silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Ada beberapa kemampuan dasar yang harus dikuasai guru dalam melaksanakan proses pembelajaran, di antaranya keterampilan mengelola kelas. Guru harus mampu bagaimana mengelola kelas untuk pembelajaran klasikal dan cara yang harus dilakukan dalam mengelola pembelajaran secara kelompok. Dalam tayangan veideo ini akan disajikan masalah-masalah yang muncul dalam belajar kelompok serta kiat-kiat yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kerja sama dalam belajar, pembelajaran IPA melalui model pembelajaran kooperatif (cooprativei learning) dengan teknik jigsaw.

Setelah menyimak tayangam video ini, diharapkan Anda dapat membedakan bagai mana cara mengelola pembelajaran secara klasikal dan kerja kelompok. Sehingga masalah-masalah yang kemungkinan muncul dalam pembelajaran kelompok dapat diantisipasi melalui model pembelajaran kooperatif (cooprative leraning) dengan teknik jigsaw yang terdiri dari beberapa tahapan. Unutk lebih jelaskan silahkan simak secara seksama tayangan video ini.

Toto Fathoni

Dari tayangan video pembelajaran yang berdurasi hampir 6 menit tentang video pembelajaran yang berjudul: “Meningkatkan kerja sama siswa dalam kerja kelompok.” Ada beberapa hal yang dapat saya sampaikan:

1. Tujuan dari pembelajaran ini adalah untuk meningkatkan partisipasi siswa dalam kegiatan bekerja kelompok, dalam hal ini adalah diskusi. Yang selama ini kebanyakan yang terjadi apabila dilaksanakan diskusi kelompok dalam pembelajaran tidak semua anggota kelompok berpartisipasi aktif dalam kelompoknya. Ada yang ngomong sendiri, ada yang bermain sendiri, bahkan ada yang mengganggu temannya yang sedang bekerja.

2. Di dalam video pembelajaran tadi, tujuan apa yang akan dicapai dalam pembelajaran tersebut tidak disampaikan pada pendahuluan, sehingga siswa dalam belajar tidak mempunyai arah atau tujuan yang akan dicapai.

3. Tayangan dari video ini adalah bukan guru SD melaksankan proses pembelajaran dengan pokok bahasan atau judul “meningkatkan kerja sama siswa dalam kerja kelompok dengan menggunakan teknik Jigsaw” tetapi penjelasan tentang “bagaimana menggunakan teknik jigsaw dalam proses pembelajaran dengan pokok bahasan atau judul “Meningkatkan kerja sama siswa dalam kerja kelompok.” Nampak terlihat dengan jelas bahwa penjelasan setiap tahap dari teknik jigsaw diberikan contoh dalam proses pembelajarannya. Proses pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru dengan menggunakan teknik jigsaw tidak terlihat secara utuh. Bahkan apa yang dilakukan guru kelas dalam proses pembelajaran tidak dapat diterima secara utuh.

4. Dari video yang ditayangkan tersebut sudah menunjukkan adanya perbedaan belum ada dan sudah adanya peningkatan kerja sama siswa apabila dibandingkan antara penggal pertama yang belum menggunakan teknik jigsaw, dengan penggal kedua yang sudah menggunakan teknik jigsaw.

Drs. Sumarno, M.Pd.

Similar Posts

409 Comments

  1. Nama : Suryani 856231724
    Berdasarkan vidio yang sudah saya saksikan, terlihat banyak nya jumlah siswa dan siswi si kelas namun suasananya kondusif…dan guru kelas tidak terlalu sulit dikelas…. Tapi ada pertanyaan…bagaimana ya kalau cara belajar kelompok bisa digunakan di kelas rendah….,rata2 siswa/siswi lebih memilih teman.

  2. Nama : Oetary Agustina
    NIM : 858291653

    ▪ Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    Jawaban : Pada video yang saya amati, awalnya siswa tidak memperhatikan guru saat tugas kelompok, bahkan siswa asyik mengobrol sehingga mengganggu temannya yang lain. Akan tetapi, saat guru mengganti pembelajaran dengan menggunakan metode yang baru, siswa sangat antusias mengikutinya dengan sangat gembira dan tidak membosankan.

    ▪ Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Jawaban : Kurangnya penjelesan guru sehingga sulit dimengerti oleh siswa.

    ▪ Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Jawaban : Guru mengganti metode pembelajaran yang awalnya membuat siswa bosan sehingga membuat siswa semangat dalam mengikuti tugas kelompok.

    ▪ Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
    Jawaban : Guru menyediakan hewan jika kondisi memungkinkan agar siswa lebih mudah untuk mengenalnya.

    ▪ Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
    Jawaban : sebelum memulai pembealajaran sebaiknya guru menyediakan bahan ajar yang akan diajar agar siswa tidak merasa bosan, dan menggunakan metode agar membuat siswa lebih semangat. Dan apabila memungkinkan guru membawa benda/bahan yang akan diajar sebagai bahan praktek.

  3. NAMA : ANAK AGUNG ISTRI PUTRI PUSPADEWI
    NIM : 859038487
    PRODI : S1-PGSD KODE. 118
    UPBJJ : DENPASAR

    Selamat pagi Bapak tutor dan rekan-rekan mahasiswa. Saya mohon izin menyampaikan pendapat.

    Tanggapan saya mengenai video pembelajaran dengan topik “Meningkatkan Kerjasama Siswa dalam Kerja Kelompok” yaitu sebagai berikut.
    1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    Jawaban :
    Pada video tersebut menjelaskan upaya guru untuk meningkatkan kerjasama siswa dalam menyelesaikan tugas yang diberikan secara berkelompok. Pembelajaran yang dilakukan pada video tersebut adalah diskusi kelompok, akan tetapi pada awal pembelajaran siswa merasa tidak peduli atau kurang serius dalam mengerjakan tugas kelompok. Siswa ada yang berbicara sendiri, ada yang bermain sendiri, dan ada yang mengganggu temannya. Hal ini menunjukkan kurang efektifnya pembelajaran yang dilakukan.

    2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Jawaban :
    Beberapa kelemahan guru yang saya amati dalam video tersebut yaitu :
    • Guru memberikan tugas atau topik diskusi yang tidak menantang dan kurang menarik untuk siswa.
    • Guru kurang jelas menyampaikan tujuan pembelajaran pada siswa.
    • Guru tidak memberikan target pencapaian yang jelas pada tugas yang diberikan.
    • Guru tidak memberikan sanksi kepada siswa yang bermain atau tidak mau terlibat dalam diskusi kelompok.

    3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Jawaban :
    Upaya guru agar semua siswa terlibat dalam diskusi kelompok yaitu memberikan model pembelajaran kooperatif (cooperative learning) dengan teknik jigsaw. Kegiatan diskusi kelompok dengan menggunakan teknik ini menjadikan suasana kelas yang awalnya siswa tidak berpartisipasi aktif menjadi aktif kembali. Selain itu, pada tahap akhir pembelajaran guru mengulas, merangkum, dan memperkaya hasil diskusi agar siswa lebih memahami pembelajaran.

    4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
    Jawaban :
    • Guru dengan sangat baik memperhatikan karakteristik dan kebutuhan siswa dengan menerapkan teknik jigsaw pada saat diskusi kelompok.
    • Perubahan suasana kelas yang sangat drastis ketika guru mengganti model pembelajaran dengan teknik jigsaw, semua siswa berpartisipasi aktif dan terbentuk suasana kelas yang bersemangat juga menyenangkan.

    5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
    Jawaban :
    Upaya yang dapat dilakukan guru dalam membangun partisipasti aktif pada semua siswa yaitu menerapkan model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan siswa. Pada dasarnya siswa sekolah dasar menyukai pembelajaran yang dikemas dalam bentuk yang menyenangkan seperti menggunakan media pembelajaran berupa gambar, video animasi, ataupun interaksi dengan teman-temannya. Model pembelajaran yang sesuai apabila menerapkan diskusi kelompok adalah model kooperatif dengan teknik jigsaw. Teknik ini berisitahapan pembelajaran yang jelas yaitu:
    a. Tahap 1
    Pendahuluan : Guru membuka pembelajaran dengan menjabarkan topik yang akan dibahas, menyampaikan tujuan pembelajaran dan target pembelajaran yang akan dicapai, menjelaskan tahap-tahap pembelajaran yang harus dilakukan oleh siswa. Guru memberikan pertanyaan pemantik yang berhubungan dengan topik diskusi kelompok agar siswa semua siswa berpartisipasi aktif dalam pembelajaran.
    b. Tahap 2
    Guru membagi siswa kedalam beberapa kelompok dan setiap anggota siswa dalam kelompok mendapat tugas yang berbeda. Sehingga semua siswa bisa aktif dalam diskusi kelompok.
    c. Tahap 3
    Setiap anggota kelompok bergabung dengan kelompok lain yang tugasnya sama agar siswa bisa berdiskusi. Disini guru menyediakan bahan materi kelompok agar siswa mudah memahami alur pembelajaran. Guru juga bisa menyediakan objek sesungguhnya atau tiruan agar siswa lebih paham.
    d. Tahap 4
    Setelah selesai berdiskusi, siswa kembali kepada kelompok awalnya dan melaporkan hasil diskusi kepada kelompoknya secara bergantian. Siswa lain menanggapi laporan tersebut. Tugas yang dibuat kemudian dirangkum, dilaporkan, dan dikumpulkan kepada guru sebagai hasil diskusi kelompok.
    e. Tahap 5
    Guru membuka diskusi kelas agar seluruh anak bisa berpartisipasi aktif. Kemudian guru merangkum, memperkaya, dan menyempaikan hasil final pembelajaran yang dilakukan.

    Demikianlah yang dapat saya sampaikan, saya mohon masukan dari Bapak dan rekan-rekan mahasiswa. Terima kasih

  4. Nama : Azlina Alhafiza
    NIM : 858043669
    Prodi : S1 PGSD AKPMM

    Berdasarkan video pembelajaran IPA di SD dalam meningkatkan kemampuan berdiskusi siswa di kelas sudah cukup baik, namun pada awal memang sulit untuk menertibkan siswa dan menjadikan kelas kondusif. Dari video di atas guru belum melakukan kegiatan awal seperti menyiapkan kelas, apersepsi, absen serta tidak menyampaikan tujuan pembelajaran. Guru belum menjelaskan bagaimana cara guru membagi kelompok serta pada saat megawali pembelajaran guru tidak memberi motivasi terlebih dahulu kepada siswa dan juga tidak dipastikan semua siswa akan berpartisipasi dalam proses pembelajaran.

  5. Nama : Azlina Alhafiza
    NIM : 858043669
    Prodi : S1 PGSD AKPMM

    Berdasarkan video pembelajaran IPA di SD dalam meningkatkan kemampuan berdiskusi siswa di kelas sudah cukup baik, namun pada awal memang sulit untuk menertibkan siswa dan menjadikan kelas kondusif. Dari video di atas guru belum melakukan kegiatan awal seperti menyiapkan kelas, apersepsi, absen serta tidak menyampaikan tujuan pembelajaran. Guru belum menjelaskan bagaimana cara guru membagi kelompok serta pada saat megawali pembelajaran guru tidak memberi motivasi terlebih dahulu kepada siswa dan juga tidak dipastikan semua siswa akan berpartisipasi dalam proses pembelajaran.

  6. Nama : Azlina Alhafiza
    NIM : 858043669
    Prodi : S1 PGSD AKPMM

    Berdasarkan video pembelajaran IPA di SD dalam meningkatkan kemampuan berdiskusi siswa di kelas sudah cukup baik, namun pada awal memang sulit untuk menertibkan siswa. Guru sebaiknya menjadikan kelas kondusif dengan memberikan pengantar sebelum memulai pembelajaran. Dari video di atas guru belum melakukan kegiatan awal seperti menyiapkan kelas, apersepsi, absen serta tidak menyampaikan tujuan pembelajaran. Guru belum menjelaskan bagaimana cara guru membagi kelompok serta pada saat megawali pembelajaran guru tidak memberi motivasi terlebih dahulu kepada siswa dan juga tidak dipastikan semua siswa akan berpartisipasi dalam proses pembelajaran.

  7. Nama : Azlina Alhafiza
    NIM : 858043669
    Prodi : S1 PGSD AKPMM

    Berdasarkan video pembelajaran IPA di SD dalam meningkatkan kemampuan berdiskusi siswa di kelas sudah cukup baik, namun pada awal memang sulit untuk menertibkan siswa dan menjadikan kelas kondusif. Dari video di atas guru belum melakukan kegiatan awal seperti menyiapkan kelas, apersepsi, absen serta tidak menyampaikan tujuan pembelajaran. Guru belum menjelaskan bagaimana cara guru membagi kelompok serta pada saat megawali pembelajaran guru tidak memberi motivasi terlebih dahulu kepada siswa dan juga tidak dipastikan semua siswa akan berpartisipasi dalam proses pembelajaran.

  8. a. Reaksi anak/ siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru adalah siswa sangat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan sangat antusias mengikuti tahap demi tahap dalam proses pembelajaran
    b. Kelemahan guru:
    menurut saya saya tidak menemui kelemahan dari guru.

    c. Kelebihan guru adalah melibatkan siswa dalam setiap proses pembelajaran
    d. Hal unik yang dilakukan guru adalah: guru menggunakan gambar yang berbeda dalam satu kelompok kemudian guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk membuat kelompok baru (dengan gambar hewan yang sama)

    e. Upaya perbaikan yang dilakukan setelah menyimak video tersebut adalah:
    1) waktu diskusi harus disosialisasikan juga kepada peserta didik
    2) jika memungkinkan guru memberikan contoh langsung dengan menggunakan model hewan

  9. Nama : Anisa Laras Susanti
    NIM : 857780393
    UPJJ : Semarang
    Prodi : PGSD RPL

    Tugas 1 PKM
    Assalamualaikum wr wb.
    Setelah menonton video pembelajaran tersebut diatas reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran sangat antusias dan semangat.
    kelemahan dalam pembelajaran adalah sulit untuk mengidentifikasi kemampuan siswa karena penilaian berdasar hasil kerja kelompok masing – masing. selain itu juga metode ini memerlukan waltu yang relatif lama dan jika instruksi guru tidak tersampaikan dengan baik maka metode ini akan sulit dilakukan.
    sedangkan kelebihan dari pembelajaran ini adalah pembelajaran ini tidak tergantung informasi dari guru sehingga dapat menambah kepercayaan diri siswa untuk berfikir sendiri. Siswa juga dapat mengungkapkan pendapatnya sendiri dan dapat menerima pendapat dari teman yang lain serta dapat meningkatkan kemampuan siswa menggunakan informasi.
    Hal unik dari video pembelajaran diatas adalah penggunaan jigsaw, sehingga menambah minat siswa untuk berdiskusi.
    Upaya yang dilakukan guru adalah sebelum memulai diskusi guru harus memastikan bahwa intruksi harus tersampaikan dengan baik kepada seluriuh siswa sehingga proses pembelajaran dapat berjalan dengan lancar.

    Sekian dan terima kasih.

  10. Nama : Widya Rohmadhani Daulay
    NIM : 859796946

    – Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru ? = Reaksi siswa senang dan bersemangat serta antusias karena akan kerja kelompok
    – Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran ? = Saya tidak menemukan kelemahan pada pembelajaran ini setelah guru mengganti model pembelajaran menjadi Cooperative Learning dengan teknik Jigsaw. Kalau sebelum diterapkannya model tersebut, kelemahannya sudah diungkapkan di video yaitu siswa terlihat bermalas-malasan dan merasa tidak punya tanggung jawab, kemudian membiarkan 1 orang pintar dikelompoknya untuk menyelesaikan tugas kelompok tersebut, dan siswa lainnya bercerita.
    – Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran ? = Dengan model ini, siswa merasa tertantang dan mempunyai rasa tanggung jawab terhadap tugas kelompok yang diberikan kepadanya. Hal ini terjadi karena setiap anggota kelompok diberikan tugas yang berbeda oleh gurunya dengan kelompok asalnya.
    – Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran ? = Guru dalam menerapkan pembelajaran model ini benar-benar harus mempersiapkan LKPD dengan baik dan sempurna. Karena kunci keberhasilan model ini adalah guru harus memastikan semua perangkat/bahan ajar/modul/LKPD tersedia dan mudah dipahami siswa.

    – Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, Upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya ? = Saya berpendapat tidak ada upaya apapun untuk melakukan perbaikan dalam pembelajaran ini karena pada dasarnya model ini bagus. Dan kembali lagi kepada guru yang menerapkannya harus membuat semua perangkat pendukung dan memastikan setiap tahapan berjalan dengan baik sesuai model cooperative learning Teknik jigsaw.

Leave a Reply