silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Similar Posts

54 Comments

  1. Nama : Arum kusumawati
    Nim : 856983143
    Prodi : S1-PGSD
    Pokjar : Banjar Agung (semester 6)

    Berikut ini hasil pengamatan saya setelah menyaksikan video “Yuk Mengarang Bebas”. Menurut pendapat saya pada kegiatan awal seorang guru langsung memberikan tugas mengarang dengan tema tamasya. Setelah itu guru langsung menyampaikan tugas kepada anak anak tanpa adanya penyampaian materi terlebih dahulu. Sehingga Setelah memberikan tugas ada beberapa anak yang sibuk bermain dengan temannya dan beberapa anak yang terlihat kebingungan dalam mengerjakan tugas yang telah diberikan oleh guru tersebut. Hal ini terjadi karena guru langsung memberikan tugas tanpa menyampaikan atau menjelaskan materi dan memberikan contoh atau langkah – langkah membuat karangan bebas kepada anak anak tersebut. Setelah guru melihat permasalahan yang dialami oleh anak anak tersebut, guru tersebut membuat tindakan dengan mengarahkan siswa dan memberikan langkah – langkah untuk mengerjakan tugas mengarang tersebut dengan benar.
    1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru ?
    Jawab :
    Berdasarkan video tersebut telihat sangat jelas bahwa Anak-anak kurang aktif dan bersemangat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.

    2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran ?
    Jawab :
    Pada kegiatan awal terlihat jelas bahwa Tidak ada apersepsi kepada anak anak sebelum memulai pembelajaran, serta guru kurang menjelaskan secara detail mengenai karangan bebas kepada anak anak sehingga mereka kebingungan saat diberikan tugas oleh guru tersebut.

    3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran ?
    Jawab :
    Kelebihan dari Guru tersebut saat melakukan kegiatan pembelajaran yaitu guru tersebut aktif dalam memperhatikan siswa satu per-satu, selain itu guru tersebut berjalan berkeliling untuk mengecek perkerjaan siswa nya.

    4. Hal–hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran ?
    Jawab :
    Dalam vidio tersebut terlihat bahwa guru berusaha membuat suasana kelas lebih santai, lebih tenang dengan menghampiri dan bertanya kepada siswa . Selain itu guru juga yang bisa membuat suasana kelas yang begitu kondusif dan menyenangkan.

    5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya ?
    Jawab :
    –pertama alangkah baiknya sebelum memulai kegiatan pembelajaran guru tersebut harus menyapa siswa terlebih dahulu, berdoa sebelum kegiatan pembelajaran, mengabsen kehadiran siswa dan menyampaikan sekilas tentang apa yang akan dibahas hari ini, serta memberikan apresiasi kepada siswa.
    – kedua alangkah baiknya guru memberikan penjelasan mengenai materi yg akan di bahas selam kegiatan pembelajaran sehingga memudahkan siswa .

  2. NAMA : SABILAH KHAIRUNNISA
    NIM: 857098527
    PRODI : S1-PGSD
    POKJAR : JAKARTA

    Berikut ini hasil pengamatan saya setelah menyaksikan video “Yuk Mengarang Bebas”.
    Sinopis Ringkasan isi Video
    Pembelajaran yang di siapkan cukup matang. Penyampaian mudah di pahami karna guru menggunakan bahasa yang sederhana.

    Kelemahan Pembelajaran Dalam Video
    • Guru kurang ekspresi dalam mengajar menggunakan muka yang datar tidak tersenyum
    • Tidak ada motivasi dalam kagiatan pembelajaran
    • Guru kurang antusias/semangat dalam pembelajaran

    Kelebihan Pembelajaran Dalam Video
    • Strategi penyusunan sudah baik
    • Guru menerangkan pembelajaran sangat jelas
    • Suasana cukup kondusif, siswa semua menikmati pembelajaran

    Hal Unik Yang Terdapat Dalam Pembelajaran Video
    Materi bertemakan TAMASYA. Menurut saya tamasya ini sangat unik dan menarik.

  3. Nama: Dewi Nurdianingsih
    Nim:856023797
    Prodi: S1 PGSD

    dari vidio tersebut terlihat bahwa reaksi siswa kurang antusias dan bersemangat,dan guru kurang memotivasi siswa dalam kegiatan pembelajaran. Selain itu mempunyai kelebihan yaitu pandai membuat gambar yang mendorong fokus siswa.

  4. Nama: Risdayanti Duha
    NIM: 835285245
    Prodi: S1-PGSD

    Menurut saya dari video diatas, guru masih ada kekurangan dalam menjelaskan materi sehingga siswa masih banyak yang tidak mengerti pembelajaran mengarang bebas. Seharusnya dalam pembelajaran itu guru dapat menjelaskan lebih detail. kelebihannya dalam pengelolaan kelas baik

  5. Nama: Risdayanti
    NIM: 835285245
    Prodi: S1 PGSD

    Dalam video diatas guru sedang memberkan tugas kepada siswa untuk mengarang. Tetapi siswanya masih kurang memperhatikan atau main-main dan tidak mengerkajan tugas. Hal ini tentu saja karena pada awal tadi guru belum memberikan cara-cara atau langkah-langkah dalam membuat tugas mengarang. untuk itu pada video selanjutnya terlihat guru memberikan arahan bagaimana langkah-langkah dalam mengarang kepada siswa. Sehingga siswa lebih paham mengenai caranya membuat sebuah karangan. Dalam hal ini pengarahan dan petujuk dari guru sangat diperlukan dalam memberika sebuah tugasa. Video diatas sangat menginspirasi dan memberikan contoh yang baik bagi kita sebagai seorang guru.

  6. Nama : nur aminatun Najah
    Nim : 858696994
    Prodi : pgsd/upbjj surabaya

    Pada kelas bawah mengarang bebas masih menjadi sesuatu yang sulit bagi anak-anak, mereka masih banyak yang kesulitan dalam mengarang bebas, pada vidio pertama guru tidak memberi arahan yang tepat sehingga anak-anak kesulitan dalam mengerjakan tugas mereka masih banyak yang kesulitan dalam mengarang cerita.namun pada vidio ke 2 sikap guru menurut saya sudah tepat dengan memancing karangan bebas dari siswa melalui pertanyaan” yang diberikan guru

    Masukan ~ sebaiknya guru memberikan pembuka seperti salam berdoa dan juga menanyakan kabar kepada siswa

  7. Nama: Nabila Qurrotuaini
    Nim: 857113866
    Pokjar: Makasar
    Smt/Prodi: 6/S1 PGSD

    1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru ?
    Jawab :
    Anak kurang fokus dalam pembelajaran, kurang aktif atau tidak bersemangat dan cenderung bosan dalam mengikuti pembelajaran.

    2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran ?
    Jawab :
    Tidak ada apersepsi sebelum memulai pembelajaran seperti menanyakan kabar, mengabsen siswa, memberitahu materi apa saja yang akan dibahas hari ini dan mengaitkan pembelajaran kemarin ke pembelajaran sekarang, tidak adanya media seperti gambar, atau video singkat tentang tamasya sehingga siswa memiliki gambaran dalam mengarang bebas, serta guru kurang menjelaskan secara detail mengenai karangan bebas kepada siswa sehingga siswa merasa kebingungan saat diberikan tugas oleh guru.

    3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran ?
    Jawab :
    Guru aktif dalam memperhatikan siswa satu persatu, dengan memperhatikan gerak-gerik siswa yang kurang fokus, juga berjalan berkeliling untuk mengecek perkerjaan siswanya sehingga tidak ada yang tertinggal dalam mengerjakan tugas tersebut.

    4. Hal–hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran ?
    Jawab :
    Guru yang berusaha membuat suasana lebih santai dengan menghampiri dan menanyai siswa satu-persatu (tidak terfokus kepada 1 siswa saja) dan guru yang bisa membuat suasana kelas menjadi kondusif kembali.

    5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat dilakukan guru untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya ?
    Jawab :
    – Sebaiknya sebelum memulai pembelajaran guru terlebih dahulu menyapa, menanyakan kabar, mengabsen, dan menyampaikan sekilas tentang apa yang akan dibahas hari ini (Apersepsi) dan mengaitkan materi sebelumnya ke materi yang sekarang.
    – Guru harus memberikan penjelasan dan contoh yang lebih detail berupa media seperti gambar atau video singkat mengenai topik yang akan dibahas sehingga siswa dapat memahami dengan baik dan dapat dimengerti serta membangkitkan semangat belajar siswa sehingga siswa tidak bosan dalam mengikuti pembelajaran.

  8. Nama: Nabila Qurrotuaini
    Nim: 857113866
    Pokjar: Makasar
    Smt/Prodi: 6/S1 PGSD

    Setelah saya menyimak video pembelajaran diatas reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru ialah Anak kurang fokus dalam mengikuti pembelajaran, kurang memahami penugasan yang disampaikan dalam pembelajaran kurang aktif atau tidak bersemangat dan cenderung bosan dalam mengikuti pembelajaran. menurut saya, kelemahan guru dalam menyampaikan pembelajaran yakni Tidak adanya apersepsi sebelum memulai pembelajaran seperti menanyakan kabar, mengabsen siswa, memberitahu secara singkat materi apa saja yang akan disampaikan hari ini dan guru tidak mengaitkan pembelajaran kemarin ke pembelajaran sekarang, dan juga tidak adanya media seperti gambar, atau video singkat tentang topik yang akan dibahas sehingga siswa tidak memiliki gambaran dalam mengarang bebas, serta guru kurang menjelaskan secara detail mengenai karangan bebas kepada siswa sehingga siswa merasa kebingungan saat diberikan tugas oleh guru. kelebihan yang dimiliki guru dalam pembelajaran tersebut yakni; Guru aktif dalam memperhatikan siswa satu persatu, dengan memperhatikan gerak-gerik siswa yang kurang fokus, menanyakan hal-hal apa saja yang tidak di pahami siswa, juga berjalan berkeliling untuk mengecek perkerjaan siswanya sehingga tidak ada yang tertinggal dalam mengerjakan tugas tersebut. hal yang dapat ditemukan dalam pembelajaran yaitu; Guru yang berusaha membuat suasana lebih santai dengan menghampiri dan bertanya kepada siswa satu-persatu (tidak terfokus kepada 1 siswa saja) sehingga suasana kelas menjadi kondusif kembali. menurut saya setelah mengamati video tersebut upaya yang dapat dilakukan guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yaitu; guru seharusnya sebelum memulai pembelajaran guru terlebih dahulu menyapa, menanyakan kabar, mengabsen, dan menyampaikan sekilas tentang apa yang akan dibahas hari ini (Apersepsi) dan mengaitkan materi sebelumnya ke materi yang sekarang dan bertanya terkait materi yang akan disampaikan sehingga suasana kelas menjadi hidup dan anak akan terfokus kepada guru dalam mengikuti pembelajaran. selanjutnya, Guru harus memberikan penjelasan dan contoh yang lebih detail berupa media seperti gambar atau video singkat mengenai topik yang akan dibahas sehingga siswa dapat memahami dengan baik dan dapat dimengerti serta membangkitkan semangat belajar siswa sehingga siswa tidak bosan dalam mengikuti pembelajaran.

  9. Nama : Ida Ayu Safitri
    NIM : 858901789
    C. Video 2 : Bahasa Indonesia SD

     Kesulitan menulis karangan atau narasi

    Menurut analisa saya terkait video ini yaitu guru sudah melakukan tahapan pembelajaran yang cukup baik. Guru memulai pembelajaran dengan menyampaikan materi yang akan dipelajari terlebih dahulu, kemudian memastikan kesiapan dalam kegiatan belajar serta menghampiri siswa yang bergurau sendiri guna mengkondisikan kegiatan belajar mengajar supaya berjalan secara optimal. Dari sini terlihat bahwa guru harus tanggap dengan siswa yang bermain sendiri agar

    situasi pembelajaran tidak terganggu dan kondusif. Selain itu adanya siswa yang kesulitan dalam menulis karangan cerita, dimana siswa tersebut diam. Disini guru perlu adanya kepekaan terhadap siswa tersebut, bukan hanya mengajari secara individu tetapi menyeluruh melalui penjelasan sebelum memberi tugas. Hal yang diperhatikan sebelum menulis karangan yakni menentukan gambaran (kerangka karangan) atau langkah-langkah yang dilakukan misalnya selama bertamasya. Nah hal itu dicantumkan dalam bentuk kalimat, yang dimana akan disusun kalimat satu dengan yang lainnya sehingga berkembang menjadi sebuah paragraf. Setelah itu, hasil akhir guru mengecek pekerjaan masing-masing siswa.
    D. Saran Perbaikan untuk Video tersebut

    Menurut analisa saya terkait video ini ada beberapa yang perlu diperbaiki pada awal pembelajaran, yaitu sebelum meminta siswa menulis karangan atau narasi seharusnya guru mengingatkan urutan dalam menuliskan sebuah narasi memiliki tahapan-tahapan. Hal yang diperhatikan, kita harus mengetahui pengertian karangan, langkah-langkah mengembangkan suatu karangan atau narasi dan menuliskan karangan yang baik dan benar. Dalam video tersebut, guru memberi tugas tanpa menjelaskan terlebih dahulu akhirnya terdapat beberapa siswa yang mengalami kesulitan dalam mengerjakan. Guru seharusnya memberi gambaran atau contoh karangan lain yang bisa dijadikan acuan siswa agar tidak bingung sebelum tugas diberikan. Selain itu, kurangnya kosa kata yang diketahui oleh siswa membuat sulit dalam mengolah kata sehingga perlu adanya pengarahan atau cara menulis karangan melalui susunan pertanyaan yang kemudian dapat dirangkai dengan kata sambung sehingga menjadi suatu narasi atau karangan yang tepat.

  10. Nama : Ida Ayu Safitri
    NIM : 858901789

    C. Video 2 : Bahasa Indonesia SD
     Kesulitan menulis karangan atau narasi

    Menurut analisa saya terkait video ini yaitu guru sudah melakukan tahapan pembelajaran yang cukup baik. Guru memulai pembelajaran dengan menyampaikan materi yang akan dipelajari terlebih dahulu, kemudian memastikan kesiapan dalam kegiatan belajar serta menghampiri siswa yang bergurau sendiri guna mengkondisikan kegiatan belajar mengajar supaya berjalan secara optimal. Dari sini terlihat bahwa guru harus tanggap dengan siswa yang bermain sendiri agar

    situasi pembelajaran tidak terganggu dan kondusif. Selain itu adanya siswa yang kesulitan dalam menulis karangan cerita, dimana siswa tersebut diam. Disini guru perlu adanya kepekaan terhadap siswa tersebut, bukan hanya mengajari secara individu tetapi menyeluruh melalui penjelasan sebelum memberi tugas. Hal yang diperhatikan sebelum menulis karangan yakni menentukan gambaran (kerangka karangan) atau langkah-langkah yang dilakukan misalnya selama bertamasya. Nah hal itu dicantumkan dalam bentuk kalimat, yang dimana akan disusun kalimat satu dengan yang lainnya sehingga berkembang menjadi sebuah paragraf. Setelah itu, hasil akhir guru mengecek pekerjaan masing-masing siswa.
    D. Saran Perbaikan untuk Video tersebut

    Menurut analisa saya terkait video ini ada beberapa yang perlu diperbaiki pada awal pembelajaran, yaitu sebelum meminta siswa menulis karangan atau narasi seharusnya guru mengingatkan urutan dalam menuliskan sebuah narasi memiliki tahapan-tahapan. Hal yang diperhatikan, kita harus mengetahui pengertian karangan, langkah-langkah mengembangkan suatu karangan atau narasi dan menuliskan karangan yang baik dan benar. Dalam video tersebut, guru memberi tugas tanpa menjelaskan terlebih dahulu akhirnya terdapat beberapa siswa yang mengalami kesulitan dalam mengerjakan. Guru seharusnya memberi gambaran atau contoh karangan lain yang bisa dijadikan acuan siswa agar tidak bingung sebelum tugas diberikan. Selain itu, kurangnya kosa kata yang diketahui oleh siswa membuat sulit dalam mengolah kata sehingga perlu adanya pengarahan atau cara menulis karangan melalui susunan pertanyaan yang kemudian dapat dirangkai dengan kata sambung sehingga menjadi suatu narasi atau karangan yang tepat.

Leave a Reply