silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi tentang pemecahan masalah kesulitan siswa kelas I SD dalam mebaca deskripsi tentang benda yang terdapat dalam buku pelajaran bahasa indonesia beserta pemecahan masalahnya.
Yetty Morelent dan Teguh Prakoso

Similar Posts

118 Comments

  1. Nama : Zahrani elma siregar (855850226)
    1. Kelemahan dalam video pembelajaran
    a. Guru tidak membuka pelajaran dengan doa
    b. Guru kurang mampu memotivasi siswa untuk belajar secara efektif.
    c. Guru kurang memberikan contoh materi yang di bahas
    d. Guru kurang menggunakan media pembelajaran yang tepat, hanya buku saja.
    e. Guru tidak memberikan tugas atau evaluasi kepada siswa.

    2. Kelebihan dalam video pembelajaran
    a. Guru memberikan penjelasan yang mudah difahami oleh siswa
    b. Guru mampu mengkodisikan siswa di dalam kelas.

  2. Nama : Ena Hafsah
    Nim : 856814476
    Prodi : PGSD
    Berdasarkan hasil paparan video diatas dapat dianalisis bahwa:
    1. Guru tidak menyiapkan siswa secara fisik dan mental mulai dari sebelum ruang kelas sampai mulai pembelajaran seperti berdoa, memberikan yel-yel semangat belajar, menanamkan nasionalisme lalu melakukan presensi atau Mengecek kehadiran,dan menerapkan literasi budaya selama 15 menit.
    2. Guru tidak menyampaikan materi sebelumnya Yang Sudah dipelajari, seharusnya pada langkah ini guru melakukan apresepsi materi untuk mengingat materi yang sebelumnya sudah dipelajari.
    3. Guru menerapkan active learning sesuai model pembelajaran terlihat adanya tanya jawab dari guru dan siswa sehingga terlihat keaktifan siswa didalam kelas.
    4. Guru menumbuhkan kebiasaan positif kepada siswa saat pembelajaran dengan tanya menjawab terhadap materi yang disampaikan.
    5. Guru kurang dalam menyampaikan rangkuman materi yang dipelajari oleh siswa

  3. Nama : Ena Hafsah
    Nim : 856814476
    Prodi : PGSD
    Berdasarkan hasil paparan video diatas dapat dijelaskan bahwa:
    1. Guru tidak menyiapkan siswa secara fisik dan mental mulai dari sebelum ruang kelas sampai mulai pembelajaran seperti berdoa, memberikan yel-yel semangat belajar, mengembangkan nasionalisme lalu melakukan presensi atau Mengecek kehadiran,dan menerapkan literasi budaya selama 15 menit.
    2. Guru tidak menyampaikan materi sebelumnya yang sudah dipelajari, seharusnya pada langkah ini guru melakukan apresepsi materi untuk mengingat materi yang sebelumnya sudah dipelajari.
    3. Guru menerapkan pembelajaran aktif sesuai model pembelajaran terlihat adanya tanya jawab dari guru dan siswa sehingga terlihat keaktifan siswa di dalam kelas.
    4. Guru menumbuhkan kebiasaan positif kepada siswa saat pembelajaran dengan menjawab materi yang disampaikan.
    5. Guru kurang menampilkan media yang cukup sehingga hanya berpatokan pada buku saja.
    6. Guru kurang dalam menyampaikan rangkuman materi yang dipelajari oleh siswa

  4. NAMA : MASKUR
    NIM : 858754684
    PRODI : PGSD

    Berdasarkan video tersebut,
    siswa cukup antusias terhadap pembelajaran dan aktif dalam tanya jawab dengan guru. Namun, terdapat beberapa kelemahan dalam pendekatan pembelajaran guru:
    1. Guru masih mengandalkan metode ceramah, yang mungkin kurang menarik bagi siswa yang memiliki cara belajar kinestetik. Selain itu, karena siswa belum diajari membaca dengan baik, hal ini dapat menjadi hambatan dalam pemahaman materi.
    2. Kurangnya penggunaan media pembelajaran juga dapat membatasi pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan.
    3. Pada awal pembelajaran, guru tidak melakukan doa untuk memulai pembelajaran, yang merupakan bagian penting dari pembukaan sesi pembelajaran.
    Meskipun demikian, terdapat beberapa kelebihan yang dapat diamati dari video tersebut, yaitu guru menjelaskan dengan jelas sehingga dapat dipahami oleh siswa. Selain itu, siswa terlihat aktif dalam tanya jawab dengan guru dan berani maju ke depan untuk membacakan ciri-ciri benda. Guru juga telah melakukan penutupan pembelajaran dengan doa penutup.

    Untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran, beberapa upaya yang dapat dilakukan adalah:

    1. Guru dapat menggunakan media lain, seperti kotak pensil, pulpen, atau buku, untuk dipertunjukkan kepada siswa sebagai contoh benda, beserta penjelasan mengenai mengapa benda tersebut disebut benda. Hal ini dapat membantu siswa memahami materi dengan lebih baik.
    2. Selain menggunakan metode ceramah, guru dapat menambahkan metode diskusi bersama sebagai upaya untuk meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Diskusi bersama dapat mendorong siswa untuk lebih aktif berpartisipasi dan berkontribusi dalam proses pembelajaran.

  5. Menurut pendapat saya guru dalam pembelajaran memiliki kelebihan dan kekurangan
    Yang saya bahas pertama adalah kelemahannya
    1. Di awal pembelajaran guru tidak memberi motivasi semangat belajar
    2. Tidak ada para pembelajaran yang berisi absen, doa dan penjelasan materi di bab tersebut
    3. Siswa di hadapkan langsung dengan pertanyaan yang belum di contohkan oleh guru.
    4. Guru belum memberi contoh membaca dan menulis benda benda di sekitar sehingga murid hanya bisa memberi pernyataan
    5, kurangnya perhatian untuk anak yang belum bisa membaca dengan baik dan lancar

    Kelebihan yang sudah di lakukan oleh guru tersebut
    1. Membuat kelas menjadi aktif
    2. Banyak siswa tertarik dengan apa yang di tanyakan di pembelajaran

    Sesilia Ratih / 857706745

  6. Nama :Mudmainah
    Nim. : 857831959
    PRODI : PGSD

    Menurut pendapat saya Guru tidak menyiapkan siswa secara fisik dan mental mulai dari sebelum ruang kelas sampai mulai pembelajaran seperti berdoa, memberikan yel-yel semangat belajar, menanamkan nasionalisme lalu melakukan presensi atau Mengecek kehadiran,dan kurangnya perhatian untuk anak yang belum bisa membaca dengan baik dan lancar

  7. Nama : Sela dela nopela
    NIM : 856815041
    Pokjar : Ipuh
    Menurut pendapat saya video pembelajaran yang ditayangkan sudah sangat bagus, hanya saja pada pembukaan sebaiknya guru memberikan lebih banyak motivasi kepada siswa.
    Kekurangan yang terdapat pada video pembelajaran di atas ialah:
    1. Kurangnya dorongan dari guru supaya anak tertarik untuk membaca.
    2. Siswa kelas 1 masih banyak yang belum bisa membaca dengan baik dan lancar.
    3. Kurangnya respon dari guru atau kurangnya perhatian dari guru bagi anak-anak yang belum bisa membaca.
    4. Guru menganggap semua anak-anak yang berada di dalam kelas telah mengerti dengan penjelasan yang disampaikan sedangkan anak tersebut masih banyak yang belum mengerti dengan arah pembelajaran itu sendiri.

  8. NAMA : MARTHA RENSA ELITA AWAWANGI
    NIM : 815230935
    Menurut saya, pembelajarannya sudah baik,Cmn sebaiknya di awal pembelajaran di buka dgn Doa,Pengambilan absen,Memberikan pertanyaan pemantik.Seorang siswa belum tau membaca,sebaiknya ditutun dalam pembelajaran.Diakhir pembelajaran sebaiknya membuat rangkuman materi dan refleksi,Di tutup dgn Doa.

  9. Nama : Nafira Hidayanti
    NIM : 857725594
    UPBJJ : Semarang

    Kelemahan :
    1. Pembukaan pembelajaran yang kurang efektif sehingga kurang memberi semangat kepada siswa
    2. Tidak di berikan contoh terlebih dahulu bagaimana cara menulis benda benda tersebut
    3. Kurang memotivasi siswa dalam belajar membaca dan hanya membiarkan siswa yang tidak bisa membaca dan tidak semangat membaca

    Kelebihan:
    1. Guru mampu mengelola kelas dengan baik sehingga banyak siswa yang memperhatikan
    2. Penyampaian pembelajaran yang jelas

  10. Nama : Nafira Hidayanti
    NIM : 857725594
    UPBJJ : Semarang

    Kelemahan :
    1. Pembukaan pembelajaran yang kurang efektif sehingga kurang memberi semangat kepada siswa
    2. Tidak di berikan contoh terlebih dahulu bagaimana cara menulis benda benda tersebut
    3. Kurang memotivasi siswa dalam belajar membaca , hanya membiarkan siswa yang tidak bisa membaca dan tidak semangat membaca

    Kelebihan:
    1. Guru mampu mengelola kelas dengan baik sehingga banyak siswa yang memperhatikan
    2. Penyampaian pembelajaran yang jelas

Leave a Reply