silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menjelaskan tentang bagaimana sebaiknya guru memperkenalkan tanda birama kepada anak didiknya. Pada umumnya tanda birama dijelaskan terbatas hanya sebagai teori saja, guru menjelaskan tanda birama hanya nama, jenis, dan pengertiannya (dalam bentuk verbal). Seharusnya komponen musik ini diperkenalkan langsung dalam nuansa musik itu sendiri. Dengan demikian anak didik menjadi paham betul yang namanya tanda birama.
Hj. Endiyah Riyawati, S.Pd.
–
–
–
–
Nama : Dimas Bayu Segara
Nim : 858821001
Prodi : S1 PGSD Pokjar Kepanjen
Setelah saya mengamati video tersebut terdapat beberapa catatan yang bisa saya berikan, yaitu :
1. Dalam pembelajaran tersebut rekasi siswa tampak sangat memperhatikan apa yang di jelaskan oleh guru, mereka juga tampak senang dan aktif dalam bertanya maupun menjawab.
2. Kelemahan dalam pembelajaran tersebut tidak adanya pendahuluan yang dilakukan guru, sehingga terkesan guru ingin langsung menyampaikan pada inti pembelajarannya.
3. Kelebihan dalam pembelajaran tersebut guru sudah bisa menguasai kelas dengan terus aktif untuk melibatkan para siswa di dalam pembelajarannya.
Nama : Rita Camelia
NIM : 858819692
Prodi : S1 PGSD Pokjar Kota Kediri
Selamat Pagi
Izin berdiskusi
Berdasarkan vidio yang saya lihat diatas tentang” Mengenal Tanda Birama” , saya melihat anak – anak didik sangat bersemangat dan aktif dalam pembelajaran tersebut, namun ada beberapa kekurangan didalam vidio tersebut, antara lain,
1. Tidak diawali dengan berdoa terlebih dahulu.
2. Penggunaan media sangatlah dibutuhkan, seperti buku lagu dan musik untuk menguatkan
pemahaman siswa.
3. Dalam vidio tersebut tidak disertai umpan balik untuk siswa.
4. Tidak disertai penutupan pembelajaran dalam vidio tersebut.
Namun ada beberpa kelebihan dari vidio tersebut antara lain,
1. Diawali dengan menyemangati anak – anak.
2. Guru mengajak anak – anak untuk aktif bernyanyi bersama dan mempraktikan lagu
Menggunakan birama yang telah dipelajari.
Sekian Pendapat dari saya
Terimakasih
Nama = Sukma Angraini
Nim. = 856456869
Program studi = PGSD S-1
Setelah saya mengamati video diatas mengenai “Mengenal tanda birama” , saya melihat bahwa :
1. Reaksi anak-anak murid yang sangat aktif dan antusias dengan pembelajaran yang sedang berlangsung.
2. Mengenai kekurangan pada video diatas ialah :
– Guru tidak melakukan pengawalan pembelajaran dengan berdoa
– Guru tidak menggunakan media untuk membantu siswa agar lebih memahami
– Guru tidak melakukan penutupan pembelajaran
3. Mengenai kelebihan pada video diatas ialah :
– Guru mengawali dengan memberikan semangat kepada para siswa
– Guru sangat menguasai materi dengan baik
– Guru dapat mengorganisir kelas dengan sangat baik
4. Hal unik yang saya temui dalam video diatas ialah guru tersebut menggunakan telapak tangannya langsung untuk mempraktikkan pembelajaran yang sedang diberikannya.
5. Upaya yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran selanjutnya ialah dengan lebih meningkatkan penggunaan media ajar agar siswa lebih mudah memahami.
Sekian pendapat dari saya,
Lebih dan kurang saya mohon maaf,
Terimakasih
Nama : Anisa Wulan Rahmawati
NIM : 857810418
Prodi : S1 PGSD pokjar Klaten
Hasil analisis saya terhadap video diatas adalah :
– siwa akan lebih mudah memahamj jika dalam pembelajaran ada praktek langsung.
– cara memberi materi simpel sehingga siswa tidak kesulitan dalam menerima materi.
– kurangnya media ajar untuk menjelaskan teori tersebut.
Demikian dari saya, terimakasih
Nama : agastha Theo perwira
Nim :858401735
Prodi : S1 PGSD
matkul : Pemantapan kemampuan profesional (PDGK4501)
Penjelasan yang diberikan sudah sangat baik, pemberian materi dan bagaimana cara bu guru mengajar sudah sangat baik yang terlihat dari bagaimana reaksi para siswa yang terlihat fokus dan bersemangat.
Komunikasi yang dilakukan bu guru juga berjalan dengan baik yaitu komunikatif dan interaktif.
Namun meskipun begitu masih ada beberapa siswa yang masih bicara dan hilang fokus saat pembelajaran berlangsung. Terlihat bu guru yang masih mencoba untuk mengalihkan fokus Anak untuk masuk kedalam pembelajaran.
Ada beberapa siswa yang kurang aktif bertanya yang membuat mereka menjadi bosan dan hanya diam saja, namun meskipun begitu, satu atau dua siswa terlihat aktif bertanya dan memahami materi dengan baik.
Nama : Rahma Amalia
NIM : 858821588
Prodi : PGSD S-1 Pokjar Kota Batu
Assalamualaikum wr.wb
Selamat siang, izin menanggapi video di atas.
Berdasarkan video yang saya lihat dan saya amati tentang “Pengenalan Tanda Birama” hasil analisis saya sebagai berikut:
1. Dalam video tersebut siswa antusias dan bersemangat dalam mengikuti pembelajaran. Guru tampak pandai menguasai kelas, seluruh siswa memperhatikan apa yang dijelaskan oleh guru, siswa pun juga aktif bertanya.
2. Kekurangan video: Dalam proses pembelajaran tidak diawali dan diakhiri dengan berdo’a terlebih dahulu. Cara membuka pembelajaran kurang menarik perhatian siswa, guru terlalu langsung membuka, tanpa ada persepsi yang baik, seperti bercerita atau bertanya berkaitan kehidupan sehari-hari yang sesuai materi. Tidak ada evaluasi serta kesimpulan untuk mengukur tingkat pemahaman siswa.
3. Kelebihan video: Guru mengajak siswa secara langsung untuk mempraktikkan tanda birama dengan menunjuk siswa untuk maju ke depan menyanyikan sebuah lagu.
Nama : Rahma Amalia
NIM : 858821588
Prodi : PGSD S-1 Pokjar Kota Batu
Assalamualaikum wr.wb
Selamat siang, izin menanggapi video di atas.
Berdasarkan video yang saya lihat dan saya amati tentang “Pengenalan Tanda Birama” hasil analisis saya sebagai berikut:
1. Dalam video tersebut siswa antusias dan bersemangat dalam mengikuti pembelajaran. Guru tampak pandai menguasai kelas, seluruh siswa memperhatikan apa yang dijelaskan oleh guru, siswa pun juga aktif bertanya.
2. Kekurangan video: Kegiatan pembelajaran tidak diawali dan diakhiri dengan berdo’a terlebih dahulu. Guru langsung membuka pembelajaran tanpa adanya pendahuluan seperti bertanya atau menanyakan kabar. Pada akhir pembelajaran guru perlu memberikan kesimpulan tentang materi yang diajarkan.
3. Kelebihan video: Guru mengajak siswa secara langsung untuk mempraktikkan tanda birama dengan menunjuk beberapa siswa untuk maju ke depan menyanyikan sebuah lagu.
Saya setuju dengan pendapat saudara, dengan guru mengajak siswa untuk mempraktikkan lagu menjadikan siswa lebih paham mengenal tanda birama
Nama :Khusna fadhillah
Nim : 857697345
Prodi : S1 pgsd (Pokjar Kedungwuni)
Menurut saya reaksi anak-anak murid yang sangat aktif dan antusias dengan pembelajaran yang sedang berlangsung.
kekurangan pada video diatas ialah guru tidak melakukan pengawalan pembelajaran dengan berdoa,guru tidak menggunakan media untuk membantu siswa agar lebih memahaminya tentang materi birama,di akhir pembelajaran guru tidak melakukan penutupan pembelajarannya, kesimpulan dan evaluasi.
Kelebihan guru dalam mengajar diatas ialah :Guru mengawali dengan memberikan semangat kepada para siswa, Guru sangat menguasai materi dengan baik ,guru dapat mengorganisir kelas dengan sangat baik.
Hal unik dalam pembelajaran yaitu guru tersebut menggunakan telapak tangannya langsung untuk mempraktikkan pembelajaran yang sedang diberikannya fan mengajak anak-anak untuk berpartisipasi.
Solusi yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran selanjutnya ialah dengan lebih meningkatkan penggunaan media ajar agar siswa lebih mudah memahami pembelajaran yang sedang dilakukan.
Nama : Mia Rusiana
NIM : 858048994
PRODI : PGSD S1
Setelah menyaksikan video tentang “pengenalan tanda birama” ada beberapa kelebihan dan kekurangannya
Kelebihannya
1. Guru dapat menguasai kelas sehingga anak dapat aktif dalam pelajaran tersebut
2. Guru mengajak siswa langsung untuk mempraktikan dan mencontohkan tanda birama dengan tepuk tangan
Kekurangannya
1. Pada saat kegiatan pembelajaran tidak dilakukannnya kegiatan awal dan kegiatan akhir. Guru hanya langsung membuka pelajaran tanpa adanya pendahuluan.