silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.

Netti Hernawati

Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.

Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.

Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.

Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.

Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.

Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.

Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .

Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .

Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada  anak  .

Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.

Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.

Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)

Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.

Evanigustiningtyas

Similar Posts

2,753 Comments

  1. Assalamualikum
    Nama :Siti umu farikhah
    Nim :858735122
    Pokjar :Waru sidoarjo

    A. Identitas Video yang saya Saksikan Judul : Sulit Mengenal Konsep Bilangan
    Nama Pengembang : Netti Hernawat
    Lokasi/Tepat : Diruang Kelas
    Kelompok : Taman Kanak-kanak (TK)
    RINGKASAN MATERI VIDIO: Dalam video tersebut guru telah memaparkan cara pembelajaran guru dalam mengenalkan konsep bilangan kepada anak usia dini. Guru tersebut sudah bagus sekali dalam menyampaikan materi dan mengajak anak-anak mengenal konsep bilangan dengan cara bermain sambil belajar, dengan cara guru memanggil anak didiknya untuk berdiri dan mengambil bola sesuai dengan perintah guru.Lalu guru mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.

    B. Prinsip Assement : Guru memberikan pembelajaran dengan bermain,bernyanyi-nyanyi ,bertepuk tangan dan memberikan penguatan dengan memberi lembar kerja ,dan guru memberikan reaward gambar bintang kepada anak-anak didik yang mengerjakan tugas sehingga anak merasa bangga dengan keberhasilannya. Prinsip Evaluasi : Guru belum melakukan evaluasi. Disini guru hanya melakukan KBM, guru tidak mereview pembelajaran yang telah dilakukan sehingga guru tidak tahu anak yang sudah dapat mengenal konsep bilangan dengan anak yang belum mengenal konsep bilangan.

    C. Jelaskan pendapat Anda, hal apa saja yang perlu diperbaiki pada proses pembelajaran yang Guru lakukan dalam video tersebut. ?Pada dasarnya yang dilakukan guru pada video diatas sudah baik, memberikan cara yang berfariasi dalam mengajarkan konsep bilangan pada anak.dan ada beberapa yang harus diperbaiki oleh guru yaitu guru harus lebih ceria saat mengajar dan antusias, untuk media lebih kreatif lagi untuk menarik anak-anak

  2. Nama: Ruhul Aini
    NIM: 857610162
    Program Studi: S1 PG PAUD
    UPBJJ: Purwokerto
    Pokjar: Brebes

    3
    a. Identitas video
    Judul: Anak Sulit Mengenal Konsep Bilangan
    Nama pengembang: Netti Hermawati
    Lokasi: Di dalam kelas
    Kelompok: TK

    Setelah melihat video tersebut menurut saya dalam penyampaian metode pembelajarannyaa sudah bagus dan jelas sehingga anak-anak langsung bisa memahami apa yang di intruksikan oleh guru tersebut. Sebelum memulai pelajaran yang lebih dalam anak-anak diajak bermain sambil belajar dahulu yaitu bermain menghitung bola, menyanyikan lagu yang mengenalkan bilangan, dan menghitung sepidol. Setelah itu baru anak-anak diberikan penguatan dengan belajar menghitung simbol simbol, serta untuk mengapresiasi anak-anak yang telah mengenal konsep bilangan dengan memberikan bintang.

    Untuk kekurangannya, sebelum memulai belajar sambil bermain mungkin bisa melakukan gerak dan lagu atau tepuk dengan tujuan untuk memunculkan semangat anak dalam belajar. Dan untuk gambar simbol simbonya juga bisa di perbesar lagi atau di variasikan dengan warna warna yang mencolok untuk menarik perhatian anak.

    Demikian tanggapan saya, kurang lebihnya mohon di maafkan. Sekian dan terimakasih.

  3. Nama :Yosei Pramita Irawaty Siregar
    NIM :856031913
    UPBJJ :12 MEDAN
    POKJAR:ASAHAN

    Vidio Pembelajaran :Pengembangan Kognitif PAUD(Sulit Mengenal Konsep Bilangan)

    Lokasai :Ruang Kelas TK

    Dalam video tersebut guru mengenalkan konsep bilangan kepada anak TK dengan berbagai cara seperti menghitung bola, melingkari lambang bilangan, bernyanyi sambil bertepuk tangan. Guru juga melakukan interaksi dengan siswa,mengajak siswa untuk mampu menyelesaikan tugas sesuai dengan petunjuk. Memberikan penghargaan kepada siswa berupa reward stempel bintang di tangan.
    Namun ada baiknya pada saat awal pembelajaran guru mengajak anak dengan berbagai kegiatan yang menambah semangat anak terlebih dahulu seperti bermain lompat langka atau permainan lainnya yang menambah semangat anak.
    Guru juga dapat terlebih dahulu mengenalkan konsep bilangan dengan bentuk tulisan dengan alat bantu Flash Card.

  4. Nama :Yosei Pramita Irawaty Siregar
    NIM :856031913
    UPBJJ :12 MEDAN
    POKJAR:ASAHAN

    Vidio Pembelajaran :Pengembangan Kognitif PAUD(Sulit Mengenal Konsep Bilangan)

    Lokasai :Ruang Kelas TK

    Dalam video tersebut guru mengenalkan konsep bilangan kepada anak TK dengan berbagai cara seperti menghitung bola, melingkari lambang bilangan, bernyanyi sambil bertepuk tangan. Guru juga melakukan interaksi dengan siswa,mengajak siswa untuk mampu menyelesaikan tugas sesuai dengan petunjuk. Memberikan penghargaan kepada siswa berupa reward stempel bintang di tangan.
    Namun ada baiknya pada saat awal pembelajaran guru mengajak anak dengan berbagai kegiatan yang menambah semangat anak terlebih dahulu seperti bermain lompat langka atau permainan lainnya yang menambah semangat anak.
    Guru juga dapat terlebih dahulu mengenalkan konsep bilangan dengan bentuk tulisan dengan alat bantu Flash Card.

  5. Nama :Yosei Pramita Irawaty Siregar
    NIM :856031913
    UPBJJ :12 MEDAN
    POKJAR :ASAHAN

    Vidio Pembelajaran :Pengembangan Kognitif PAUD (Sulit Mengenal Konsep Bilangan)

    Lokasai : Ruang Kelas TK

    Dalam video tersebut guru mengenalkan konsep bilangan kepada anak TK dengan berbagai cara seperti menghitung bola, melingkari lambang bilangan, bernyanyi sambil bertepuk tangan. Guru juga melakukan interaksi dengan siswa,mengajak siswa untuk mampu menyelesaikan tugas sesuai dengan petunjuk. Memberikan penghargaan kepada siswa berupa reward stempel bintang di tangan.
    Namun ada baiknya pada saat awal pembelajaran guru mengajak anak dengan berbagai kegiatan yang menambah semangat anak terlebih dahulu seperti bermain lompat langka atau permainan lainnya yang menambah semangat anak.
    Guru juga dapat terlebih dahulu mengenalkan konsep bilangan dengan bentuk tulisan dengan alat bantu Flash Card.

  6. nama : Istifadah Chusnah
    NIM : 858837264
    Pokjar : Ngunut
    dalam vidio anak sulit mengenal kosep bilangan,
    yang dilakukan guru sudah bagus, anak diajari mengenal dan membilang konsep bilangan. guru tersebut menggunakan beberapa cara dalam mempermudah anak untuk mengenal konsep bilangan, diantaranya :
    1. anak di ajak tepuk dan menyanyikan lagu utuk mempermudah mengenal konsep bilangan.
    2. anak diajak bermain dengan mengambil bola sesuai dengan perintah guru.
    3. anak juga diberi kegiatan menghitung jumlah benda dan menyocokan angka.
    namun dalam vidio tersebut juga terdapat kekurangan, dalam kegiatan belajar, tidak ada pembuka dan penutup.

  7. Nama : Rosalia Bughe
    Nim : 859285541
    Prodi : Pgpaud semester 2

    Menurut saya sistem pembelajaran yang dipaparkan dalam video diatas sangat membantu anak dalam belajar serta dapat menarik perhatian anak sehingga anak lebih mudah mengerti dalam proses pembelajarannya.
    Cara mengajar yang dilakukan guru dalam video tersebut juga sangat bagus, dimana proses pembelajarannya dilakukan dengan belajar sambil bermain, dimana kita dapat melihat bahwa mereka menghitung menggunakan bola.

  8. Nama : Khoni Aturohmah
    NIM : 858747632
    Prodi : PGPAUD

    Dalam video tersebut, guru telah memberi petunjuk anak cara berhitung melalui bermain menghitung jumlah bola, guru juga mendampingi anak dalam pemberian tugas serta guru juga memberikan reward pada anak yang sudah bisa berhitung secara mandiri. Namun, dari video tersebut tidak diperlihatkan evaluasi bagi anak yang belum bisa dan bisa ditambahkan sebelum pembelajarn anak-anak diajak berhitung menggunakan jari sebagai pemanasan awal supya bisa fokus.

  9. NAMA: Dian Rustiini
    NIM:857506475
    PRODI: Masukan Sarjana PGPAUD

    a.
    Identitas video
    Judul: Anak Sulit Mengenal Konsep Bilangan
    Nama pengembang: Netti Hermawati
    Lokasi: Di dalam kelas
    Kelompok: TK

    Vidio di atas mengenai mengatasi anak yang sulit mengenali konsep bilangan, langkah yang dilakukan guru dalam vidio di atas sudah baik. guru menyampaikan materi sesuai dengan tahpan-tahapannya misalnya di awal anak disuruh bertepuk, mengenal bilangan melalui permaianan, baru ke pengenalan kosep bilangan melalui permainan. dan di akhir guru memberikan penguatan berupa pemberian bintang kepada anak yangberhasil menyelesaikannya dengan benar. namun guru tidak melakukan evaluasi berupa anekdot, daftar ceklis, hasil karya atau foto berseri. Permainannya kurang menarik karena dilakukan di dalam kelas sehingga anak kurang leluasa dalam melakukan kegiatan tersebut.

  10. Judul video: Sulit Mengenal Konsep Bilangan
    Nama Pengembang : Netti Hernawat
    Lokasi: Diruang Kelas
    Kelompok : Taman Kanak-kanak (TK)
    RINGKASAN MATERI VIDIO:
    Dalam video tersebut guru telah memaparkan cara pembelajaran guru dalam mengenalkan konsep bilangan kepada anak usia dini. Guru tersebut sudah bagus sekali dalam menyampaikan materi dan mengajak anak-anak mengenal konsep bilangan dengan cara bermain sambil belajar, dengan cara guru memanggil anak didiknya untuk berdiri dan mengambil bola sesuai dengan perintah guru.Lalu guru mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.

    B. Prinsip Assement : Guru memberikan pembelajaran dengan bermain,bernyanyi-nyanyi ,bertepuk tangan dan memberikan penguatan dengan memberi lembar kerja ,dan guru memberikan reward gambar bintang kepada anak-anak didik yang mengerjakan tugas sehingga anak merasa bangga dengan keberhasilannya.
    Prinsip Evaluasi : Guru belum melakukan evaluasi. Disini guru hanya melakukan KBM, guru tidak menyimpulkan pembelajaran yang telah dilakukan sehingga guru tidak tahu mana anak yang sudah dapat mengenal konsep bilangan dengan mana anak yang belum mengenal konsep bilangan.

    C. Jelaskan pendapat Anda, hal apa saja yang perlu diperbaiki pada proses pembelajaran yang Guru lakukan dalam video tersebut. ?Pada dasarnya yang dilakukan guru pada video diatas sudah baik, memberikan cara yang bervariasi dalam mengajarkan konsep bilangan pada anak.dan ada beberapa yang harus diperbaiki oleh guru yaitu guru harus lebih ceria saat mengajar dan antusias, untuk media lebih kreatif lagi untuk menarik anak-anak seperti video pembelajaran ataupun lagu-lagu anak lainnya yang sesuai dengan tema.

Leave a Reply