silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video  ini berisi tentang pembelajaran bahasa Indonesia dengan materi membaca cerita yang dilakukan secara bergilir oleh siswa. Pada pelaksanaan pembelajaran ini, pengarahan terhadap siswa harus dilakukan guru dengan sebaik mungkin agar pembelajaran berlangsung dengan lancar, siswa tidak ribut, tidak main-main, dan mampu memusatkan perhatian (konsentrasi) terhadap pelajaran. Apakah Anda pernah mengalami masalah seperti ini? Bagaimana cara Anda mengatasinya? Ayoo berbagi dengan guru-guru lain dengan cara menuliskan pengalaman atau komentar Anda mengenai masalah tersebut.!
Dra. Siti Rohmi Yuliati, M.Pd.

Similar Posts

101 Comments

  1. NAMA : ZAQIY
    NIM : 857110821
    MK : PKM
    KELAS : B

    Pada video pembelajaran diatas, terlihat guru kurang bersemangat dalam menjelaskan materi dan kurang tegas dalam mengontrol kondisi kelas sehingga menjadi tidak kondusif.
    Dalam menjelaskan materi, guru sudah baik dan juga memberikan perhatian kepada siswa.

  2. Nama : Qonita Lutfiatul Warda
    NIM : 857102405
    Prodi : 118/S1-PGSD UT Jakarta

    Setelah saya menonton vidio diatas, menurut saya pentingnya peran aktif guru dalam mengajar di kelas, bukan hanya siswa/siswi saja yang harus aktif tetapi guru pun juga.
    pada masalah diatas seorang guru hendaknya memberikan kelas yang menyenangkan dan tidak monoton, misalnya belajar sambil bermain,bertepuk tangan, di sela itu guru juga harus aktif jalan-jalan memperhatikan/mengawasi para muridnya khawatir terjadi hal seperti diatas, karena di dalam vidio guru tidak berjalan memperhatikan murid jadinya mereka bisa bermain lato-lato padahal guru masih menjelaskan.

    Guru pada video tersebut juga terlihat seperti kurang bersemangat dalam memberikan arahan ,kurang memberikan senyuman. Alangkah lebih baik jika guru bersemangat lagi dalam memberikan pengarahan agar siswa juga lebih bersemangat. pada video tersebut, guru sudah baik dalam menyampaikan pengarahan kepada siswa. Dimana pengarahan yang disampaikan membuat siswa tahu apa yang harus dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan sehingga anak sudah tahu konsekuensi apa jika mereka melanggarnya.
    Tetapi, untuk tindak lanjut guru tersebut sudah bagus. Ibu guru sudah tegas untuk mengambil mainan lato-lato tersebut dan menyuruh siswa untuk maju ke depan.

  3. Berdasarkan hasil analisis saya setelah menyimak video tersebut, menurut saya pengarahan kepada siswa dalam belajar itu sangat penting agar proses kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan berjalan baik dan efektif. Pengarahan yang sudah disampaikan sebelumnya kepada siswa diharapkan membuat siswa siap dan sudah tahu konsekuensi apa yang akan diterima.
    Dari video yang saya lihat pengarahan yang disampaikan oleh guru sudah cukup baik dan dapat dimengerti oleh siswa. Siswa terlihat bersemangat dalam belajar. Kekurangan guru menurut saya, saya melihat guru pada video itu seperti kurang bersemangat, kurang energi, kurang memberikan senyuman pada siswanya. Alangkah lebih baik jika guru memberikan energi yang semangat agar siswa juga lebih semangat. Kelebihan guru pada video tersebut, menurut saya sudah cukup baik dalam memberikan pengarahan kepada siswa. Dimana pengarahan yang disampaikan membuat siswa tahu apa yang harus dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan sehingga anak sudah tahu konsekuensi apa jika mereka melanggarnya. Keunikan yang saya temui pada video tersebut, saya melihat beberapa siswa yang sudah berani menyampaikan pendapat mereka tentang hukuman apa yang harus dilakukan ketika ada temannya tidak yang tidak memperhatikan pembelajaran.

    Demikian hasil analisis yang dapat saya sampaikan,
    Terimakasih.

  4. Assalamualikum wr.wb
    Izin menjawab diskusi
    Nama : KURNIAWATi
    Nim: 856493201
    Prodi D2 PGSD
    Menurut pendapat saya,setelah memperhatikan Vidio mengajar diatas yaitu guru kurang tidak ada appersepsi atau penguatan sebelum memulai pelajaran,sehingga peserta didik tidak pokus dan kurang bersemangat dalam belajar,padahal anak kls 1 pada Vidio memerlukan pembelajaran yang menyenangkan,bernyanyi,belajar sambil bermain.
    1.reaaksi siswa pada Vidio suasana kelas tidak kondusif.dan membosankan.
    2.kelemahan guru dalam Vidio adalah kurang nya memotivasi siswa ,dan bahan ajar yg yang disampaikan guru tidak menarik.
    3.kelebihan guru dalam mengajar pada Vidio di atas,walaupun peserta didik ribut guru tetap tenang,dan tetap melanjutkan pelajaran,
    4.hal unik nya tidak ada namun guru tetap menunjukkan media ajar nya dengan menggambar dipapan tulis.
    5.jadi usulan dari saya,sebelum melakukan kegiatan mengajar siswa diajak berdoa,sambil bernyanyi,dan mempersiapkan kelas,merapikan tempat duduk,dan memberikan appersepsi sesuai dengan judul nya bercerita,jadi sebelum menampilkan media pembelajaran guru harus menampilkan 1 atau 2 orang peserta didik untuk bercerita kedepan kelas dengan judul masing-masing ,atau menceritakan kegiatan nya dirumah. Setelah itu baru guru menampilkan media seperti kartu bergambar atau gambar cerita,media bukan di gambar dipapan tulis,tapi menampilkan gambar yang menarik,indah dan berwarna.sesuai dengan kelas yang diajar kelas 1.

  5. Siti Maemunah
    837129222

    menurut saya guru kurang tegas dalam menegur siswa yang salah, dan kurang bersemangat

  6. Nama : Nurriska Maysarah
    NIM : 856037763
    Pokjar : Labuhanbatu Selatan
    UPBJJ : 12/Medan

    Pada vidio pembelajaran tersebut, menurut pendapat say sudah bagus. Karena pada awal kegiatan pembelajaran guru terlebih dahulu menyampaikan tujuan pembelajaran, dan menyampaikan kesepakatan bersama guru dengan teman lainnya didalam kelas. Kelemahan dari vidio ini, guru tersebut tampak kurang bersemanagat dan kurangnya tegur sapa pada siswa

  7. Nama : Resti Rahayu
    NIM : 857360257
    Pokjar : Kota Sukabumi
    UPBJJ :Bogor
    setelah menyimak video tersebut, menurut saya pengaruh pengarahan guru terhadap siswa sangat penting dalam pembelajaran berlangsung. kelebihan dari video di atas diawali dengan siswa yang bersemangat dalam mengkuti pelajaran, gurupun menjelaskan tujuan dari pelajaran yang akan dibahas, serta guru dan siswa menyepakati sanksi untuk siswa yang ribut. Kekurangan yang terlihat gurunya kurang memberikan senyuman. Rekomendasi mungkin guru dapat memberikan ice breaking untuk pengelolaan kelas agar kembali kondusif dan mengembalikan fokus siswa terhadap pembelajaran yang seharusnya.

  8. Nama: Nabila Qurrotuaini
    Nim: 857113866
    pokjar: Makasar
    Smt/Prodi: 6/ S1 PGSD

    Menurut analisis saya terhadap video tersebut Reaksi siswa pada kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru dalam video tersebut ialah siswa mengikuti pembelajaran dengan baik, fokus, dan terarah yakni dengan mendengarkan, mengamati, dan menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru dengan benar. akan tetapi, secara keseluruhan kelemahan guru dalam pembelajaran yang saya lihat dalam video itu yakni guru belum bisa menarik perhatian siswa ditengah tengah pembelajaran, karena masih ada murid yang diam-diam bermain mainan yang dibawanya dan tidak mendengarkan penjelasan terkait materi yang dijelaskan oleh guru, dan tidak menghargai temannya yang akan maju untuk menceritakan cerita rakyat. namun, disisi lain kelebihan guru saat melaksanakan pembelajaran meskipun pada awalnya anak tidak kondusif dalam mengikuti pembelajaran pada akhirnya guru bisa menguasai kelas dan mengontrol murid (mengkondisikan kelas) untuk diam, sehingga anak menjadi taat dan patuh terhadap perintah atau intruksi dari guru. menurut saya tidak ada hal yang unik dan menarik dalam pembelajaran yang disampaikan oleh guru dalam pembelajaran. oleh karena itu saran saya upaya yang dapat dilakukan guru untuk meningkatkan kualitas kegiatan dalam pembelajaran yaitu guru hendaknya memberi tugas sesuai tema membaca cerita secara bergilir oleh siswa sehingga semua siswa menjadi kebagian untuk membacakan cerita, maka lebih baik guru menunjuk siswa dari belakang ke depan untuk membaca dan bergantian secara acak, dan apa bila ada anak yang salah meneruskan membaca maka akan dikenakan hukuman dengan membaca didepan atau membersihkan kelas setelah selesai pelajaran atau menyanyikan lagu Nasional didepan kelas, sehingga anak tidak ada yang sibuk sendiri, ia akan mendengarkan dengan baik penjelasan yang dijelaskan oleh guru dan pembelajaran bisa kondisif sehingga tujuan pembelajaran akan tercapai.

  9. Setelah melihat video pembelajaran tersebut, dapat saya simpulkan bahwa pengarahan siswa dalam belajar sangatlah penting. Dengan adanya pengarahan tersebut proses belajar mengajar akan data berjalan dengan yang diharapkan. Adanya pemberitahuan atau perjanjian pada awal pembelajaran juga membantu siswa untuk lebih tertib dalam mengikuti pembelajaran. Dengan begitu, siswa akan berfikir-fikir lagi jika ingin membuat gaduh di dalam kelas. Tetapi dalam video tersebut sang guru masih mengucapkan beberapa kata yang salah atau tidak sesuai dengan ejaan yang benar. Seperti kata sendiri tetapi terucap sendere. Sehingga siswa juga masih mengikuti ucapan kata yang belum tepat tersebut. Kita sebagai guru sebaiknya menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar, jika dari siswa kita masih belum tepat mengucapkannya. Alangkah baiknya kita juga menegur untuk mengucapkkan sesuai dengan ejaan yang benar.

  10. Nama : SARDIK
    NIM : 856077119
    Smester : 6
    Prodi : S1 PGSD
    Pokjar : Natuna
    UPBJJ : UT Batam

    “ Pentingnya Pengarahan Guru ”

    Setelah saya mengamati Vidio pembelajaran tersebut, saya mengambil kesimpulan bahwa pembelajarannya sedikit kurang menarik, karena ada beberapa pembelajaran yang kurang, walaupun ada juga yang bagusnya. sehingga siswa kurang bersemangat untuk belajar.

    KELEMAHAN
    1. Di awal kegiatan tidak ada pembuka / salam
    2. Ada siswa yang memperhatikan guru dan ada siswa yang asik bermain sendiri
    3. Media pembelajaran nya kurang menarik karna hanya menggambarkan di papan tulis akan lebih menarik
    perhatian siswa jika menggunakan media gambar yang berwarna.
    4. Kemudian tidak ada kegiatan penutup

    KELEBIHAN
    1. sudah menyampaikan konsekuensi jika ada yang ribut atau bermain sendiri akan di beri hukuman
    sehingga kegiatan pembelajaran berlangsung tertib.
    2. Adapun cara lain yang dapat guru gunakan saat siswa mulai ramai, dengan menggunakan tepuk diam.
    Dengan cara tersebut siswa yang awalnya ramai akan memperagakan tepuk diam dan tidak ramai lagi

Leave a Reply