkan guru terlalu fokus menjelaskan tapi tidak memperhatikan kondisi lingkungan dan respon nya.Kelebihan nya guru ketika ada persoalan dengan sigap mencari ide untuk mengatasi permasalahan. Selain itu dalam nada dan intonasi nya ada kapan waktu berbicara pelan. Hal unik yang di dapat dari video tersebut adalah saya melihat bahwa guru tersebut melakukan berbagai upaya untuk mempersiapkan, menarik minat dan perhatian serta mendorong dan menjaga keterlibatan siswa dalam pembelajaran.Upaya kelebihan dan kekurangan yang ada maka di sini saya akan mengikuti kelebihan tersebut dengan menambah inovasi reformasi yang lebih baik lagi. Dan kekurangan yang ada menjadi kan pelajaran buat saya untuk menjadi pertimbangan nantinya serta mengikuti solusi dengan melihat referensi agar pembelajaran lebih baik lagi.

  10. Nama : Yasmin Merizqia A’yun
    Nim : 858909128

    Menurut saya, pada awal video pembelajaran terlihat suasana kelas yang tidak kondusif, karena seluruh siswa tidak memperhatikan guru dan terlihat tidak tertarik terhadap materi yang di sampaikan. Mereka asik mengobrol dan berlarian di kelas, lalau guru tersebut menemukan solusinya dengan menerapkan metode mengajar dengan menggunakan flow chart.
    KELEBIHAN PEMBELAJARAN DALAM VIDEO :
    1. Guru melibatkan siswa untuk memasangkan tulisan yang telah di sediakan ke bagian yang terpajang di papan tulis.
    2. Guru menggunakan flow chart pada proses pembelajaran yang membahas materi tentang struktur pemerintahan desa.
    3. Materi dan proses pembelajaran sesuai dan relevan berdasarkan kurikulum.
    KELEMAHAN PEMBELAJARAN DALAM VIDEO:
    1. Di awal pembelajaran guru tidak menyapa siswa dengan penuh semangat
    2. Guru tidak mengkondisikan siswa terlebih dahulu saat masuk kelas.
    3. Guri tidak menyampaikan tujuan pembelajaran
    4. Guru tidak menerangkan materi dan hal hal yang terkait dengan materi sebelumnya.
    5.Guru mengakhiri proses kegiatan belajar mengajar dikelas tanpa di akhiri dengan doa.

Leave a Reply