silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Kadang-kadang dalam pelaksanaan praktikum IPA di SD, guru mengalami kesulitan. Misalnya saat harus melaksanakan praktek di luar kelas. Siswa-siswa menjadi tidak terkendali dan berkeliaran tak tentu arah. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah sebagai berikut.

  1. Guru memberikan pengarahan serta memberikan LKS sebelum siswa keluar ruangan untuk melakukan observasi,
  2. Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok serta memberikan tugas yang berbeda pada setiap kelompok,
  3. Guru menetapkan batas area yang boleh ditempati siswa/kelompok dengan yang tidak boleh ditempati siswa/kelompok di taman agar tidak bergerak keluar area yang ditetapkan,
  4. Guru membatasi waktu pada setiap kelompok untuk melakukan observasi terhadap materi yang diamati,
  5. Guru mengatur rotasi setiap kelompok, sehingga keadaan siswa tidak bertumpuk pada satu area.

Cecep Kuatandi

Video ini menggambarkan pembelajaran observasi/Praktikum IPA diluar Kelas, pada awalnya dilaksanakan dengan tergesa-gesa tanpa perencanaan yang matang. Anak diperintahkan mengamati tumbuhan diluar kelas begitu saja tanpa arahan yang jelas dari sang guru, akibatnya pelaksannaan observasi tidak perjalan sesuai harapan karena anak tidak teratur, tidak terkendali oleh guru dengan baik.

Pada bagian kedua dibuat perencanaan sebagai solusi pengorganisasian kelas oleh guru dengan membuat kelompok-kelompok dan diberi arahan serta petunjuk dengan rinci, dilengkapai dengan lembar pengamatan dan akhirnya pembelajaran berjalan dengan baik dan lancar serta pembelajaran menjadi sangat hidup, bergairah dan bermakna bagi siswa.

Tujuan Video ini adalah memberikan gambaran pada pemeriksa agar membuat perencanaan yang matang dan sesuai dengan materi serta tujuan pembelajaran terkait.

Proses Pembelajaran pada Video ini akan lebih bermakna jika peran serta anak didik dioptimalkan, sehingga anak akan lebih banyak mendapatkan pengalaman belajar yang berkesan dan mendalam.

Drs. Kamari, M.Pd.

Pada video tersebut tidak terdapat cara guru membuka dan menutup pembelajaran. Guru langsung melakukan kegiatan inti pembelajaran, Pada video tersebut guru menggunakan metode 5M (saintifik) walaupun tidak sepenuhnya ditampilkan, Pada video tersebut tidak ada informasi mengenai tingkat kelas siswa yang melakukan observasi pratikum. Sebaiknya video tersebut memberikan informasi tingkat kelas siswa (kelas bawah atau atas) karena untuk kelas bawah mungkin solusi yang ada pada video ini kurang tepat jika diterapkan pada kelas bawah.

Video tersebut telah mengacu pada kurikulum nasional (kurikulum 2013).

Anugerah Putro Setiyo Wibowo, S.S

Similar Posts

177 Comments

  1. Nama : Yekti anugraheni
    Nim : 885738941
    Upbjj : Bandar Lampung
    Pokjar : Sidomulyo

    A. Reaksi anak terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru:

    Dengan dilakukan pengarahan dan pembagian tugas dalam beberapa kelompok serta pembatasan area yang akan di observasi terlebih dahulu sebelum melakukan observasi di luar kelas siswa lebih tertib dan disiplin karena guru sudah membagi tugas pada masing masing kelompok.

    B. Kelebihan Guru dalam melakukan pembelajaran:

    Guru mampu membuat keadaan pembelajaran di luar kelas kembali tertib dan disiplin. setelah memberi pengarahan dan pembagian tugas dalam beberapa kelompok serta pembatasan area yang akan di observasi

    C. Hal-hal unik yang ditemukan dalam pembelajaran:

    Siswa terlihat lebih antusias dan tertib dalam pengamatan observasi setelah guru memberi pengarahan dan pembagian tugas dalam beberapa kelompok serta pembatasan area yang akan di observasi.

    Setelah mengetahui kelebihan dan kelemahan guru yang anda amati, upaya apa saja untuk meningkatkan proses pembelajaran tersebut:

    Sebaiknya sebelum melakukan pembelajaran observasi di luar kelas guru memberikan

    pengarahan serta memberikan LKS sebelum siswa keluar ruangan untuk melakukan observasi, kemudian membagi siswa dalam beberapa kelompok serta memberikan tugas yang berbeda pada setiap kelompok agar tidak terjadi kegaduhan yang tidak beraturan,

    guru juga menetapkan batas area yang boleh ditempati siswa/kelompok dengan yang tidak boleh ditempati siswa/kelompok di taman agar tidak bergerak keluar area yang ditetapkan.

  2. Nama : Auliya Nur Arisa Ulfah
    NIM : 858540076
    Pokjar : Boja
    UPBJJ : Semarang
    Mohon izin untuk menanggapi video diatas.
    Pada awal video, peran guru untuk mengatur siswanya sebelum diberikan penugasan observasi di luar kelas saya rasa cukup kurang tegas. Masa kanak-kanak adalah masa yang masih senang-senangnya bermain di luar ruangan dengan teman sebaya. Sebaiknya, jika terdapat tugas pengamatan di luar kelas, guru harus memberikan arahan dan aturan yang jelas kepada muridnya agar para murid bisa fokus mengerjakan tugasnya dengan tepat waktu tanpa teralihkan perhatiannya.

  3. Nama : Sitti Maryam
    Nim. :859407699
    Upbjj : UT Makassar
    Pokjar. : Luwu Timur

    ▪ Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    Dari tayangan video yang saya amati. Di awal video sebagian besar reaksi anak-anak cukup aktif terhadap pertanyaan-pertanyaan mudah yang guru ajukan, dan ada juga yang terlihat bingung. Namun saat guru menanyakan proses terjadi nya longsor, banjir dan tsunami.semua siswa tidak mengetahui hal tersebut. Jadi reaksi video tersebut siswa cukup aktif. Namun karena guru kurang mampu dalam memanfaatkan media dalam kegiatan pembelajaran.akhinya siswa bingung dalam memahami apa yang mereka pelajari
    ▪ Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
    1. Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan di capai Namun hanya menyampaikan judul yang akan di pelajari.
    2. Di awal video Guru tidak Memanfaatkan Media pembelajaran secara efektif dan efisien.
    3. Guru Mengulang-ulang perkataan yang sama. (“Harus dijaga dan di lestarikan dengan baik -baik, apabila menggunakan dan di memanfaatkan sebaik-baiknya….”). Sehingga penjelasan guru tersebut cenderung berbelit-belit.

    ▪ Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    1.Melakukan barain storming
    2.Menjelaskan dengan Suara yang jelas dan mengimajinasikan dengan gerakan isyarat tangan.
    3. Tanggap dalam merespon dan mengapresiasikan siswanya.
    ▪ Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
    1. Ternyata Memanfaatkan media pembelajaran itu sangat penting dalam proses belajar mengajar.
    2. Dalam pembelajaran isyarat gerakan tangan dapat membangkitkan imajinasi siswa terhadap materi yang disampaikan.
    3. Brain storming dapat mengaktifkan siswa di dalam kelas

    ▪ Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
    untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya, sebaiknya guru lebih aktif dalam memanfaatkan media pembelajaran di sekitarnya, bukan hanya menggunakan metode ceramah dan isyarat gerakan tangan saja. Namun dengan memanfaatkan spidol dan papan tulis ataupun gambar-gambar,guru dan dapat menjelaskan secara efektif dan efisien.

  4. Nama : Sitti Maryam
    Nim. : 859407699
    Upbbj : UT Makassar
    Pokjar Luwu Timur

    ▪ Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    Pada video awal karena tanpa adanya arahan guru sebelum keluar kelas Siswa menjadi Tidak teratur dan bermain-main, akhirnya mereka tidak terfokus pada materi yang akan di observasikan.
    Namun pada video kedua karena sebelum di laksanakan observasi di kelas guru terlebih dahulu memberikan arahan perorganisasian kelas dengan membagi siswa dalam kelompok yang kemudian di berikan LKS untuk melakukan observasi. Siswa akhirnya menjadi terarah dan fokus pada materi yang akan di observasikan.

    ▪ Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
    1. Pada awal video guru tidak mengarahkan siswa sebelum melakukan observasi
    2. Suara kurang terdengar
    ▪ Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Guru dapat mengorganisasikan kelas dan ramah kepada siswa
    ▪ Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
    Saat mendampingi Siswa melakukan observasi di luar kelas, guru tersebut selalu memegang selembar daun.

    ▪ Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya ?
    Mengajar dengan suara yang lebih keras dan jelas.

  5. Nama : Atina Fitri
    Nim : 856974452
    UPBJJ : Bandar Lampung
    Pada awal video, peran guru untuk mengatur siswanya sebelum diberikan penugasan observasi di luar kelas saya rasa cukup kurang tegas. Masa kanak-kanak adalah masa yang masih senang-senangnya bermain di luar ruangan dengan teman sebaya. Sebaiknya, jika terdapat tugas pengamatan di luar kelas, guru harus memberikan arahan dan aturan yang jelas kepada muridnya agar para murid bisa fokus mengerjakan tugasnya dengan tepat waktu tanpa teralihkan perhatiannya.

  6. NAMA : ADEN INTAN FABELLA
    NIM : 855745322
    POKJAR : SIDOMULYO
    UPBJJ-UT : BANDAR LAMPUNG
    KELAS : 6C

    1. Bagaimana Reaksi siswa terhadap pembelajaran yang dilakukan Guru ?
     Setelah melakukan pengarahan dengan panduan LKS dan memberikan arahan kepada para siswa, Para siswa lebih teratur, antusiasisme, keterlibatan aktif, juga Membantu siswa memahami konsep-konsep abstrak melalui pengalaman langsung. Terlihat karena bersemangat dan aktif dalam mengikuti setiap tahap praktikum/Observasi pada video tersebut. Siswa menunjukkan motivasi yang tinggi untuk belajar dan memahami konsep-konsep yang dipelajari dengan Mengembangkan keterampilan proses sains seperti mengamati, mengklasifikasi, memprediksi, dan menyimpulkan.
    2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran ?
     Sangat baik, kekurangannya hanya pada saat awal Video saja, karena tidak Merancang kegiatan praktikum yang sesuai dengan tujuan pembelajaran dan karena tidak Memastikan kegiatan praktikum berjalan dengan aman dan tertib.
    3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran ?
     Secara keseluruhan, terdapat beberapa kelebihan guru dalam melakukan praktikum atau observasi pembelajaran di sekolah dasar, antara lain : Mendorong Kolaborasi dan Interaksi Sosial Pada Siswa, Mengembangkan Keterampilan Proses Sains siswa, Meningkatkan Motivasi dan Antusiasme Belajar peserta didik, Meningkatkan Rasa Ingin Tahu dan Sikap Ilmiah peserta didik.
    4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam Video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran ?
     Selama pembelajaran Praktikum/observasi para siswa belajar dengan alat media langsung dengan benda nyata, yakni Pengamatan langsung, seperti mengamati pertumbuhan tanaman, siklus hidup hewan, dan fenomena alam.
    5. Upaya apa saja yang dapat di usulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
     Guru dapat menyusun panduan atau lembar kerja siswa (LKS) yang jelas dan terstruktur, sehingga siswa dapat mengikuti kegiatan dengan lebih terarah.
     Panduan tersebut dapat berisi tujuan, alat dan bahan, langkah-langkah kegiatan, serta pertanyaan-pertanyaan penuntun.
     Guru perlu menerapkan manajemen kelas yang baik, seperti mengatur pembagian kelompok, mengawasi kegiatan siswa, dan memastikan keamanan selama praktikum atau observasi.
     Guru dapat memberikan instruksi yang jelas dan memastikan pemahaman siswa sebelum kegiatan dimulai.
     Melakukan praktikum dan observasi pembelajaran justru bisa melatih guru untuk merancang, mengorganisasi, dan mengelola kegiatan pembelajaran yang efektif.
     Guru dapat mengembangkan kreativitas dan inovasi dalam mengembangkan kegiatan praktikum dan observasi.

  7. NAMA : DERAJAT GULO
    NIM : 855965966
    POKJAR : MANDEHE NIAS BARAT
    UPBJJ-UT : MEDAN
    ▪ Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    Pada video awal karena tanpa adanya arahan guru sebelum keluar kelas Siswa menjadi Tidak teratur dan bermain-main, akhirnya mereka tidak terfokus pada materi yang akan di observasikan.
    Namun pada video kedua karena sebelum di laksanakan observasi di kelas guru terlebih dahulu memberikan arahan perorganisasian kelas dengan membagi siswa dalam kelompok yang kemudian di berikan LKS untuk melakukan observasi. Siswa akhirnya menjadi terarah dan fokus pada materi yang akan di observasikan.
    Pada video diatas, peran guru untuk mengatur siswanya sebelum diberikan penugasan observasi di luar kelas saya rasa kurang tegas., sehingga pada akhirnya banyak siswa yang tidak fokus.

Leave a Reply