silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan guru dengan menggunakan metode ceramah menjelaskan pemerintahan desa/kelulrahan kepada siswa kelas III SD, sementara itu siswa tampak tidak memahami mengenai apa itu aparatur/perangkat desa/ kelurahan dan fungsi dari setiap aparatur tersebut. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah melakukan pembelajaran dengan menggunakan media flowchart dengan slot card yang menjelaskan tentang struktur pemerintahan desa/kelurahan termasuk penjelasan singkat tugas pokok dan fungsinya.

Dadang Sukirman

  1. Tidak ada berdoa sebelum belajar dan penutup selesai belajar.
  2. Tidak menjelaskan tentang materi struktur organisasi pemerintahan.
  3. Sesuai peserta didik.
  4. Sesuai dengan kurikulum.

Ranny Indriany Syam S, S.Pd.

Similar Posts

58 Comments

  1. Nama : RIDHO ULIL AMRI
    NIM : 858568595
    Review video pembelajaran IPS
    PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN FLOW CHART
    https://gurupintar.ut.ac.id/index.php/2023/03/10/pembelajaran-menggunakan-flow-chart/

    Dalam video tersebut, seorang guru sedang mengajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dengan topik tentang aparatur atau perangkat desa dan kelurahan. Guru tersebut menggunakan metode ceramah dan media berupa diagram alir atau flow chart yang ditempel di depan kelas. Namun, tampaknya respon siswa terhadap metode pembelajaran yang dilakukan ini kurang mendapatkan perhatian dan cenderung tidak mendapatkan hasil yang maksimal

    Adapun beberapa kelemahan yang saya soroti dalam video pembelajaran tersebut adalah sebagai berikut:

    a. Kegiatan Pembukaan : Dalam kegiatan pembuka tampak bahwa guru tidak memulai pembelajaran dengan salam dan doa. Selain itu, guru juga tidak mengecek kesiapan siswa sebelum memulai pembelajaran. Akibatnya, siswa tampak ramai dan gaduh dan tidak memperhatikan selama proses pembelajaran terjadi.
    b. Pada Penjelasan Materi: Guru tidak memberikan penjelasan yang cukup tentang materi yang diajarkan. Tidak ada definisi yang jelas tentang apa itu aparatur atau perangkat desa dan kelurahan serta fungsinya, padahal metode pembelajaran yang digunakan adalah ceramah, sehingga siswa tidak mendapatkan materi secara sempurna.
    c. Pada Kegiatan Pembelajaran: Guru terlihat kurang interaktif dan kurang mampu menarik perhatian siswa sehingga siswa cenderung abai pada penjelasan yang diberkan oleh guru. Padahal untuk metode ceramah, guru harus mampu menarik perhatian siswa agar siswa mendengarkan sehingga materi yang diberikan dapat diserap secara efektif.
    d. Penutupan Pembelajaran: Guru tidak melakukan salam penutup saat mengakhiri pembelajaran.

    Namun, video tersebut juga memiliki beberapa kelebihan:
    a. Penggunaan Media: Penggunaan media dalam pembelajaran tampak menyenangkan dan berhasil menarik antusiasme siswa. Siswa tampak sangat antusias untuk membantu guru dalam menempelkan struktur perangkat desa di depan kelas.

  2. NAMA : NUNI LESTARI
    NIM : 857382592
    UPBJJ : BOGOR
    POKJAR : LEUWILIANG
    Menurut saya, pada awal video ditampilkan kegiatan pembelajaran yang monoton dengan metode ceramah, guru memulai pembelajaran tanpa berdoa dan apersepsi, keadaan kelas di awal belum kondusif namun guru sudah memulai pembelajaran sehingga siswa kurang terarik dengan pembelajaran tersebut.
    Setelah menggunakan media Flow Chart dapat diketahui bahwa:
    Kelebihan video
    1. Guru mampu menyiapkan peserta didik dalam keadaan rapi sebelum memulai pembelajaran.
    2. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran diawal menggunakan media pembelajaran sehingga tidak monoton.
    3. Guru dapat mengajak siswa untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran dengan cara meminta siswa menempelkan bagian struktur kepala pemerintahan tingkat desa.
    4. Siswa cukup antusias untuk aktif dan maju kedepan kelas ikut berpartisipasi.
    5. Guru memberikan timbal balik berupa apresiasi kepada siswa yang berani maju kedepan kelas.

  3. Nama : Entelina Hutajulu
    NIM : 856095314
    UPBJJ : Medan
    Pokjar : Asahan

    https://gurupintar.ut.ac.id/index.php/2023/03/10/pembelajaran-menggunakan-flow-chart/
    Pembelajaran Dengan Menggunakan Media Flowchart
    Menurut analisa saya pada vidio pembelajaran dengan menggunakan media flowchart dengan topik Struktur Pemerintahan Desa memiliki kekurangan yaitu
    1. Pada kegiatan pembelajaran guru tidak mengajak siswa berdoa sebelum dan sesudah melaksanakan pembelajaran.
    2. Pada saat akan memulai pembelajaran guru tidak mencek kesiapan siswa , sehingga pada saat pembelajaran berlangsung siswa ada yang ribut dan ada yang jalan- jalan di kelas.
    3. Guru tidak menjelaskan materi tentang struktur pemerintahan desa

    Selain memiliki kekurangan vidio pembelajaran ini juga memiliki kelebihan yaitu:
    1. Dalam Vidio pembelajaran ini menggunakan media pembelajaran Flowchart sehingga guru dapat menarik perhatian siswa untuk ikut aktif menempelkan Struktur Pemerintahan Desa.
    2. Guru mampu menguasai kelas.

  4. Nama : Melinda Ismawati
    NIM : 857571917
    Program Studi : S1 PGSD
    Semester : 8
    UPBJJ : Purwokerto

    Setelah mengamati dan menganalisis video pembelajaran tersebut, maka saya menemukan beberapa hal kelebihan dan kekurangan yang saya rangkum dibawah ini, antara lain :
    Kelebihan :
    1) Guru Menggunakan media pembelajaran yang menarik untuk menarik rasa ingin tahu siswa
    2) Guru mengajak siswa untuk ikut aktif dan terjun langsung dalam pembelajaran, sehingga siswa ikut berkontribusi dalam penggunaan media pembelajaran, dimana dapat membuat pembelajaran lebih bermakna, pembelajaran yang bermakna akan lebih mudah masuk kedalam pikiran dan ingatan anak.
    3) Anak menjadi aktif dalam pembelajaran, semua siswa ingin berpartisipasi untuk memasangkan flow chart.
    4) Pembelajaran menjadi menyenangkan bagi siswa karena semua siswa merasa pembelajaran dengan flow chart seperti belajar sambil bermain
    5) Guru memberikan apresiasi tepuk tangan dan kalimat “bagus sekali” kepada setiap anak yang maju ke depan, strategi ini dapat membangkitkan rasa percaya diri anak.
    Kekurangan :
    1) Guru tidak melakukan cek kehadiran siswa (presensi)
    2) Pada video pembelajaran tersebut terdapat kekurangan dalam keterampilan dasar mengajar khususnya dalam pengelolaan kelas. Seorang guru yang professional harus mampu mengelola kelas dengan baik. Terlihat pada awal pembelajaran guru tidak ada apersepi pembelajaran yang mana tahap apersepsi pembelajaran sangat penting dikarenakan membuat anak terfokus pada Pelajaran yang akan dilakukan.
    3) Guru tidak mengaitkan materi pembelajaran pada hari itu dengan materi pembelajaran sebelumnya, padahal mengaitkan materi sebelumnya dengan materi yang akan diajarkan dapat menggugah ingatan siswa kembali dan siap untuk mengikuti pembelajaran
    4) Strategi pembelajaran kurang menarik karena pada awalnya guru hanya ceramah yang membuat siswa cenderung bosan dan tidak mendengarkan penjelasan yang diberikan oleh guru
    5) Guru tidak melakukan refleksi bersama siswa diakhir pembelajaran

  5. Nama : ayu Indriani
    Nim :856574167
    Pokjar : kota Jambi

    Didalam vidio ini pada awal pembelajaran guru tidak melakaukan langkah-langkah pembelajaran dengan baik, seperti pembuka, pembahasan, dan penutup. Tetapi beberapa hal baik yang saya dapat dari vidio ini yaitu seorang siswa sekolah dasar kemungkinan rentang bermain karena usianya dan pasif dalam pembelajaran, sehingga seorang guru dituntut memilki berbagai alternatif yang harus dipakai dalam proses pembelajaran. Agar mencapai tujuan pembelajaran, pada materi IPS disekolah dasar memiliki banyak pembahasan sehingga jika guru hanya menggunakan metode ceramah saja maka pembelajaran tidak tercapai siswa yang pasir dalam belajar, tidak aktif bahkan bermain dengan teman sebelah, langkah menggunakan metode flow chat merupakan hal baik dalam pembelajaran karena siswa lebih mengerti dan materi yang disampaikan bisa dipahami dengan cepat dan tepat dengan waktu yang singkat.

  6. Setelah menonton video diatas, saya menyimpulkan kekurangan dalam kegiatan pembelajaran divideo tersebut adalah :
    * Guru belum menguasai kelas, seperti yang terlihat didalam video, yang mana didalam kelas nampak ribut, siswanya asyik cerita sama temannya yang lain, tanpa memperhatikan gurunya ketika menyampaikan materi.
    * Gurunya juga mengajak siswa nya untuk berdoa sebelum memulai pembelajaran.
    * Gurunya tidak mengatur muridnya untuk duduk rapi dan bersiap mengikuti kegiatan belajar-mengajar.
    Hal tersebut mungkin terjadi beberapa faktor, diantaranya yaitu: gurunya kurang tegas dan strategi pembelajaran nya kurang menarik, sehingga muridnya merasa bosan dan juga siswa nya sulit memahami materi yang telah disampaikan oleh gurunya, serta penyebab nya adalah kurangnya alat/media yang digunakan untuk menarik perhatian murid ketika pembelajaran berlangsung.

    Terimakasih

  7. Nama : Annisah Mariato
    Nim : 859763679
    Judul vidio : pembelajaran menggunakan flow cart
    Kesimpulan yang dapat saya ambil setelah menonton video diatas adalah kekurangan dalam kurangnya kegiatan pembelajaran :
    1. Guru belum terlalu menguasai pengelolaan kelas, seperti yang terdapat didalam video, yang mana didalam kelas nampak ribut, masih terdapat siswanya asik cerita dengan siswa yang lain, tanpa memperhatikan gurunya yang sedang menjelaskan didepan.
    2. Gurunya tidak mengatur muridnya untuk duduk rapi dan bersiap mengikuti kegiatan belajar-mengajar.

  8. NAMA : RISMA
    NIM : 859762004

    Setelah saya menonton dan menganalisis video di atas, yaitu materi tentang pembelajaran dengan menggunakan media flowchart. Saya melihat guru tampak memulai pembelajaran dikelas tanpa dimulai dengan doa terlebih dahulu, guru juga tidak menjelaskan tentang apa itu struktur organisasi, dan apa itu struktur organisasi desa. Guru juga tampak kurang menguasai kelas, tampak pada proses pembelajaran terdapat seorang siswa laki-laki sedang tidur. Tetapi saya melihat kelebihan pada pembelajaran yang dilaksanakan yaitu guru tampak menggunakan media pada proses pembelajaran serta guru juga tampak melibatkan siswa secara langsung.

Leave a Reply