silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan Konsep Kenampakan Alam. Pada program ini diperlihatkan seorang guru yang meminta siswanya untuk menjelaskan macam-macam kenampakan alam dari negara mesir, sesuatu yang sangat asing bagi diri anak, dan siswa kesulitan dalam mengidentifikasi kenampakan alam tersebut. Solusi yang ditawarkan untuk mengatasi masalah ini adalah :
- Guru hendaknya mengajarkan gejala kenampakan alam mulai dari lingkungan yang terdekat dengan siswa,
- Guru meminta siswa yang pernah mengunjungi salah satu daerah tertentu untuk bercerita tentang apa yang dilihatnya, atau,
- Guru membawa anak keluar lingkungan sekolah melalui field trip.
Eded Tarmedi
–
–
- Ketika membuka pembelajaran guru dapat menyampaikan materi atau mengulang materi yang telah disampaikan serta dalam penyampaian materi jangan terlalu terburu-buru. Dalam kegiatan menutup pembelajaran juga tidak ada.
- Dalam pembelajaran kenampakan alam guru dapat menggunakan media gambar untuk membantu siswa dalam pembelajaran. Strategi dalam pembelajaranpun dapat dilakukan dengan berkelompok agar anak lebih mudah mengenal kenampakan alam khususnya alam sekitar.
- Materi yang disampaikan dalam video ini cukup sesuai dengan peserta didik. Tetapi dalam memberikan contoh sebaiknya kenampakan alam sekitar lingkungan.
- Sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
Hendri Supriyadi S, S.Pd.
Nama : Nopia Aprianti
Nim : 858071113
Materi vidio : Kenampakan Alam.
Menurut pendapat saya bahwa pada video pembelajaran di atas, pada awal pembelajaran guru tidak mengawali kegiatan pembelajaran dengan salam pembuka, doa dan apersepsi, melainkan langsung masuk ke materi tanpa ada pertanyaan pemicu. Dalam video tersebut siswa diminta untuk mendeskripsikan atau menceritakan keadaan di suatu daerah yang sangat asing dan sangat jauh dari dunia anak, sehingga hasil yang diperoleh tidak sesuai dengan harapan guru. Namun guru tidak monoton dalam cara mengajarnya sehingga memberikan kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan apa yang dilihat dan dialaminya. Solusi yang ditawarkan adalah dengan memulai dari dekat dengan dunia anak kemudian diperluas ke lingkungan lainnya.
Nama : Asri Samsi
NIM : 855744685
Prodi : S1 PGSD
Dari vidio pembelajaran diatas, siswa terlihat antusias dalam mengikuti pembelajaran terutama saat guru memberikan pertanyaan kepada siswa.
Adapun kelebihan dan kelemahan dari vidio pembelajaran yang dilakukan guru tersebut adalah:
Kelemahan :
1. guru tidak melakukan kegiatan awal pembelajaran seperti memberi salam, mengecek kehadiran, berdoa, dll.
2. Materi pembelajaran yang diberikan guru terlalu singkat dan kurang.
3. Media yang dipakai kurang tepat dalam menjelaskan materi pembelajaran
4. Pemberian tugas yang terlalu cepat tanpa pemaparan materi yang lebih jelas
5. Tidak adanya kegiatan penutup pada akhir sesi
Kelebihan :
1. Adanya media pembelajaran seperti peta yang membantu siswa agar lebih mudah memahami materi
2. Guru aktif dalam memberikan pertanyaan yang dapat memancing siswa berfikir
3. Metode pembelajaran yang cukup baik yaitu dengan melakukan sesi tanya jawab secara langsung kepada siswa dapat meningkatkan pemahaman siswa
Terdapat juga hal unik saat melaksanakan pembelajaran yaitu guru menggunakan peta sebagai media pembelajaran.
Adapun Upaya perbaikan yang dapat dilakukan guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran berikutnya yaitu guru dapat menggunakan berbagai media yang sering dilihat langsung oleh siswa dan membantu siswa lebih memahami kenampakan alam yang dilihatnya..
Nama: hikma
Nim: 858071041
Menurut saya yang ada pada vidio tersebut guru kurang memperhatikan cara ia mengajar dalam hal membuka pembelajaran sampai dengan masuk ke materi. Siswa diminta fokus hanya mendengarkan sehingga wawasan pada anak tidak luas dalam mengikuti ajaran yang sedang ibu guru ajarkan. Dan guru juga jangan menfokuskan pada apa yang ia ajar seharus nya guru tersebut mencairkan suasana pada anak agar siswa yang ia ajar dapat memahami dengan cepat.
Nama : Muhammad Hamka
Nim. : 858050481
Materi video: Kenampakkan Alam
Menurut saya pada video awal ialah seharusnya guru harus memberi salam terlebih dahulu memberikan motivasi kepada siswa supaya siswa juga lebih bersemangat dalam memulai pembelajaran, seharusnya kalau ingin memberikan contoh itu tidak boleh jauh dari lingkungan sekitar nya nanti mereka binggung juga. Video yang kedua seharunya guru harus pandai memancing siswa supaya tercipta pertanyaan pertanyaan yang membuat siswa lebih aktif
Assalamualaikum wr wb
Nama : Winda Tri Khulaida
Nim : 856456339
Materi Video : Kenampakan Alam
Menurut pendapat saya, dimana pada video di atas dapat kita lihat kekurangan video tersebut saat guru memulai pembelajaran guru tidak melakukan pendahuluan kegiatan pembelajaran seperti salam pembuka, apsen, doa dan apresiasi lainnya, guru langsung memasuki materi tanpa ada nya pemicu pertanyaan tentang materi. Dalam video tersebut guru menjelaskan Kenampakan Alam pada suatu daerah yang asing untuk siswa nya sehingga siswa sulit mengidentifikasi pembelajaran. Kemudian kelebihan yang di lakukan guru tersebut iyalah guru menjelaskan secara singkat tentang kenampakan alam yang di mana diberikan contoh jauh dari gambaran pandangan anak namun guru meminta anak untuk menjelaskan contoh yang ada di sekitar mereka yang dapat dilihat oleh mereka sehingga mereka dapat menjelaskan apa yang mereka lihat terhadap guru. Adapun saran untuk video di atas yaitu kita sebagai guru terlebih dahulu harus melakukan persiapan yang matang terutama untuk materi pada pembelajaran agar siswa dapat mengerti apa yang telah kita ajarkan kemudian kita juga harus melakukan pendahuluan terlebih dahulu untuk memulai pelajaran dan hendaknya juga kita harus melihat sikon kelas kita supaya anak tertarik terhadap kita.
Nama : zuly Nur Hidayah
NIM : 858827525
Prodi : PGSD semester6
UPBJJ : Malang
Pokjar : Salut Al-huda Kediri kota
1. Berdasarkan vidio reaksi siswa terhadap pembelajaran tersebut terlihat tidak antusias saat guru pertama mengenalkan kenampakan alam peta Mesir, tetapi pada saat guru memberi contoh kenampakan alam disekitar lingkungan barulah reaksi siswa mulai antusias
2. Secara keseluruhan kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran adalah guru belum melakukan kegiatan awal pembelajaran ,dan guru tidak memberikan contoh kenampakan alam yang siswa mengerti ,malah memberikan contoh kenampakan alam negara Mesir ,akhirnya siswa tidak mengerti,
3. Kelebihan guru saat mengajar adalah guru aktif dalam berinteraksi memberikan pertanyaan kepada siswa
4. Hal-hal unik yang ditemukan dalam vidio adalah Penggunaan bahasa dan budaya lokal dalam penyampaian materi IPS, yang dapat membangun koneksi yang lebih kuat dengan pengalaman anak-anak.saat proses pembelajaran guru menggunakan contoh peta Mesir sebagai media ajar untuk menjelaskan kenampakan alam kepada siswa
Nama : Tasya Septiana
Nim : 855788575
Pokjar : Palembang
Assalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh
Menurut analisis saya, setelah saya menyaksikan tayang video tersebut. Pada saat awal melaksanakan pembelajaran guru tidak mengucapkan salam, menanyakan kabar siswa, dan juga tidak mengecek kehadiran siswanya terlebih dahulu. Guru tersebut langsung masuk ke dalam materi yang akan di ajarkan pada siswanya. Bahkan materi yang disampaikan guru tersebut menurut saya sangat jauh dari lingkungannya sehari-hari. Tetapi dengan begitu, kelebihan dari cara mengajar tersebut adalah guru sudah melibatkan dan memberikan kesempatan kepada siswanya untuk mendeskripsikan dan menyampaikan pengalamannya yang berkaitan dengan penampakan alam disekitarnya.
Nama : Hafizah Izzati
Nim : 858070974
Berdasarkan pembelajaran di atas bahwa pembelajaran pertama seorang guru mengajar tentang kenampakan alam di negara Mesir hal ini membuat siswa bingung karena siswa tidak bisa membayangkan kenampakan yang ada di sana hal ini wajar kalau siswa menjawab asal-asal saja, boleh saja tapi gunakanlah media pembelajaran yang jelas misalnya dapat memberikan langsung bagaimana keadaan alam di mesir itu, kita dapat menampilkannya di depan dengan layar infokus maka siswa juga bisa melihat bagaimana kenampakan alam di sana dan tidak menebak-nebak saja, jadi pembelajaran satu tidak tepat sebab media pembelajarannya kurang jelas. Pada pembelajaran ke dua itu kelihatan siswa mulai aktif karena guru tersebut dapat menggunakan keadaan alam di sekitar lingkungan, dengan menanyakan tempat apa saja yang siswa pernah datangi nah jadi siswa juga mulai memikirkan kenampakan alam apa saja yang ada di tempat tersebut walaupun tidak adanya media pembelajaran siswa dapat mengetahuinya, jadi pembelajaran ke dua ini tepat sekali seorang guru menggunakan kenampakan yang ada di sekitar siswa.
Nama : Nurul Aisyah Tiara Putri
Nim :856455691
menurut pendapat saya alangkah lebik baiknya menggunakan Lcd Proyektor saat menjelaskan, berupa video agar siswa lebih paham lagi dalam memahami materi.
Pembelajaran tersebut cukup bagus dengan adanya tanya jawab dengan siswa sehingga tidak monoton.
Nama : Sri Wahyuni
NIM : 858071224
Prodi : PGSD-S1
Materi Video : Konsep Kenampakan Alam Kelas 5 SD
Menurut saya dalam video pembelajaran diatas, guru tidak memulai kegiatan pembelajaran dengan salam pembuka, doa, dan apersepsi. Guru langsung menuju ke materi tanpa soal pemantik dll. Dalam video, para siswa diminta menggambarkan/menceritakan situasi daerah yang sangat asing dan sangat jauh dari dunianya, sehingga hasilnya tidak sesuai yang diharapkan oleh guru. Namun, guru tersebut juga tidak monoton menggunakan metode ceramah, beliau memberi kesempatan siswa untuk menyampaikan pengalaman yang mereka lihat dan alami. Solusi yang ditawarkan adalah memulai dengan apa yang dekat dengan dunia anak, baru meluas ke lingkungan lainnya.