silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan peristiwa Perang Diponegoro secara bermakna kepada siswa. Ketika siswa diminta untuk mencatat hal-hal yang dijelaskan guru, siswa kebingungan untuk mencatatnya. Anak-anak diminta untuk mengingat sesuatu atau menghafal sesuatu yang terjadi pada masa lalu, tanpa mengaitkannya dengan masa sekarang. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah mengajarkan masa lalu, dapat dilakukan dengan cara:

  1. Mengaitkan masa lalu dengan masa sekarang,
  2. Analog kesamaan atau perbedaannya,
  3. Humor dapat membantu siswa untuk mengingat.

Eded Tarmedi

  1. Cara membuka pembelajaran guru belum memperhatikan sekitar kelas, tiba-tiba langsung masukan dan memberikan materi yang akan dipelajari. Isi materinya tidak terlalu lengkap dalam penjelasannya. Pembelajaran yang digunakan monoton seharusnya guru dapat memberikan pembelajaran yang menarik. Ketika penutupan guru tidak membuat kesimpulan dalam kegiatan pembelajaran.
  2. Strategi dalam mempembelajaran ini bisa menggunaan bermain peran agar siswa dapat mengalami kejadian-kejadian di masa lalu dan sekarang. Seharusnya media yang digunkan harus lebih jelas lagi agar siswa dpat memahami kejadian atau peristiwa yang terjadi saat itu.
  3. Kesesuain tingkat materi sudah cukup baik.
  4. Sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Hendri Supriyadi S, S.Pd.

Similar Posts

66 Comments

  1. Nama : Nurul Aini
    NIM. : 859507236
    UPBJJ. : Bandar Lampung

    Menurut saya, video Pembelajaran IPA tentang Penampakan Alam di awal video guru memberikan media gambar untuk mengamati sebuah negara yang asing bagi siswa sehingga kurang efektif jika digunakan dalam metode pembelajaran. Tetapi di video selanjutnya, guru memberikan pertanyaan stimulus yang telah terjadi kepada siswa sehingga menimbulkan keaktifan siswa dalam pembelajaran dan memotivasi siswa untuk kegiatan pembelajaran selanjutnya. Hal ini membuat saya terinspirasi dan termotivasi dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan stimulus sebelum kegiatan pembelajaran atau pemberian materi.

  2. Nama : M. Harlan Wijaya
    NIM. : 859522823
    UPBJJ. : Jakarta

    menurut saya, video dalam pembelajaran untuk pembukaan guru sangat cepat dan untuk anak – anak yang tidak dapat menjawab dicemooh anak – anak lain, sedangkan guru tidak memberikan respon kepada anak – anak yang lain, serta untuk penggambaran karakternya menggunakan kertas yang tidak terlihat, selanjutnya untuk pemberian materi sangat baik dan merespon semua jawaban anak – anak dengan baik

  3. NAMA : Nopitayanti Damanik
    NIM : 878258291
    UPBJJ : Tebing Tinggi

    Menurut saya, video pembelajaran ini sudah cukup baik dimana Guru telah memberikan pemaparan materi masa lalu mengenai peperangan Diponogoro yang dikaitkan dengan kejadian masa sekarang sehingga siswa dapat dengan mudah mengingat kejadian tersebut dan mencari persamaan maupun perbedaan dari peristiwa tersebut. Guru juga memberikan umpan balik kepada siswa yang menjawab pertanyaan dari Guru, yang membuat siswa semakin semangat untuk mengungkapkan pendapatnya.

  4. Nama : Alia Putri Yasmika
    NIM : 856978743
    Pokjar : Natar
    UPBJJ : Bandar Lampung

    Kekurangan:
    – Saat membuka pembelajaran, guru belum dapat memperhatikan suasana dalam kelas
    – Guru langsung memberikan materi yang akan dipelajari tanpa melalui pendahuluan terlebih dahulu
    – Materi yang disampaikan oleh guru belum terlalu lengkap dan pembelajaran yang digunakan terkesan monoton sehingga membuat siswa kurang tertarik dalam mengikuti pembelajaran
    – Saat melakukan kegiatan penutup, guru tidak membuat kesimpulan pada kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan serta tidak melakukan refleksi.
    – Guru terlalu cepat dalam menjelaskan materi, sehingga siswa banyak yang belum mencatat materi yang diberikan.

    Kelebihan
    – Guru melakukan timbal balik berupa tanya jawab kepada siswa dan siswa dapat menjawab pertanyaan dengan benar
    – Guru memberikan apresiasi kepada siswa yang berani menjawab pertanyaan dengan benar.

    Saran
    Dalam pembelajaran, sebaiknya guru menggunakan metode dan model pembelajaran yang dapat membuat anak tertarik untuk belajar tentang sejarah masa lalu. Menggunakan media juga merupakan salah satu metode pembelajaran yang dapat membuat anak tertarik untuk melaksanakan pembelajaran dalam kelas. Selain itu guru juga disarankan untuk melakukan pendahuluan yang dapat membuat siswa mempersiapkan materi yang akan dipelajari, guru juga dapat menggunakan metode mengajar yang menyenangkan agar pembelajaran sejarah tidak membebani siswa. Saat selesai pembelajaran sebaiknya guru menarik kesimpulan tentang materi yang telah diajarkan dan melakukan refleksi atas pembelajaran yang telah dilaksanakan.

  5. Nama : Nalurita Kusuma Ardani
    Nim : 858568169
    Pokjar : Al-Huda Salut Kota Kediri
    UPBJJ : Malang
    Semester : 6

    Mohon izin menanggapi Bapak Ibu
    Terkait video pembelajaran ips yang berjudul “Kenampakan Alam”
    1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
    3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
    5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
    Jawab :
    1. Guru berusaha melibatkan siswa secara aktif dalam kegiatan pembelajaran melalui sharing pengalaman dan contoh-contoh kontekstual. Ini dapat membuat siswa tertarik dan termotivasi untuk belajar. Jadi secara umum, reaksi siswa sangat positif dengan antusiasme dan partisipasi aktif.
    2. -Kalimat yang diucapkan guru terdengar tidak jelas dan sulit dipahami.
    -Tata bahasa dan struktur kalimat yang digunakan guru kurang tepat, terkesan berbelit-belit.
    -Guru kurang memberikan penjelasan yang memadai tentang materi yang diajarkan.
    -Guru langsung memberikan instruksi kepada siswa tanpa memberikan pengantar atau penjelasan materi terlebih dahulu.
    -Guru tidak mengecek pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan. Setelah memberikan instruksi, guru langsung beralih ke topik berikutnya.
    -Guru kurang memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya atau berdiskusi. Interaksi cenderung satu arah dari guru ke siswa.
    -Guru kurang mengendalikan kelas dengan baik. Suasana kelas terdengar gaduh dan kurang kondusif untuk belajar.
    3. -Guru mengajak siswa untuk menghargai alam dengan menjaga dan melestarikannya. Hal ini terlihat dari ajakan guru kepada siswa untuk menjaga alam baik alam buatan maupun alam yang tidak dibuat manusia.
    -Guru mengajak siswa untuk berempati dan peduli terhadap sesama dengan menjalin hubungan baik antar manusia. Hal ini terlihat dari ajakan guru agar siswa bersikap ramah kepada wisatawan dan saling menghargai perbedaan.
    -Guru mampu menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan dan interaktif. Hal ini terlihat dari cara guru mengajak siswa berdiskusi dan berbagi pengalaman.
    -Guru mampu mengaitkan materi pembelajaran dengan pengalaman siswa sehari-hari. Hal ini terlihat dari cara guru menanyakan tempat-tempat yang pernah dikunjungi siswa.
    -Guru mampu menyampaikan materi dengan sistematis dan runut. Hal ini terlihat dari alur penyampaian materi yang dimulai dari yang umum ke khusus.
    4. -Guru menggunakan pendekatan yang kreatif dan kontekstual dengan mengaitkan konsep akademik dengan pengalaman siswa serta contoh-contoh dari lingkungan sekitar.
    -Guru juga berusaha membangun imajinasi dan wawasan siswa dengan analogi-analogi yang digunakan.
    5. -Guru perlu memperbaiki teknik bertanya agar pertanyaan yang diajukan lebih spesifik dan fokus pada topik pembelajaran. Pertanyaan yang diajukan sebaiknya mampu mendorong siswa untuk berpikir kritis.
    -Guru perlu lebih interaktif dalam membimbing diskusi kelompok. Saat diskusi berlangsung, guru sebaiknya berkeliling dan memastikan semua anggota kelompok berpartisipasi aktif.
    -Guru perlu memperbanyak kegiatan yang melibatkan siswa secara aktif, seperti presentasi, permainan, demonstrasi, dan aktivitas kolaboratif lainnya. Ini akan meningkatkan engagement siswa.
    -Guru perlu menggunakan metode dan media pembelajaran yang lebih bervariasi agar siswa tidak bosan. Misalnya dengan menggunakan media visual, audio, video, alat peraga, dan sebagainya.
    -Guru perlu memperbanyak umpan balik dan penguatan (reinforcement) untuk merespons jawaban dan partisipasi siswa agar mereka termotivasi.

  6. nama : Mety Febriyani
    NIM : 857350485
    Pokjar : Bogor Selatan
    UPBJJ : BOGOR
    Menurut saya, video pembelajaran ini sudah cukup baik dimana Guru telah memberikan pemaparan materi masa lalu mengenai peperangan Diponogoro melawan pemerintahan belanda. Guru juga memberikan umpan balik kepada siswa yang menjawab pertanyaan dari Guru, yang membuat siswa semakin semangat untuk mengungkapkan pendapatnya. hanya saja media dan metode pembelajarannya kurang variatif

  7. NAMA : Khaerun Nisa Bakhrum
    NIM : 859404267
    UPBJJ : Makassar
    Pokjar : Luwu Timur

    > Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    Di awal pembelajaran, reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan adalah kebingungan dan kesulitan untuk memahami materi pelajaran yang di sampaikan oleh guru.

    > Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Guru belum menguasai apersepsi dalam membuka suatu pelajaran secara baik dan benar.
    Guru menggunakan metode mengajar yang tidak efektif dan cenderung membosankan.

    > Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Guru melakukan tanya jawab kepada siswa untuk untuk mengetahui sudah seberapa faham siswa atas materi pelajaran yang sudah dijelaskan.

    > Hal-hal unik apa saja yang ditejukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
    Terdapat beberapa humor/jawaban lucu dari siswa untuk menjadikan suasana pembelajaran menjadi semakin menarik.

    > Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk menjngkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
    Untuk kedepannya guru harus lebih baik dalam membuka pelajaran dengan cara melakukan apersepsi yang tepat sesuai materi yang akan disampaikan agar siswa lebih siap untuk menerima materi pelajaran yang disampaikan.
    Disamping itu, guru juga sebaiknya menggunakan metode dan alat peraga pendukung seperti media pembelajaran berupa video tentang sejarah yang di ajarkan agar siswa lebih mudah memahami materi pelajaran yang disampaikan.

  8. Nama : Rise Aprina. Nim : 856818506. UPBJJ : Universitas Terbuka Bengkulu. Menurut saya peribadi pada vidio GPO pembelajaran IPS ini,masih blm kondusif karena guru tersebut kurang bisa menguasai kelas.sehingga siswa menjadi ribut,ngobrol,dan tidak pokus mendengarkan penjelasan materi yang disampaikan didepan. Dan juga cara guru menjelaskan kurang menarik minat siswa untuk belajar terutama penggunaan media pembelajaran yang kurang menarik dan memadai.dan alangkah baiknya seorang guru menggunakan media Vidio Audio Visual sehingga siswa mudah memahami cerita dengan sangat mudah dan cepat dan juga kelas menjadi lebih kondusif sebab siswa fokus mendengarkan dan menonton vidio ya g ditampilkan. Dan alangkah baiknya seorang guru bisa memanfaatkan media sederhana atau yg bisa di dapatkan di sekitaran lingkungan sekolah apa bila sekolah tersebut blm bisa mengakses internet. Pada vidio pembelajaran ini juga seorang guru menjelaskan seperti monoton sehingga kurang adanya umpan balik terhadap siswa kepada guru untuk mengajukan pertanyaan.

  9. Nama : Yunia Nur Annisa
    NIM : 85681843
    UPBJJ-UT BENGKULU
    Menurut pendapat saya pada video tersebut adapun reaksi yang dimunculkan oleh siswa adalah mereka masih kebingungan menjawab pertanyaan yang diberikan guru tentang materi perlawanan pangeran Diponegoro terhadap Belanda. Salah satu faktor yang melatarbelakanginya adalah kurangnya seorang guru dalam mengemas materi tersebut. Dari video tersebut adapun kelemahan yang secara keseluruhan adalah bagaimana seorang guru dalam mengemas materi yang disampaikan dan kurangnya instrumen-instrumen dalam menunjang pembelajaran tersebut. Kemudian secara keseluruhan adapun kelebihannya, guru sudah cukup menguasai materi yang disampaikan dan guru mampu mencari solusi atas kekurangan yang terjadi dalam pembelajaran.
    Hal unik yang terdapat dalam video tersebut adalah seorang guru tetap semangat dalam menyampaikan materi pembelajaran meskipun dengan media dan metode seadanya. Dan secara tidak langsung guru tersebut juga sudah mengajarkan kepada anak untuk tetap bersemangat dalam melaksanakan pembelajaran walaupun sarana dan prasarananya tidak memadai.Dari video tersebut adapun usulan yang dapat diberikan adalah guru hendaknya memiliki kesiapan sebelum melaksanakan proses pembelajaran baik dari metode, media, serta strategi pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik dan juga sarana dan prasarana yang ada di sekolah tersebut.

  10. NAMA MAHASISWA : MUBASSIR
    NIM : 858708931
    PROGRAM STUDI : S1-PGSD
    UPBJJ-UT : UPBJJ UT SURABAYA

    1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    Guru berusaha melibatkan siswa dalam pembelajaran dengan berbagi pengalaman dan contoh situasional. Hal ini dapat merangsang minat dan motivasi siswa untuk belajar. Secara umum siswa merespon dengan sangat baik, antusias dan berpartisipasi.

    2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
    – Tata bahasa dan struktur kalimat yang digunakan guru kurang tepat dan agak sulit.
    – Guru tidak memberikan penjelasan yang memadai tentang apa yang diajarkan.
    – Guru memberikan pengajaran yang tepat kepada siswa yang bukan orang pertama yang memperkenalkan atau menjelaskan informasi.
    -Guru tidak memeriksa pemahaman siswa terhadap informasi yang disajikan. Setelah guru memberikan instruksi, lanjutkan ke topik berikutnya.
    -Guru tidak memberikan kesempatan yang cukup kepada siswa untuk bertanya atau berdiskusi. Interaksi antara guru dan siswa biasanya terjadi.
    – Guru tidak dapat mengelola kelas dengan baik. Suasana kelas berisik dan tidak kondusif untuk pembelajaran.

    3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    – Guru mengajak siswa untuk menghargai lingkungan dengan cara merawat dan menjaganya. Hal ini terlihat ketika guru meminta siswa untuk menjaga lingkungan, baik lingkungan buatan maupun non lingkungan.
    – Guru mengajak siswa untuk mencintai dan peduli terhadap orang lain dengan membangun hubungan yang positif. Hal ini terlihat dari nasehat guru kepada siswanya untuk bersikap ramah terhadap wisatawan dan saling menghargai perbedaan.
    -Guru dapat menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan dan interaktif. Hal ini terlihat dari cara guru mengajak siswa berdiskusi dan berbagi pengalaman.
    -Guru dapat menghubungkan materi pembelajaran dengan pengalaman siswa sehari-hari. Hal ini terlihat dari guru yang bertanya kepada siswa tentang tempat-tempat yang pernah mereka kunjungi.
    -Guru mampu menyampaikan materi dengan sistematis dan runut. Hal ini terlihat dari alur penyampaian materi yang dimulai dari yang umum ke khusus.

    4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
    -Guru menggunakan pendekatan kreatif dan kontekstual untuk menghubungkan konsep akademik dan contoh dari pengalaman siswa dan lingkungan.
    -Guru juga berusaha mengembangkan pemikiran dan pemahaman siswa melalui analogi yang mereka gunakan.

    5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk menjngkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
    Kedepannya, guru hendaknya lebih mampu menyelenggarakan kelas dengan ide-ide yang tepat berdasarkan informasi yang disajikan sehingga siswa dapat lebih menerima materi pelajaran yang disajikan. Selain itu, guru juga sebaiknya menggunakan metode pendukung dan bahan ajar, seperti media pembelajaran yang menampilkan sejarah dalam bentuk visual, sehingga siswa dapat memahami konsep pembelajaran yang disajikan dengan lebih jelas.

Leave a Reply