silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi tentang pemecahan masalah kesulitan siswa dalam belajar membuat pantun, beserta alternatif pemecahan masalahnya, dengan tujuan untuk mempercepat pemahaman siswa mengenai cara membuat pantun. Solusi yang diberikan dalam program ini adalah dengan pembelajaran secara berkelompok. Dengan belajar berkelompok, selain mempercepat pemahaman siswa bagaimana cara membuat pantun, juga memberikan kesempatan kepada setiap siswa untuk membuat pantun, mendiskusikan isi pantun, dan bersosialisasi dengan temannya. Pembelajaran secara berkelompok akan berhasil jika dalam proses pembelajaran, guru mengarahkan dan mengamati kegiatan yang dilakukan setiap kelompok. Apakah anda pernah melakukan pembelajaran membuat pantun dengan cara berkelompok? Bagaimana cara anda melakukan proses pembelajarannya? Ayo berbagi dengan guru-guru lain dengan cara menuliskan pengalaman atau komentar anda!

Dra. Yetty Morelent, M. Hum.

Similar Posts

198 Comments

  1. Nama : Tomi Ardi Wibowo
    Nim : 856984525
    Prodi : S1- PGSD
    Pokjar: Way Tuba

    Menurut saya, dalam video pembelajaran diatas sudah cukup baik, namun masih ada kekurangan dan kelebihannya. kekurangan dan kelebihannya diantaranya sebagai berikut :

    Kekurangan
    1. Diawal pembukaan pembelajaran guru tidak menyampaikan salam
    2. Guru tidak mengecek kehadiran siswa
    3. Guru tidak menyampaikan penguatan materi terlebih dahulu
    4. Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran
    5. Diakhir pembelajaran guru tidak menyampaikan kesimpulan
    6. Guru tidak memberikan tugas rumah

    Kelebihan
    1. Pada pembelajaran tersebut, guru menjelaskan materi sealigus memberikan contoh kepada siswa
    2. Guru menyuruh siswa untuk maju kedepan menyampaikan hasil kerjanya. Dengan begitu mental siswa
    akan terlatih seiring berjalannya waktu

    Saran
    Menurut saya, diawal pembukaan pembelajaran seharusnya guru mengucapkan salam terlebih dahulu agar pembelajaran terlihat lebih konkrit. Setelah itu arahkan siswa untuk berdo’a bersama terlebih dahulu yang dipimpin oleh ketua kelas. Setelah berdo’a guru mengecek kehadiran siswa lewat abasensi kelas. Setelah absensi barulah guru menyampaikan pelajaran apa yang akan dipelajari serta menyampaikan tujuan pembelajarannya. Dilanjutkan ke penjelasan materi , didalam menjelaskan materi guru harus benar-benar mengajari siswa tentang pelajaran yang akan diterapkan dengan tujuan agar siswa benar-benar memahami pelajaran yang diterapkan sehingga siswa dapat menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru setelah pembelajaran selesai. Dan diakhir pembelajaran saran saya guru harus menyampaikan esimpulan dari pembelajaran yang telah dilalui, setelah itu guru memberikan tugas rumah dengan tujuan agar siswa tetap belajar meskipun tidak diseolahan. setelah itu tutuplah dengan mengucapkan salam.

  2. Nama : Maya Tulistiani
    Nim. : 856718288
    Pokjar: gelumbang
    dengan memulai belajar dengan doa. karena guru datang menyapa dan langsung memulai pelajaran tanpa menyuruh siswa berdoa terlebih dahulu.

    tizahmad07 says:
    May 8, 2023 at 6:18 pm
    Nama : AHMAD SUTISNA
    NIM : 83647817
    Program Studi : S1-PGSD
    Mata Pelajaran : BAHASA INDONESIA
    Pokok Bahasan : Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia (Belajar membuat pantun)

    Dari hasil menyimak video tentang “Belajar membuat pantun”, dapat ditarik kesimpulan bahwa reaksi siswa terhadap kegiatan dalam video tersebut terlihat cukup antusias dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar.
    Berdasarkan hasil menyimak, terdapat kelebihan dan kelemahan dalam kegiatan belajar mengajar tersebut, yakni sebagai berikut.
    1. Kelemahan
    a. Sebelum melakukan kegiatan pembelajaran, alangkah lebih baik berdo’a terlebih dahulu sesuai dengan kepercayaan masing-masing
    b. Sesudah berdo’a, alangkah lebih baik untuk melakukan flashback terkait materi pembelajaran pada hari sebelumnya
    c. Guru tidak bertanya terkait kabar/keadaan siswa saat itu
    2. Kelebihan
    a. Pembawaan gaya penyampaian materi guru yang dinilai cukup menyenangkan membuat siswa terlihat sangat antusias
    b. Penyampaian materi yang tidak berbelit sehingga memudahkan siswa untuk mencerna materi tersebut
    c. Metode pembelajaran yang digunakan juga dapat menstimulus kerjasama antar siswa
    Terdapat hal unik dalam video pembelajaran tersebut yakni, dalam video tersebut selama kegiatan belajar mengajar berlangsung menggunakan metode diskusi. Metode ini dapat menstimulus kerjasama siswa sehingga siswa terlatih untuk menghadapi perbedaan pendapat dan melakukan problem solving ketika terdapat masalah dalam kelompok diskusinya. Selain itu, tema puisi yang ditentukan oleh guru juga bebas. Hal ini sangat bagus untuk menstimulus critical thinking siswa.
    Beberapa hal yang mungkin akan menjadi upaya sehingga siswa dapat berkembang lebih baik dalam pembelajaran yaitu, meningkatkan keaktifan siswa selama kegiatan pembelajaran berlangsung (student center) dapat berupa kegiatan seperti sebagai berikut.
    1. Berikan kesempatan siswa untuk mengemukakan pendapat terkait materi pelajaran yang hendak/sudah dipelajarinya
    2. Berikan kesempatan siswa untuk menilai hasil kinerja kelompok temannya
    3. Melakukan pijatan refleksi sederhana untuk meringankan otot/sel yang sudah berkontribusi dalam tubuh selama kegiatan pembelajaran berlangsung.

  3. Nama : Maya tulistiani
    Nim : 856718288
    Pokjar : gelumbang
    Kekurangan
    1. Diawal pembukaan pembelajaran guru tidak menyampaikan salam
    2. Guru tidak mengecek kehadiran siswa
    3. Guru tidak menyampaikan penguatan materi terlebih dahulu
    4. Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran
    5. Diakhir pembelajaran guru tidak menyampaikan kesimpulan
    6. Guru tidak memberikan tugas rumah

    Kelebihan
    1. Pada pembelajaran tersebut, guru menjelaskan materi sealigus memberikan contoh kepada siswa
    2. Guru menyuruh siswa untuk maju kedepan menyampaikan hasil kerjanya. Dengan begitu mental siswa
    akan terlatih seiring berjalannya waktu

    Saran
    Menurut saya, diawal pembukaan pembelajaran seharusnya guru mengucapkan salam terlebih dahulu agar pembelajaran terlihat lebih konkrit. Setelah itu arahkan siswa untuk berdo’a bersama terlebih dahulu yang dipimpin oleh ketua kelas. Setelah berdo’a guru mengecek kehadiran siswa lewat abasensi kelas. Setelah absensi barulah guru menyampaikan pelajaran apa yang akan dipelajari serta menyampaikan tujuan pembelajarannya. Dilanjutkan ke penjelasan materi , didalam menjelaskan materi guru harus benar-benar mengajari siswa tentang pelajaran yang akan diterapkan dengan tujuan agar siswa benar-benar memahami pelajaran yang diterapkan sehingga siswa dapat menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru setelah pembelajaran selesai. Dan diakhir pembelajaran saran saya guru harus menyampaikan esimpulan dari pembelajaran yang telah dilalui, setelah itu guru memberikan tugas rumah dengan tujuan agar siswa tetap belajar meskipun tidak diseolahan. setelah itu tutuplah dengan mengucapkan salam.

  4. Nama. : Niken Ayu
    Nim. : 856753497
    Pogjar : Gelumbang

    Menurut saya video diatas sangat baik tapi masih ada kekurangan dan kelebihan nya menurut saya untuk kekurangannya yaitu:
    -Kekurangan

    Untuk kegiatan pembuka Guru tidak menyuruh siswa terlebih dahulu berdoa,Guru menyanakan kabar siswa dan melakukan absen terhadap siswa.Guru menjelaskan kepada siswa akan pembelajaran hari ini dan menyanakan kepada suruh siswa tentang materi yang sudah di pelajari sebelumnya.terlebih dahulu guru guru menjelaskan tentang ciri-ciri pantun,Guru membuat siswa lebih aktif dalam pelaksanaa pembelajaran.

    Sedangkan kelebihannya yaitu ;
    -kelebihan

    1. Sebelum memulai pelajaran guru tersebut sudah baik, mulai dari menyapa siswa dan menyampaikan materi apa yang akan dibahas pada kegiatan pembelajaran. Tidak lupa memberikan apersepsi apa itu pantun.
    2. Pada kegiatan penyampaian materi pembelajaran terlihat dari keaktifan siswa menjawab pertanyaan guru tersebut.
    3. Metode pembelajaran yang digunakan juga sudah baik, dengan membagi siswa secara berkelompok untuk membuat pantun bersama. Hal ini mampu untuk meningkatkan sosialisasi antar siswa dan meningkatkan keaktifan siswa.

    Terimakasih .

  5. Menurut pendapat saya berdasarkan video tersebut sudah cukup baik. Namun, dalam pendahuluan terlihat guru tidak mengajak siswa berdoa sebelum belajar serta tidak menyampaikan tujuan dari pembelajaran dan belum terlihat memotivasi siswa.
    Menurut saya, diawal pembukaan pembelajaran seharusnya guru mengucapkan salam terlebih dahulu agar pembelajaran terlihat lebih konkrit. Setelah itu arahkan siswa untuk berdo’a bersama terlebih dahulu yang dipimpin oleh ketua kelas. Setelah berdo’a guru mengecek kehadiran siswa lewat abasensi kelas. Setelah absensi barulah guru menyampaikan pelajaran apa yang akan dipelajari serta menyampaikan tujuan pembelajarannya.

  6. Nama : Rizky Fathia
    Nim : 856443737

    Menurut pendapat saya berdasarkan video tersebut sudah cukup baik. Namun, dalam pendahuluan terlihat guru tidak mengajak siswa berdoa sebelum belajar serta tidak menyampaikan tujuan dari pembelajaran dan belum terlihat memotivasi siswa.
    Menurut saya, diawal pembukaan pembelajaran seharusnya guru mengucapkan salam terlebih dahulu agar pembelajaran terlihat lebih konkrit. Setelah itu arahkan siswa untuk berdo’a bersama terlebih dahulu yang dipimpin oleh ketua kelas. Setelah berdo’a guru mengecek kehadiran siswa lewat abasensi kelas. Setelah absensi barulah guru menyampaikan pelajaran apa yang akan dipelajari serta menyampaikan tujuan pembelajarannya.

  7. NAMA : KIKI AYUNDA
    NIM : 856032456
    SEMESTER : VI/AKPMM
    KODE/UPBJJ-UT : 12/MEDAN

    TANGGAPAN SAYA BERDASARKAN VIDEO TERSEBUT YAITU :

    KELEBIHAN :
    1). Ibu guru sudah menanyakan kehadiran siswa.
    2). Ibu guru menanyakan kepada siswa tentang materi yang akan dipelajari.
    3). Ibu guru memberikan contoh pantun terlebih dahulu sebelum menyuruh para siswa membuat pantun.
    4).Terdapat keterampilan mendengar, menyimak, dan menulis, yaitu ; dengan mendengarkan, menyimak, menulis dan membaca yaitu dari penjelasan guru dan penampilan siswa yang maju ke depan kelas.
    5). Pembelajaran dengan cara berkelompok, sehingga para siswa lebih bersosialisasi kepada teman-temannya/dapat bertukar pendapat dan sangat bagus bagi perkembangan siswa.
    6). Proses pembelajarannya sudah sangat bagus dan berjalan dengan lancar dengan melengkapi pantun dari ibu guru.

    KELEMAHAN :
    1). Pada kegiatan awal, guru tidak mengajak siswa berdoa terlebih dahulu.
    2). Pada bagian penutup, guru belum menyimpulkan terkait materi yang telah dipelajari tersebut.
    3). Alangkah lebih baiknya jika menjelaskan kembali terkait materi sebelumnya, sebelum masuk ke pembelajaran menyuruh siswa membuat pantun. Hal ini bertujuan untuk menguatkan ingatan serta pemahaman siswa.

  8. NAMA : ISTIKOMAH
    NIM :858905604
    Program Studi : PGSD

    Analisis video yang sudah saya lihat guru sudah melaksanakan pembelajaran pantun dengan sangat baik. siswa belajar membuat pantun sederhana bersama kelompoknya sendiri, namun guru kesulitan dalam pembagian kelompok. alangkah lebih baiknya siswa berkelompok berdasarkan urutan absensinya/cukup dengan teman sebangkunya saja.

  9. Kekurangan
    1. Diawal pembukaan pembelajaran guru tidak menyampaikan salam
    2. Guru tidak mengecek kehadiran siswa
    3. Guru tidak menyampaikan penguatan materi terlebih dahulu
    4. Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran
    5. Diakhir pembelajaran guru tidak menyampaikan kesimpulan
    6. Guru tidak memberikan tugas rumah

    Kelebihan
    1. Pada pembelajaran tersebut, guru menjelaskan materi sealigus memberikan contoh kepada siswa
    2. Guru menyuruh siswa untuk maju kedepan menyampaikan hasil kerjanya. Dengan begitu mental siswa
    akan terlatih seiring berjalannya waktu

    Saran
    Menurut saya, diawal pembukaan pembelajaran seharusnya guru mengucapkan salam terlebih dahulu agar pembelajaran terlihat lebih konkrit. Setelah itu arahkan siswa untuk berdo’a bersama terlebih dahulu yang dipimpin oleh ketua kelas. Setelah berdo’a guru mengecek kehadiran siswa lewat abasensi kelas. Setelah absensi barulah guru menyampaikan pelajaran apa yang akan dipelajari serta menyampaikan tujuan pembelajarannya. Dilanjutkan ke penjelasan materi , didalam menjelaskan materi guru harus benar-benar mengajari siswa tentang pelajaran yang akan diterapkan dengan tujuan agar siswa benar-benar memahami pelajaran yang diterapkan sehingga siswa dapat menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru setelah pembelajaran selesai. Dan diakhir pembelajaran saran saya guru harus menyampaikan esimpulan dari pembelajaran yang telah dilalui, setelah itu guru memberikan tugas rumah dengan tujuan agar siswa tetap belajar meskipun tidak diseolahan. setelah itu tutuplah dengan mengucapkan salam

  10. Nama : Zahrotul Muakhiroh
    Nim : 857861328
    Jurusan : S1 PGSD
    UPJJ Surakarta
    Dari video tersebut pembelajaran sudah bagus
    guru memberikan apersepsi yang bagus dengan menanyakan kehadiran siswa dan memberikan pujian untuk memberikan semangat kepada peserta didiknya akan tetapi tidak menyampaikan tujuan pembelajaran.
    guru juga bagus dalam menyampaikan materi, disampaikan dengan jelas dan sekaligus memberikan contoh.
    pembelajaran juga lebih efektif dengan dibagi ke dalam kelompok.
    selain itu setelah mengerjakan contoh pantun, ibu guru meminta peserta didik untuk menyampaikan hasil pekerjaannya di depan kelas dengan seperti itu akan melatih mental siswa agar lebih berani.
    di bagian akhir guru tidak menyampaikan kesimpulan dengan jelas.
    akan lebih baiknya jika sebelum pembelajaran juga dimulai dengan berdoa dan menyampaikan tujuan pembelajaran, adan diakhir pembelajaran dapat diberi kesimpulan dengan jelas.
    Terimakasih

Leave a Reply