silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi tentang pemecahan masalah kesulitan siswa dalam belajar membuat pantun, beserta alternatif pemecahan masalahnya, dengan tujuan untuk mempercepat pemahaman siswa mengenai cara membuat pantun. Solusi yang diberikan dalam program ini adalah dengan pembelajaran secara berkelompok. Dengan belajar berkelompok, selain mempercepat pemahaman siswa bagaimana cara membuat pantun, juga memberikan kesempatan kepada setiap siswa untuk membuat pantun, mendiskusikan isi pantun, dan bersosialisasi dengan temannya. Pembelajaran secara berkelompok akan berhasil jika dalam proses pembelajaran, guru mengarahkan dan mengamati kegiatan yang dilakukan setiap kelompok. Apakah anda pernah melakukan pembelajaran membuat pantun dengan cara berkelompok? Bagaimana cara anda melakukan proses pembelajarannya? Ayo berbagi dengan guru-guru lain dengan cara menuliskan pengalaman atau komentar anda!

Dra. Yetty Morelent, M. Hum.

Similar Posts

162 Comments

  1. Nama : Yulia Indah Nurcahya
    NIM: 857149845
    UPBJJ: Jakarta

    Izin menanggapi vidio
    Guru membuka pelajaran dengan salam, dan menanyakan siswa yang tidak hadir dikelas. Guru juga menanyakan kepada siswa terkait mata pelajaran sebelumnya. walaupun masih banyak yang kurang dalam kegiatan awal pembelajaran tersebut seperti periksa kebersihan, menanyakan kabar, cek kelengkapan alat belajar dll tetapi hal tersebuta sudah membuat suasana cair dan terlihat siap untuk belajar. Guru juga sudah melakukan pembelajaran di minggu sebelumnya yang terkait dengan pembelajaran hari ini, sehingga siswa siap untuk melakukan pembelajaran membuat pantun. Guru melakukan model pembelajaran koooperatif yaitu dengan membuat kelompok dalam mengerjakan tugas. Siswa di minta untuk mengatur meja dan bangku sehingga mudah untuk melakukan diskusi sehingga hasil soal bisa di hasilkan dengan baik. Guru juga meminta kepada siswa untuk membacakan hasil jawabannya di depan kelas, hal ini dapat mengasah keberanian siswa untuk bicara di depan umum. selain membacakan guru juga meminta siswa untuk menuliskan di papan tulis hasil jawaban yang diperoleh. Guru menyampaikan pembelajaran dengan suara yang jelas dan intonasi yang tepat. sehingga cara membuat dan membaca pantun dapat tercapai dengan baik. Guru menutup pembelajaran dengan baik.

  2. Nama : Pinta wilianis hura
    Nim : 855867251
    pokjar : idanogawo
    UPBJJ : medan
    Menurut saya, belajar membuat pentun suatu hal yang menyenangkan karena bermain dengan kata-kata dan dengan ide-ide yang kreatif. Siswa sangat senang terhadap pembelajaran yang dilaksanakan, mengikuti setiap pentunjuk dari guru dengan baik dan tertib.
    Guru dalam memberikan pemahaman kepada siswa juga baik atau membuat siswa itu muda memahami tentang apa yang diterapkan oleh gurunya. Hanya saja bagian pendahuluan guru belum mengajak siswa untuk berdoa dalam mengawali pembelajaran dalam video yang saya tonton.
    Guru juga sangat menghargai setiap jawaban siswanya dalam melengkapi pantun yang disediakannya, dengan memberikan pujian kepada siswa dan menciptakan suasana kelas yang nyaman.
    Kelemahan dari video diatas
    – Tidak mengawali dan mengakhiri pembelajaran dengan do’a
    – Guru tidak memberikan lembar kerja sebagai evaluasi atau latihan
    – Dalam pembentukan kelompok sebaiknya guru mengatur agar siswa tidak kebingungan dalam menentukan kelompok
    – Guru tidak memberikan tugas untuk anak- anak berlatih di rumah

Leave a Reply