Sinopsis

Gerak jatuh bebas merupakan suatu gerak Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) dengan percepatan gravitasi sekitar 9,8 m/s. Kecepatan dalam gerak jatuh bebas hanya ditentukan oleh percepatan gravitasi di wilayah tersebut serta waktu.

Rekan Guru di manapun Anda berada, pemahaman terhadap gerak jatuh bebas sangat penting dikuasai oleh anak-anak siswa SMP. Namun, dalam kenyataan sering kita hadapi kesulitan untuk membelajarkan dengan cepat dan tepat tentang kompetensi ini. Oleh karena itu, perlu digali cara sederhana dan efektif untuk menanamkan kompetensi tersebut.

Pada video ini, guru menyajikan konsep gerak jatuh bebas melalui demonstrasi dengan alat peraga sederhana. Siswa diajak melihat langsung konsep tersebut pada kertas dan batu yang dijatuhkan secara bersamaan. Hal tersebut untuk memberikan gambaran kepada siswa salah satu konsep gerak jatuh bebas pada kehidupan sehari-hari. Pembelajaran tentu akan lebih menyenangkan karena siswa tidak sekedar mendengar namun dapat melihat langsung.

Mungkin Anda sebagai guru pernah mengajarkan materi ini dengan cara lain? Mari berbagi dengan guru-guru lain bagaimanana mengajarjakan Gerak Jatuh bebas yang lebih bermakna. Tuliskan pengalaman atau komentar Anda tersebut dalam forum komentar berikut.

Selamat Menyaksikan video “Pembelajaran gerak jatuh bebas ” berikut.

Similar Posts

11 Comments

  1. Manfaat yang saya dapatkan setelah mengamati video pembelajaran di atas bahwa proses pembelajaran secara kontekstual jauh lebih menarik bagi siswa, sehingga akan memberikan pemahaman dan pengalaman yang lebih mendalam dan bermakna.

  2. Menurut saya, manfaat yang saya dapat dari mengamati video pembelajaran tentang GLBB ini sebagai guru yaitu proses pembelajaran yang dilaksanakan runtun sekali dari kegiatan pembukaan, inti, dan penutup. Guru pada video juga melakukan pembelajaran yang interaktif yang mana terjadinya komunikasi dua arah antara guru dan peserta didik. Pada proses pembelajaran ini berpusat pada peserta didik namun guru tetap memfasilitasi dan membimbing peserta didik. Bukan hanya itu saja, guru juga menggunakan media pembelajaran berupa kertas dan batu. Hal ini membuat pembelajaran semakin menarik dan mudah dipahami oleh peserta didik.

  3. Menurut pendapat saya, manfaat yang saya dapat dari mengamati video pembelajaran tentang GLBB ini menerapkan pembelajaran kontektual. Proses pembelajaran yang dilaksanakan bagus karena dimulai dari kegiatan awal, menyampaikan tujuan pelajaran, inti, dan penutup. Guru pada video juga melakukan pembelajaran yang interaktif yang mana terjadinya komunikasi dua arah antara guru dan peserta didik. Pada proses pembelajaran ini berpusat pada peserta didik namun guru tetap memfasilitasi dan membimbing peserta didik. Bukan hanya itu saja, guru juga menggunakan media pembelajaran berupa kertas dan batu. Ini sesuai dengan konsep Pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching and Learning) merupakan konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka. Hal ini membuat pembelajaran semakin menarik dan mudah dipahami oleh peserta didik.

  4. nama ; sumarsih
    nim : 5012533227
    progam : magister pendidikan
    menurut pendapat saya, mengamati video pembelajaran tentang GLBB menerapkan pembelajaran mengaitkan antara materi yang diajarkan menjadi situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa mmebuat hubungan antara pengetahuan yang dimiliki dengan penerapannya sehari-hari. disini pembelajaran semakin menyenangkan siswa dan mudah dipahami oleh siswa.

  5. Nama : Asnaria
    Nim : 501172998
    Prodi : Magister Pendidikan Dasar
    UPBJJ : UT Palembang

    Manfaat yang saya dapat dari mengamati video ini sebagai guru yaitu proses pembelajaran yang dilaksanakan runtun sekali dari kegiatan pembukaan, inti, dan penutup. Guru pada video melakukan pembelajaran interaktif sehingga terjadi komunikasi dua arah antara guru dan peserta didik. Pada proses pembelajaran, berpusat pada peserta didik tetapi guru tetap memfasilitasi dan membimbing peserta didik. Guru juga menggunakan media pembelajaran berupa kertas dan batu. Hal ini membuat pembelajaran semakin menarik dan mudah dipahami oleh peserta didik.

  6. Nama : Elfrida Maryati Kleor
    NIM : 501453203
    Prodi : Magister Pendidikan Dasar

    Guru pada video melakukan pembelajaran yang interaktif yaitu terjadinya komunikasi dua arah antara guru dan peserta didik. Proses pembelajaran ini berpusat pada peserta didik dan guru tetap memfasilitasi dan membimbing peserta didik. Guru juga menggunakan media pembelajaran yaitu batu dan kertas serta konsep belajar yang mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata peserta didik mendorong peserta didik mengaitkan hubungan antara pengetahuan yang dimiliki dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sehingga pembelajaran semakin menarik dan mudah dipahami oleh peserta didik.

  7. Nama: Amri Saleh
    NIM: 501133008
    Prodi: Magister Pendidikan Dasar
    Menurut pendapat saya vidio yang saya lihat, guru melakukan tanya jawab di awal pembelajaran dengan peserta didik. Guru menurut pendapat saya belum menyampaikan tujuan pembelajaran di awal dan motivasi dalam belajar. Guru terdengar berucap kata “saya” padahal dalam perbendaharaan bahasa, sebaiknya guru menyampaikan kata Ibu guru, atau bapak di dalam proses pembelajarannya. Kemudian juga terdengar kata-kata “kalian” seharusnya guru menyampaikan kata ” anak-anak ibu semuanya”. Alat yang digunakan oleh guru tidak dilakukan pada pertemuan pertama, tetap pada pertemuan selanjutnya. hal ini terlihat dari pakaian yang digunakan oleh guru. Artinya guru hanya menggunakan metode ceramah apda pertemuan pertama. Dalam menjelaskan kepada peserta didik, guru terlihat duduk.
    Saran saya adalah: Sebaiknya guru mengajak peserta didik untuk melakukan diskusi kelompok tentang materi gerak jatuh bebas sehingga peserta didik dalam proses pembelajarannya dapat menyenangkan. Media yang digunakan oleh guru harus lebih bervariasi dan menarik. Peserta didik juga harus melakukan sendiri-sendiri di dalam kelompok saat diskusi dilakukan menggunakan lemabar kerja yang ada.

  8. Nama : Winda oktavia
    Nim : 501132923
    Prodi : Magister Pendidikan Dasar

    Berdasarkan video yang saya amati, video tersebut pembelajaran tentang GLBB menerapkan pembelajaran kontektual, mulai dari kegiatan pembukaan, inti, dan penutup yang di laksanakan secar runtun. menerapkan pembelajaran yang mengaitkan antara materi yang diajarkan menjadi situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimiliki dengan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.sehingga pembelajaran tidak membosankan,menyenangkan dan mudah dipahami peserta didik.

  9. Menurut pendapat saya guru telah melakukan pembelajaran yang menarik dan kontekstual mengenai GLBB akibat pengaruh gaya gravitasi bumi, sehingga materinya mudah dipahami oleh siswa. pembelajarannya juga dilaksanakan secara runtun dan sangat interaktif dengan adanya tanya jawab. gurunya bersikap hangat sehingga siswa dapat percaya diri menuangkan gagasan dan idenya.

  10. Nandang Saepuloh
    501233121
    Prodi S2 Pendas

    Pembelajaran yang ditampilkan melalui video pembelajaran tersebut merupakan konsep pembelajaran yang melibatkan peserta didik untuk berpartisifasi dalam kegiatan belajar, menjadikan peserta didik aktif dan kreatif serta mandiri, apalagi demontrasi dengan alat dan bahan yang dapat ditemukan dalam kehidupan sehari-hari, membuat pembelajaran lebih menarik dilaksanakan.

Leave a Reply