silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Similar Posts

155 Comments

  1. Nama : M. AZMI SYAHPUTRA
    NIM :856025934
    Prodi : PGSD S1
    Semester : 6
    Pokjar : KOTA TEBING TINGGI
    UPBJJ : Medan

    Membaca adalah kegiatan untuk mendapatkan informasi melalui tulisan. Ketika siswa gemar membaca,maka berbagai kosakata dan informasi dapat mereka dapatkan. Semakin sering membaca semakin banyak pula hal yang mereka ketahui. Namun di zaman yang sudah canggih ini, minat membaca di kalangan anak-anak sudah sangat menurun. Anak-anak sudah banyak diberikan media-media hiburan seperti tontonan kartun di televisi,kecanduan gadget,dan media-media sosial lainnya. Guru di dalam video tersebut sudah melakukan hal yang terbaik untuk siswanya. Membudayakan minat baca sejak dini.
    Kelebihan:
    1. Guru menegur siswa yang membuat keributan
    2. Guru memberikan kesempatan pada siswa untuk menceritakan kembali cerita yang dibacanya
    3. Guru mengapresiasi siswa ketika maju ke depan
    4. Guru aktif dalam pembelajaran

    Kelemahan:
    1. Guru tidak mengucapkan salam dan menyapa siswa
    2. Guru tidak memulai pembelajaran dengan berdoa
    3. Guru tidak mengecek kehadiran siswa siswa
    4. Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran
    5. Guru tidak menjelaskan pelajaran sebelumnya / Apersepsi

  2. Nama : Serviam Gita Cahyani
    NIM : 858685558
    Prodi : FKIP PGSD

    izin berkomentar, menurut saya yang kurang dari pembelajaran ini adalah tidak ada salam pembuka dan berdoa untuk mengawali sebuah pembelajaran, dan juga guru tidak atau belum menyampaikan materi atau menjelaskan materi terlebih dahulu sebelum menyuruh para Siswa untuk membaca, dan hal itu biasanya akan memberi kesulitan bagi para Siswa memahami dan mengikuti sebuah pembelajaran. Terimakasih

  3. Nama : ZAKIYAH
    NIM : 857156905
    PRODI : S1 PGSD
    Setelah melihat tayangan video tentang minat memmbaca anak melalui literasi di kelas, dapat saya simpulkan bahwa
    1.minat ketrbacaan anak didalam kelas berbeda tingkatannya, ada yang memang terbiasa membaca dengan metode cepat,atau sedang ada yang perlu stimulasi agar mau membaca. melihat tayangan video tadi, siswa yang mengobrol dengan temannya merupakan siswa yang belum terbiasa untuk membaca, ditambah buku bacaannya yang kurang menyenangkan, karena tidak ada yang menarik perhatian si anak. kategori anak ini dengan cara membaca apalagi untuk kelas rendah perlu diberi stimulan dengan gambar dalam buku yang dibaca. salah satu contoh bahan bacaan tersebut adalah buku cerita bergambar sebagai salah satu cara untuk meningkatkan minat membaca anak, karena bermula dari gambar anak akan merasa ingin tahu dan keingin tahuan itu terjawab dengan membaca.
    2. Kepekaan guru terhadap kemauan dan karakter anak disesuaikan dalam membaca, agar tumbuh keinginan siswa untuk membaca.
    3. Setelah anak membaca dan guru mengapresiasi bacaan anak dengan memilih salah satu anak untuk menceritakan hasil bacaan anak, tetapi di video tadi guru tidak memberikan umpan balik setelah anak menceritakan hasil bacaannya didepan kelas.
    4. Guru kurang memberi motivasi dengan bercerita manfaat dengan membaca agar anak mau membaca baik di rumah atau di sekolah.
    membaca menjadi menyenangkan apabila orangtua dan guru mampu bekerjasama meningkatkan minat membaca di rumah, karena berawal dari rumah maka anak menjadi mampu dan terbiasa untuk membaca. inilah literasi berawal dari rumah, dari masa kanak-kanak yang dibacakan dongeng atau cerita yang memberi semangat dan motivasi dibacakan sebelum tidur menjadi pembiasaan yang akan terus melekat dan memotivasi anak untuk terus membaca.

  4. Nama : ELY
    NIM : 856020752
    Prodi : S1 PGSD
    Pokjar : salut permata Labura

    1.Guru belum terlalu baik dalam membuka pelajaran dan berdoa hingga mengecek kehadiran siswa .
    2 .perlu nya metode yang bervariasi dalam menyampaikan pelajaran yg bersangkutan.
    3.kurangnya perencanaan dalam alokasi Waktu dan siswa tidak di libatkan langsung dalam pembelajaran praktek tersebut.
    4.guru kurang memperhatikan dan mempersiapkan media juga alat peraga yang sesuai pada materi pelajaran.
    Terimakasih.

  5. nama : nur aminatun najah
    nim : 858696994
    prodi pgsd upbjj surabaya

    kelemahan dalam vidio tidak adanya pembukaan seperti berdoa menyanyikan lagu nasional dll guru juga tidak memberitahukan tujuan pembelajaran, namun isi dalam vidio sangat relevan memnag banyak anak yang sulit jika diajak membaca, dan lebih sering tidak fokus, mengganggu teman yang membaca dll untuk mengatasi itu bisa menggunakan buku bacaan bergambar yang bisa lebih menarik perhatian siswa atau guru memberikan kesepakatan diawal seperti “sesudah membaca nanti kalian harus bisa menyampaikan sedikit isi atau inti dari bacaan yang sudah kalian baca dan menceritakan nya didepan kelas ” agar anak-anak merasa memiliki tuntutan untuk mengerti dan memahami isi dari bacaan yang sudah dibaca. sesudah anak menceritakan didepan kelas alangkah baiknya memberikan hadiah baik hanya berupa pujian dan tepuk tangan agar mereka bersemangat lagi.

  6. Nama : Irma Kholifatul Liza
    Nim: 856572353
    Menurut saya karna Membaca merupakan kegiatan yang mampu meningkatkan kosakata siswa yang berguna saat berkomunikasi dengan orang lain. Siswa yang tidak fokus akan mengganggu siswa lain dan membuat kelas gaduh.
    Cara mengatasi hal tersebut adalah Guru mendatangi siswa tersebut dan menegurnya apakah sudah selesei membaca.
    Siswa yang membaca dengan cepat daripada yang lain guru bisa memberikan bacaan lagi supaya anak tetap sibuk dan juga menambah wawasan siswa tersebut.
    Hasil membaca guru harus mengapresiasi siswa supaya bisa maju kedepan untuk memberikan informasi terkait apa yang sudah dibaca , hal ini bisa menambah motivasi siswa.

  7. Ringkasan video : membaca adalah meningkatkan kosakata siswa dalam berkomunikasi bersama teman sebaya.
    Permasalahan yang ada guru tidak menjelaskan tujuan pembelajaran. Dan pembelajaran yang tidak menggunakan metode atau media. Pembelajaran terlalu monoton dan kurang menarik. Tetapi guru mengpresiasi siswa yang mau maju kedepan.

  8. Nama: Hafezh Al Hakim
    NIM: 857159466
    Kelas : PGSD BI

    Tanggapan tentang video pembelajaran diatas,

    “RINGKASAN VIDEO”
    Membaca merupakan kegiatan melihat tulisan bacaan dan proses memahami isi teks dengan bersuara atau dalam hati. dalam video tersebut guru menugaskan murid-muridnya untuk memehami bacaan tersebut dengan cara membaca di dalam hati. tetapi saat memabca ada beberapa anak yang bermain sendiri dan tidak fokus pada bacaan yang di baca sehingga menimbulkan kegaduhan di dalam kelas dan ketenangan dalam membaca dalam hal tersebut guru harus mendatangi siswa yang bermasalah tersebut dan memberikan teguran apakah dia sudah selesai membaca dan tanyakan penyebabnya.
    Siswa yang membaca lebih cepat dari temannya yang lain dapat di atasi dengan memberikan tambahan bacaan yang lain untuk di baca sehingga akan memberikan kesibukan tambahan dan sekaligus menambah pengetahuan siswa tersebut jika tidak diberi baccan tambahan lain maka anak tersebut berpotensi mengganggu teman yang masih belum selesai membaca.
    di video diatas guru sudah mengapresiasi siswa yang sudah mau maju untuk menceritakan kembali teks bacaan yang telah dibaca dengan menggunakan bahasanya sendiri.
    dalam pengamatan video diatas ada beberapa kelmahan dan kelebihan yang bisa di lihat:

    KELEMAHAN:
    1. Guru tidak mengucapkan salam dan menyapa siswa
    2. Guru tidak memulai pembelajaran dengan Do’a
    3. Guru tidak mengabsen siswa menanyakan siapa yang masuk dan tidak masuk
    4. Guru langsung menyuruh siswa untuk membaca tanpa penjelasan pembelajaran tersebut dilakukan

    KELEBIHAN:
    1. Guru mengapresiasi siswa ketika maju ke depan
    2. Guru selalu memantau siswa ketika anak berbuat gaduh
    3. Guru memberikan buku bacaan baru kepada siswa

  9. Nama : Nita Presdayanti
    Nim : 856986091
    Prodi : PGSD-S1
    UPBJJ : Ut Bandar Lampung
    Pokjar : Banjar agung
    Menurut saya dalam video pembelajaran tersebut, kekurangan guru yaitu awal pembelajaran tidak mengucapkan salam, tidak melakukan berdoa, tidak mengabsensi kehadiran siswa, dan tidak menjelaskan pembelajaran atau tujuan nya. Namun guru aktif mengawasi siswa, bahkan menegur siswa yang ribut dan mengganggu kawan nya, selain itu guru juga aktif menunjuk siswa untuk mengetahui pemahaman mereka membaca dan guru mampu memberikan apresiasi walau hanya bertepuk tangan sehingga dengan begitu akan menambah semangat belajar siswa. Pendapat saya untuk memperbaiki pembelajaran yaitu menambah media pembelajaran lainnya, dan guru harus menjelaskan terlebih dahulu pembelajaran agar siswa lebih memahami apa yang mereka lakukan dan pelajari.
    Demikianlah pendapat dari saya.

  10. NAMA : Yohakim Ngera seda
    NIM : 858408032
    UPBJJ : Samarinda
    Pokjar : Long Kali

    Setelah melihat video tersebut menurut pendapat saya yang kurang dari pembelajaran ini adalah tidak ada salam pembuka dan berdoa untuk mengawali sebuah pembelajaran, dan juga guru tidak atau belum menyampaikan materi atau menjelaskan materi terlebih dahulu sebelum menyuruh para Siswa untuk membaca, dan hal itu biasanya akan memberi kesulitan bagi para Siswa memahami dan mengikuti sebuah pembelajaran di kelas

Leave a Reply