silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video  ini berisi tentang pembelajaran bahasa Indonesia dengan materi membaca cerita yang dilakukan secara bergilir oleh siswa. Pada pelaksanaan pembelajaran ini, pengarahan terhadap siswa harus dilakukan guru dengan sebaik mungkin agar pembelajaran berlangsung dengan lancar, siswa tidak ribut, tidak main-main, dan mampu memusatkan perhatian (konsentrasi) terhadap pelajaran. Apakah Anda pernah mengalami masalah seperti ini? Bagaimana cara Anda mengatasinya? Ayoo berbagi dengan guru-guru lain dengan cara menuliskan pengalaman atau komentar Anda mengenai masalah tersebut.!
Dra. Siti Rohmi Yuliati, M.Pd.

Similar Posts

101 Comments

  1. Nama : Diah Mustika Ratih
    Nim : 857138409
    UPBJJ : UT Jakart
    Guru memainkan peran penting dalam menjaga keteraturan dan disiplin di kelas, serta menciptakan lingkungan belajar yang aman dan produktif.. Dalam video tersebut terlihat kondisi kelas belum kondusif, ada beberapa anak yang terlihat dalam posisi tiduran di atas meja dan sempat terjadi keributan. Siswa juga terlihat kurang antusias untuk mengikuti pembelajaran. Guru sudah berupaya mendisiplinkan kelas dengan bertanya kepada siswa untuk membuat kesepakatan jika ada siswa yang tidak memperhatikan kelas , anak-anak juga aktif dalam menjawab pertanyaan yang guru berikan. Hal ini adalah upaya yang bagus untuk menarik perhatian dan memusatkan fokus siswa.
    Sebelum memberikan tugas kepada siswa alangkah baiknya disampaikan terlebih dahulu tujuan pembelajaran yang dicapai. Dengan mengetahui tujuan, mereka dapat memusatkan perhatian mereka pada hal-hal yang relevan dan merencanakan langkah-langkah yang diperlukan untuk mencapainya. Siswa cenderung lebih termotivasi dan terlibat dalam pembelajaran ketika mereka memiliki pemahaman yang jelas tentang apa yang diharapkan dari mereka. Menyampaikan tujuan pembelajaran memberikan kepastian kepada siswa tentang apa yang diharapkan dari mereka.

  2. Nama : Dewi Musfirotul ilmiyah.
    Nim : 858824806
    Pokjar : Kab. Kediri
    UPBJJ : Malang
    Menurut saya, Dalam Konteks guru paud
    Guru PAUD memiliki peranan dalam membantu pertumbuhan dan perkembangan anak. Guru membantu Pertumbuhan otak dan fisik motorik anak. Guru juga membantu perkembangan anak dalam hal aspek fisik, kognitif dan psikososial emosional.
    Seorang guru harus mempunyai perilaku yang dapat memberikan pengaruh positif dan disegani oleh peserta didik. Memiliki akhlak mulia dan menjadi teladan. Seorang guru harus bertindak sesuai dengan norma yang berlaku (iman dan taqwa, jujur, ikhlas, suka menolong) dan dapat diteladani oleh peserta didik.
    Merencanakan dan menyiapkan suasana kelas; mengawasi program keselamatan dan pendidikan; mengawasi anak-anak di kelas; menyediakan lingkungan yang mendukung di mana anak-anak dapat belajar dan mempraktikkan perilaku individu dan kelompok yang pantas dan dapat diterima.

  3. Nama: Zulaikha Intan Ayu Wulandari
    NIM: 857132415
    UPBJJ Jakarta

    Izin menanggapi kelemahan dan kekurangan dari video.
    Diantara kelemahan pembelajaran dalam video yang saya amati yaitu tidak adanya kegiatan pendahuluan seperti salam, doa dan apersepsi. Dalam pembelajaran suasana kelas juga belum kondusif karena terdapat anak yang ribut dan anak yang bermain yoyo. Kurangnya media pembelajaran atau alat peraga yang beragam sehingga menciptakan kelas yang mungkin membosankan siswa. Adapun kelebihan pembelajaran dalam video yaitu guru memberi kesempatan kepada siswa untuk membuat peraturan yang disepakati bersama dan melibatkan siswa dalam kegiatan membaca cerita.
    Upaya guru dalam meningkatkan pembelajaran dengan menyiapkan rancangan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran yang variasi agar proses pembelajaran menarik perhatian siswa dan membuat pengalaman belajar siswa yang menyenangkan.

  4. Nama : Mesraniat Zebua
    NIM :855853697
    Prodi : PGSD-S1
    Pokjar Idanogawo
    Selamat malam Bapak Ibu, tanggapan saya tentang Pentingnya Pengarahan Guru.
    Pentingnya pengarahan guru adalah sebuah tindakan yang harus dilakukan untuk anak siswa agar anak tersebut dapat memusatkan perhatiannya dalam menerima pembelajaran. Dalam video tersebut seorang Guru sedang mengajar dalam ruangan kelas 1, Dalam mengikuti pembelajaran anak-anak memiliki batas konsentrasi. aka dari itu kita sebagai guru kita harus mengarahkan anak-anak tersebut untuk bisa tetap konsentrasi mengikuti pembelajaran. Ketika seorang anak ribut maka kita seorang guru harus mengarahkan mereka dengan menggunakan bahasa yang baik dan mudah mereka pahami. Apapun yang dilakukan oleh anak-anak kita sebagai guru memiliki tanggung jawab besar untuk bisa mengarahkan mereka karena anak-anak tentu saja tidak terlalu paham dengan apa yang sedang mereka lakukan, Kita sebagai seorang guru tentunya memiliki tujuan supaya anak didik kita menjadi anak-anak yang cerdas berprestasi. Maka untuk mencapai tujuan tersebut kita sebagai guru profesional tidak boleh jenuh-jenuh untuk tetap mengarahkan anak-anak tersebut menjadi anak-anak yang baik dan mengikuti pembelajaran dengan sungguh-sungguh.

  5. NAMA : YUNIAR LATIFAH
    KELAS : 6B
    UPBJJ : UT JAKARTA

    Guru harus sigah dan lebih pintar dari siswa

  6. Nama : Sylva Susyanti
    NIM : 857137002
    UT Jakarta

    – Dari Video yang saya amati dan pahami, video tersebut sedang melakukan kegiatan belajar mengajar mata pelajaran bahasa Indonesia dengan materi membaca cerita dan adanya kerjasama antar kelompok siswa. Guru sudah memiliki keterampilan mengajar dengan komunikasi melibatkan siswa secara aktif, megajak kesepakatan belajar dengan siswa, adanya upaya guru untuk membuat belajar mengajar di kelas secara kondusif dengan menyimpan yoyo yang dimainkan oleh murid saat jam pelajaran, dan guru tersebut menciptakan keamanan untuk siswa, dengan tidak bermain dijalanan dan tidak boleh jajan sembarangan saat jam istirahat.

  7. Nama : Anisa Wulandari
    NIM : 857132669
    UPBJJ : UT Jakarta
    Semester : 6

    Tanggapan

    1. Kelemahan Pembelajaran dalam video?
    Jawaban :
    a.) Dalam video tersebut guru tidak menggunakan RPP sebagai pedoman dalam pelaksanaan pembelajaran.
    b.) Guru tidak memulai pembelajaran dengan doa dan tidak mengecek kehadiran siswa.
    c.) Kurangnya alat bantu mengajar, karena dalam video tersebut guru hanya gambar di papan tulis.
    d.) Penyampaian materi pelajaran yang monoton, karena guru hanya menggunakan metode ceramah.
    e.) Guru kurang memperhatikan kemampuan awal siswa. Pengetahuan tentang kemampuan awal siswa diperlukan oleh guru untuk menetapkan strategi mengajar.
    f.) Kondisi kelas yang kurang kondusif.

    2. Kelebihan Pembelajaran dalam video
    Jawaban :
    a.) Awal pembelajaran guru sudah menjelaskan tujuan pembelajaran.
    b.) Guru melibatkan siswa untuk berpartisipasi dalam pembelajaran.
    c.) Guru membuat kesepakatan kepada siswa saat pembelajaran berlangsung
    d.) Guru tetap memberikan nasehat yang baik kepada siswa yang bermain saat pembelajaran berlangsung.

    3. Hal Unik yang Terdapat dalam Pembelajaran Video?
    Jawaban :
    a.) Guru tetap tenang dan sabar saat anak-anak membuat keributan.
    b.) Guru tetap memberikan nasehat yang baik kepada siswa yang bermain saat pembelajaran berlangsung.
    c.) Guru menggambar tokoh cerita di papan tulis sebagai media pembelajaran

    4. Rencana Pembelajaran yang akan dilakukan ?
    Jawaban :
    a.) Sebaiknya guru memulai dengan kegiatan pendahuluan seperti (memberi salam, menyapa peserta didik, mengecek kehadiran peserta didik) agar membangkitkan motivasi dan perhatian peserta didik.
    b.) Guru memberikan ice breaking agar peserta didik antusias dalam pembelajaran.
    c.) Guru dapat menggunakan media pembelajaran dengan LCD Proyektor agar peserta didik lebih bersemangat belajar karena belajar sambil nonton video.
    d.) Sebaiknya sebelum masuk ke materi pembelajaran, guru dapat memberikan apersepsi dengan mengaitkan apa yang telah diketahui peserta didik mengenai cerita yang ingin diajarkan.

    Sekian tanggapan dari saya…

  8. Nama : Widia Shita
    NIM : 857136594
    Kelas : 6B – Semester 6
    UPBJJ UT JAKARTA

    Tanggapan saya pada video diatas itu sangat bagus. Guru yang sangat rapih, penjelasan yang sangat jelas, membuat anak dapat focus mendengarkan, bisa menjalin komunikasi yang baik dengan siswa, serta membuat suasana kelas tidak bosan dan menyenangkan. Namun, ada beberapa hal yang kurang dalam video diatas, guru yang tidak terlalu tegas kepada siswa sehingga siswa sedikit berisik namun guru dapat menegurnya dengan baik.

  9. Nama : Farhatunnisa
    Nim : 857133234
    UPBJJ : 21/Jakarta
    Izin berpendapat tentang vidio ini . Guru di dalam vidio tersebut sudah bagus dalam berkomunikasi 2 arah antar siswa dan guru , guru tersebut juga memberikan peraturan sebelum dimulainya pembelajaran agar siswa tertib selama pembelajaran di mulai . di vidio tersebut juga ada kekuangannya yaitu , kurang di kemasnya pembelajaran agar menjadi menarik , agar tidak ada siswa yang sibuk sendiri dengan teman sebangkunya atau pun jenuh karena pembelajarannya monoton.

Leave a Reply