silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi tentang pemecahan masalah kesulitan siswa dalam belajar membuat pantun, beserta alternatif pemecahan masalahnya, dengan tujuan untuk mempercepat pemahaman siswa mengenai cara membuat pantun. Solusi yang diberikan dalam program ini adalah dengan pembelajaran secara berkelompok. Dengan belajar berkelompok, selain mempercepat pemahaman siswa bagaimana cara membuat pantun, juga memberikan kesempatan kepada setiap siswa untuk membuat pantun, mendiskusikan isi pantun, dan bersosialisasi dengan temannya. Pembelajaran secara berkelompok akan berhasil jika dalam proses pembelajaran, guru mengarahkan dan mengamati kegiatan yang dilakukan setiap kelompok. Apakah anda pernah melakukan pembelajaran membuat pantun dengan cara berkelompok? Bagaimana cara anda melakukan proses pembelajarannya? Ayo berbagi dengan guru-guru lain dengan cara menuliskan pengalaman atau komentar anda!

Dra. Yetty Morelent, M. Hum.

Similar Posts

230 Comments

  1. Nama : ani Riska putri
    Nim : 856i13743
    Prodi : pgsd
    Semester : 6

    Menurut saya guru sudah melakukan tahap pembukaan dengan semangat

    Pada video tersebut guru menanyakan kepada siswa tentang pembelajaran yang akan di pelajari, walaupun sudah di sampaikan pada minggu sebelumnya tetapi guru menyampaikan kembali pengertian dari pembelajaran membuat pantun tersebut, sebelum meminta siswa membuat pantun. agar lebih menguatkan ingatan para siswa.dalam pembelajaran membuat pantun, guru melakukan pembelajaran secara berkelompok, sehingga para siswa lbih bersosialisasi lagi terhadap teman-temannya. karena dalam pembelajaran memang sangat bagus lagi jika di lakukan secara berkelompok, maka mereka akan saling pertukan pendapat.

    Menurut saya ada baiknya jika kelompok di tunjuk atau dibagi langsung oleh guru supaya adil dan tidak terjadi keributan antar sesama siswa.

    Kemudian dalam proses pembelajaran menurut saya sudah bagus dan berjalan lancar.

  2. Nama. : Ari agustian
    Nim. : 856955832
    Pokjar. : Rawapitu

    Menurut saya, keterampilan dalam mengajar guru sudah baik. guru mampu menyampaikan dengan cermat dan teliti, guru bersikap ceria dalam pembelajaran dan menerapkan metode diskusi sehingga siswa terlihat lebih aktif. Guru memotivasi siswa dalam pembelajaran : memberikan feedback yang bagus dengan memberikan pujian dan tepuk tangan setelah siswa maju membacakan hasil karyanya atas hasil kerja kelompok, hal ini dapat memotivasi siswa dan meningkatkan kepercayaan diri siswa.
    Kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran adalah :
    1. Guru tidak mereview materi pantun sebelumnya, divideo pembelajaran tersebut guru langsung meminta siswa untuk membuat pantun secara berkelompok sehingga ada beberapa siswa yang masih kebingungan terhadap perintah guru.
    2. Dalam membagi kelompok, guru terlihat kesulitan dalam membagi kelompok, sehingga suasana kelas terlihat gaduh. Sebagai masukan, ada baiknya guru sendiri yang menentukan bagaimana pembagian kelompok karena anak-anak biasanya cenderung pilih-pilih dan biasanya anak-anak yang sedikit pemalu akan kesulitan dalam membentuk kelompoknya.

  3. Nama: Hidayana
    Nim : 865956422
    Pokjar Rawa Pitu

    Analisis masalah : Kesulitan siswa dalam belajar membuat pantun

    Setelah melihat vidio pembelajaran tersebut, menurut saya keterampilan dalam mengajar guru sudah baik. Guru sudah melakukan kegiatan awal dalam pembelajarannya, berupa ucapan salam, menyapa anak-anak, mengecek kehadiran siswa, menyampaikan materi yang akan dipelajari pada hari itu, memberikan motivasi. Namun guru lupa untuk menerapkan membaca do’a sebelum memulai pembelajaran.

    Dalam video pembelajaran tersebut kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran adalah :
    1. Guru tidak mereview materi pantun sebelumnya, divideo pembelajaran tersebut guru langsung meminta siswa untuk membuat pantun secara berkelompok sehingga ada beberapa siswa yang masih kebingungan terhadap perintah guru.
    2. Dalam membagi kelompok, guru terlihat kesulitan dalam membagi kelompok, sehingga suasana kelas terlihat gaduh.
    3. Guru tidak memberikan penjelasan terhadap contoh pantun yang disampaikan.

    Selain kelemahan dalam mengajar, guru juga memiliki kelebihan dalam mengajar. Pada video kegiatan pembelajaran tersebut kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran adalah :
    1. Guru memberikan contoh pantun kepada siswa.
    2. Contoh pantun yang diberikan oleh guru bahasanya mudah dipahami.
    3. Guru memperhatikan siswa saat berdiskusi kelompok.
    4. Guru menanyakan kabar siswa yang tidak hadir dalam kegiatan pembelajaran.
    Guru tersebut juga memiliki hal-hal yang unik dalam kegiatan pembelajaran tersebut, hal-hal yang unik dalam pembelajaran tersebut :
    5. guru dalam memberikan tugas kepada siswa dengan metode diskusi kelompok, guru meminta siswa untuk membacakan hasil kelompok didepan kelas.
    6. Guru dalam penyampaian materi menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh siswa.

    Solusi tindakan
    1. Sebelum masuk materi belum disampaikan apersepsi pembelajaran lalu
    2. Sebaiknya saat membagi siswa untuk mengerjakan tugas guru tersebut mengawasi apa yang dikerjakan siswa sudah benar atau keliru, jika keliru kita bisa menjelaskan lebih rinci lagi apa yang kurang dipahami siswa misalnya dengan menghampiri siswa perkelompok. Selain itu, kita sebagai guru bisa menciptakan kedekatan antar siswa yang lebih baik lagi.
    3. Dalam pembelajaran yang disampaikan belum dilengkapi dengan media pembelajaran.
    4. Ada baiknya dalam memberikan contoh pantun, guru menuliskan juga di papan tulis karena type belajar siswa berbeda-beda.

  4. Nama Mahasiswa : Tari Noviyanti
    NIM : 856215737
    Program Studi : PPGSD-S1
    UPBJJ-UT : Padang

    Kelemahan dalam pembelajaran video:
    a) Pada kegiatan pendahuluan alanglah baiknya sebelum melakukan kegiatan pembelajaran lebih baik berdo’a terlebih dahulu.
    b) Materi yang dibawak terlalu monoton tidak ada ice breaking. Seharusnya anak anak agar lebih semangat dalam pembelajaran alangkah baiknya melakukan ice breaking agar lebih semangat selama pembelajaran.
    c) Guru tidak memilih kelompok sesuai dengan kondisi dan keadaan kelas. contohnya ialah siswa memilih teman kelompoknya sendiri. yang mana kita ketahui bahwa ketika peserta didik ketika di suruh memilih teman sekelompoknya maka mereka akan memilih temannya yang paling dekat dan akrab dengan mereka, bisa juga yang pandai temannya yang pandai, dan yang kurang pandai akan sama yang kurang pandai juga, seharusnya sebagai guru bisa memilihkan dan menyusun nkelompok sesuai dengan tingkat kepintaran siswa,
    d) Guru belum menggunakan media dalam pembelajaran
    e) Guru menjelaskan terlalu cepat mengenai pantun ciri pantun serta contoh pantun dan langsung memberi tugas sehingga terlihat beberapa siswa belum memahami perintah yang disampaikan oleh guru.
    f) Di akhir pelajaran, guru seharusnya memberikan kesimpulan materi akan apa yang telah dipelajari hari itu.

    Kelebihan dalam pembelajaran video:
    a. Guru memiliki teknik mengajar yang baik dengan membagi para siswa menjadi beberapa kelompok kecil dalam membuat pantun. Hal ini akan membuat siswa yang pandai menjadi tutor sebaya bagi teman-temannya yang pasif atau yang masih belum memahami tentang bagaimana cara membuat pantun tersebut.
    b. Guru memberikan motivasi kepada siswa dengan memberikan pujian bahwa siswa di dalam kelas tersebut mampu dalam membuat pantun. Hal ini penting karena akan membangkitkan semangat siswa dalam berkarya.
    c. Guru memberikan kesempatan kepada murid untuk tampil dan menyampaikan hasil kerja kelompok dihadapan para siswa lainnya di depan kelas.
    d. Guru mengajar dengan menggunakan intonasi dan suara yang teduh sehingga membuat siswa di kelas merasa nyaman dalam belajar.
    e. Guru memberikan feedback yang bagus dengan memberikan pujian dan tepuk tangan setelah siswa maju membacakan hasil karyanya atas hasil kerja kelompok mereka

  5. Nama Mahasiswa : Tari Noviyanti
    NIM : 856215737
    Program Studi : PPGSD-S1
    UPBJJ-UT : Padang

    Kelemahan dalam pembelajaran video:
    a) Pada kegiatan pendahuluan alanglah baiknya sebelum melakukan kegiatan pembelajaran lebih baik berdo’a terlebih dahulu.
    b) Materi yang dibawak terlalu monoton tidak ada ice breaking. Seharusnya anak anak agar lebih semangat dalam pembelajaran alangkah baiknya melakukan ice breaking agar lebih semangat selama pembelajaran.
    c) Guru tidak memilih kelompok sesuai dengan kondisi dan keadaan kelas. contohnya ialah siswa memilih teman kelompoknya sendiri. yang mana kita ketahui bahwa ketika peserta didik ketika di suruh memilih teman sekelompoknya maka mereka akan memilih temannya yang paling dekat dan akrab dengan mereka, bisa juga yang pandai temannya yang pandai, dan yang kurang pandai akan sama yang kurang pandai juga, seharusnya sebagai guru bisa memilihkan dan menyusun nkelompok sesuai dengan tingkat kepintaran siswa,
    d) Guru belum menggunakan media dalam pembelajaran
    e) Guru menjelaskan terlalu cepat mengenai pantun ciri pantun serta contoh pantun dan langsung memberi tugas sehingga terlihat beberapa siswa belum memahami perintah yang disampaikan oleh guru.
    f) Di akhir pelajaran, guru seharusnya memberikan kesimpulan materi akan apa yang telah dipelajari hari itu.

    Kelebihan dalam pembelajaran video:
    a. Guru memiliki teknik mengajar yang baik dengan membagi para siswa menjadi beberapa kelompok kecil dalam membuat pantun. Hal ini akan membuat siswa yang pandai menjadi tutor sebaya bagi teman-temannya yang pasif atau yang masih belum memahami tentang bagaimana cara membuat pantun tersebut.
    b. Guru memberikan motivasi kepada siswa dengan memberikan pujian bahwa siswa di dalam kelas tersebut mampu dalam membuat pantun. Hal ini penting karena akan membangkitkan semangat siswa dalam berkarya.
    c. Guru memberikan kesempatan kepada murid untuk tampil dan menyampaikan hasil kerja kelompok dihadapan para siswa lainnya di depan kelas.
    d. Guru mengajar dengan menggunakan intonasi dan suara yang teduh sehingga membuat siswa di kelas merasa nyaman dalam belajar.
    e. Guru memberikan feedback yang bagus dengan memberikan pujian dan tepuk tangan setelah siswa maju membacakan hasil karyanya atas hasil kerja kelompok mereka

  6. Nama : Risma Monica
    NIM. : 858416205
    Program Studi: S1 PGSD

    Dalam video tersebut, menurut saya ibu guru sudah melakukan tahap pembukaan yaitu menyapa anak anak serta menanyakan kehadiran siswa. Ibu guru juga menanyakan kepada siswa tentang pembelajaran yang akan dipelajari, walaupun sudah di sampaikan pada Minggu sebelumnya namun ada baiknya ibu guru menyampaikan kembali pengertian dari pembelajaran membuat pantun tersebut, sebelum meminta siswa membuat pantun. Agar lebih menguatkan ingatan para siswa. Dalam pembelajaran pantun ini, ibu guru melakukan pembelajaran secara berkelompok, sehingga para siswa akan lebih bersosialisasi lagi terhadap teman-temannya. Karena dalam pembelajaran akan lebih bagus lagi jika dilakukan secara berkelompok maka mereka akan saling bertukar pendapat. Namun hal ini menurut saya kurang efektif dalam proses pembentukan kelompok oleh ibu guru terlihat agak kesulitan, karena anak anak diminta membuat kelompok sendiri sehingga menimbulkan keributan dalam pemilihan kelompok. Untuk proses pembelajarannya menurut saya sudah bagus dan berjalan lancar. Para siswa diminta melengkapi pantun ini guru yang sudah dirancang.

  7. Assalamualaikum
    Selamat siang…
    Nama : Apriani
    Nim :856573362

    Tadi ibu guru masuk kelas dengan tema belajar membuat pantun.awal ibu guru masuk sangat bagus dan tanah senyum terhadap anak anaknya sehingga anak nampak sennag belajar sama ibu tapi pas udh masuk materi pembelajaran ibu manyuruh membuat pantun langsung tanda menjelaskan ulang apa itu pantun alangkah baiknya pas awal masuk materi tadi ibu menjelaskan ulang tentang pantun tersebut

  8. NAMA : MASLIYANA

    NIM : 856997324

    POKJAR:Gisting

    1. Pada video diatas guru sudah melakukan tahap pembukaan yaitu menyapa anak,menanyakan kabar anak-anak,dan menanyakan kehadiran siswa.
    2. Guru mengingatkan siswa mengenai materi sebelum nya dan memberi apresiasi bahwa siswa pasti bisa dalam membuat pantun,karena mereka pintar,apresiasi tersebut sangat memotivasi siswa dalam belajar membuat pantun.
    3. Guru sudah merangsang keaktifan siswa dengan membacakan sampiran pantun dan siswa melanjutkan isi pantun.
    4.Namun dalam memberikan contoh pantun guru tidak menuliskannya dipapan tulis kelas.

  9. Nama : Siti sabina irawati
    Nim : 856037978
    Jurusan : PGSD
    Menurut analisis saya dari vidio yang saya lihat:
    ibu guru sudah melakukan tahap pembukaan yaitu menyapa anak-anak serta menanyakan kehadiran siswa.ibu guru menanyakan kepada siswa tentang pembelajaran yang akan di pelajari, walaupun sudah di sampaikan pada minggu sebelumnya namun ada baiknya ibu guru menyampaikan kembali pengertian dari pembelajaran membuat pantun tersebut, sebelum meminta siswa membuat pantun. agar lebih menguatkan ingatan para siswa.dalam pembelajaran membuat pantun ini, saya sangat setuju dengan cara ibu guru melakukan pembelajaran secara berkelompok, sehingga para siswa akan lebih bersosialisasi lagi terhadap teman-temannya. karena dalam pembelajaran akan lebih bagus lagi jika di lakukan secara berkelompok, maka mereka akan saling pertukan pendapat. dan ini sangat bagus untuk perkembangan anak di sekolah.
    namun hal menurut saya kurang efektif adalah, dalam proses pembentukan kelompok ibu guru terlihat agak kesulitan, karena anak-anak di minta membuat kelompok sendiri sehingga menimbulkan keributan dalam pemilihan kelompok. ada baiknya ibu guru saja yang membetuk kelompok tersebut sehingga anggota kelompok terbentuk secara merata.
    untuk proses pembelajarannya menurut saya sudah bagus dan berjalan lancar. para siswa diminta untuk melengkapi pantun ibu guru yang sudah di rancang, kemudian mereka menampilkannya ke depan kelas.
    demikian analisis dari saya.

  10. Nama : Rindi novita sari
    Nim : 856984399
    Prodi : S1 PGSD
    Pokjar : Way Tuba

    Kelebihan : menurut saya, guru sudah baik dalam melakukan pengamatan saat diskusi, guru menanyakan kesulitan dalam membuat pantun, Guru telah menyampaikan materi perbait dan ciri-cirinya. Guru dan siswa memberikan apresiasi dan guru juga memberikan feedback.

    Kekurangan : menurut saya, guru tidak mengucapkan salam untuk memulai pelajaran, hanya mengucapkan selamat pagi, menurut saya itu kurang untuk toleransi di kelas, menurut saya, juga penyampaian materi nya kurang jelas dan lengkap.

    Saran : harusnya guru menyampaikan materi dengan jelas (memberikan contoh, penjelasan dan ciri-ciri yang jelas untuk pembuatan pantun). guru harusnya bertanya pada siswa “apakah ada yang kurang jelas, ada yang ingin ditanyakan ?” guru juga harusnya memberikan kesimpulan pada akhir pembelajaran dan juga menutup pembelajaran.

Leave a Reply